Taiwan Gak Mau Ketinggalan, Bikin Mobil Listrik Dual Purpose
08
Jan
0 Comment Share Likes 162 View

Setelah Tesla Roadster muncul ke publik, gak lama kemudian, sebuah perusahaan startup asal Taiwan, Xing Mobility, memperkenalkan mobil listrik mereka. Mobil listrik ini yang kabarnya bakal jadi saingannya Tesla Roadster, bro. Mobil listrik dengan nama Miss R ini punya kelebihan, yakni merupakan mobil listrik dual purpose alias bisa on road atau off road.

Miss R adalah bagian dari pameran teknologi perusahaan, berpusat di sekitar baterai modular denga kapasitas tinggi, kemampuan penggantian baterai yang cepat, dan kapasitas ekstrim, yang dimaksudkan untuk kendaraan komersial.

Miss R mengandalkan baterai 4.200 lithium-ion 18650 dengan kapasitas 52 kWh. Sayangnya, tidak disebutkan butuh waktu berapa lama untuk mengisi daya baterainya tersebut, bro.

Miss R memiliki tenaga sebesar 1.341 hp, dan kemampuan akselerasi lebih unggul 1 detik dibanding Tesla Roadster. Akselerasi 0-100 km/h dapat ditempuh Miss R dalam waktu 1,8 detik. Sementara top speed, Xing Mobility mengklaim mampu mencapai angka 270 km/h. Jarak jelajahnya diklaim mencapai 249 km.

Xing Mobility berencana untuk membuat Miss R dengan empat motor listrik dan 1 unit baterai Megawatt yang isinya 98 modul dan 4.116 sel (3M Novec 7200) yang diklaim lebih ringan hampir 50% dari sebelumnya. Dengan mengurangi bobot, maka tenaga yang tersalurkan bisa lebih besar, bro.

Rencananya, Xing Mobility akan membuat Miss R hanya 20 unit dan akan dijual di awal tahun 2019 ini. Harganya cukup fantastis, Xing Mobility membanderol Miss R dengan harga US$ 1 juta atau sekitar Rp 14,1 milyar.

SAMPAIKAN KOMENTAR