Supercharger Juga Butuh Perawatan, Lho!

Supercharger Juga Butuh Perawatan, Lho!

10Aug
INTERSPORT.ID ON 10 August 2018
INTERSPORT.ID ON 10 Aug 2018

Dalam dunia otomotif, para car enthusiast punya berbagai cara untuk menaikkan tenaga kendaraan kesayangannya salah satunya dengan menancapkan perangkat turbo atau supercharger di mesin. Namun, pria Intersport sebenarnya sudah tahu belum jika supercharger ternyata juga harus mendapatkan perawatan layaknya turbo, nih.

Supercharger atau Kompressor yang ada pada Mercedes Benz merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penambah tenaga. Cara kerjanya adalah menekan udara dan meniupkannya ke dalam ruang bakar. Oksigen hasil tekanan ini membuat mesin mendapatkan pasokan angin segar yang mampu meledakkan kompresi udara.

Supercharger memang sebenarnya tidak membutuhkan perawatan berlebih layaknya turbo. Salah satu yang bisa lo lakuin adalah melakukan servis rutin dengan interval penggantian oli 4:1. Maksudnya adalah ketika oli mesin sudah diganti 4 kali, oli supercharger juga harus diganti. Supercharger memiliki pelumas tersendiri, harganya pun bervariasi.

Jika malas membersihkan perangkat intake supercharge bisa memperpendek umur supercharger itu sendiri, bro. Efek dari supercharger yang kurang perawatan bisa membuat mesin menjadi lebih boros, tenaga ‘boyo’, dan mesin menjadi lebih berisik. Uuuuh, nggak mau kan mesin mobil kesayangan jadi seperti itu.

Kalau sudah rusak, siapkan saja kocek Rp 5-40 jutaan untuk menggati perangkat supercharger tersebut. Walaupun perawatan supercharger sejatinya lebih mudah, tetapi tetap saja butuh perawatan berkala agar supercharger tetap dapat menghembuskan angin sebagai pasokan udara mesin.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN