Tak Terbayangkan!, Mazda MX5 Bermesin Hellcat
30
Sep
2019
0 Comment Share Likes 141 View

Mazda MX-5 atau juga dikenal dengan nama Miata adalah mobil roadster berbobot cukup ringan, front mid engine dan berpenggerak roda belakang yang diproduksi sejak 1989 hingga sekarang. MX-5 telah berkembang sejak awal kehadirannya dan kini telah memiliki 4 generasi.

Di dunia otomotif MX-5 Miata nampaknya memiliki suatu tempat tersendiri di hati para petrolhead. MX-5 dikenal dengan handling yang baik, dan beberapa menyebutkan bahwa MX-5 adalah mobil yang sesuai untuk para pemula yang ingin menikmati sensasi ngebut di track balap. Walaupun mesin bawaan MX-5 tidak memiliki tenaga yang besar tetapi disebut bahwa tenaga yang disediakan olek pabrikan sangatlah seimbang dan sesuai dengan bobot di mobil, oleh karena itu MX-5 juga dikenal dengan kemampuan menikung dalam kecepatan tinggi yang baik.

Seorang Jurnalis dari Forbes, Christophe Teague, menambahkan bahwa ada 3 alasan kenapa para pecinta otomotif menyukai MX-5 Miata yaitu, it’s affordable, it’s fun, dan it’s reliable.

Alasan-alasan diatas nampaknya menjadi landasan utama seorang Youtuber bernama Karr yang memutuskan untuk melakukan swap engine yang ekstrim ke mobil MX-5 keluaran 1999 miliknya. Hal Ekstrim tersebut adalah menukarkan mesin kecil  1.4 Liter 140HPbawaan MX-5 dengan mesin besar Dodge Hellcat V8 6.2 Liter Supercharged  yang memiliki tenaga sebesar 707HP.

Sebagai catatan Karr menyebutkan bahwa ia harus menurunkan tenaga mesin Hellcat ini ke angka 685HP karena dengan full power roda ban akan sangat kesulitan untuk mendapatkan traksi. Yaa.. walaupun dengan 685HP si kecil monster ini masih cukup sulit untuk dijinakkan. Dan uniknya mobil milik Karr ini berbobot sekitar 900Kg lebih ringan dari mobil pemilik asli mesin Hellcat.

Dapat dilihat bahwa mesin tersebut memang terlihat sangat besar, terlebih karena mesin sebesar itu terlihat mencuat keluar dari kap mesin MX-5.

Karr menyebutkan bahwa ia membutuhkan waktu sekitar 2 setengah bulan untuk menyelesaikan projek gilanya ini. Dan setelah terpasang mesin Hellcat, MX-5 ini berbobot 1170Kg. Agar dapat di kendarai ia menyematkan transmisi manual Tremec TR-6060 6 Speed, diferensial dari Shelby Cobra, powertraib dari Mopar dan masih cukup banyak lagi komponen lain.

Untuk sisi keamanan, Karr memasang anti roll bar, disc brakes dari Wilwood dan sepasang jok balap Sparco

Ingin melihat aksi mobil ini? Coba lihat video berikut.

SAMPAIKAN KOMENTAR