Suka Pusing dan Muntah pas Duduk di Kursi Belakang Mobil? Ternyata Ini Nih Biang Keroknya!

Suka Pusing dan Muntah pas Duduk di Kursi Belakang Mobil? Ternyata Ini Nih Biang Keroknya!

22Mar
INTERSPORT.ID ON 22 March 2017
INTERSPORT.ID ON 22 Mar 2017

Suka merasa pusing, mual, bahkan sampai muntah di perjalanan saat duduk di kursi belakang mobil? Anda tidak sendiri. Teorinya, ada dua penyebab kenapa duduk di kursi belakang bisa bikin mual dan mabuk darat.

Pertama, sistem pergerakan roda. Mobil memiliki sistem roda depan yang bergerak mengikuti kemudi, sementara roda bagian belakang tidak akan bergerak mengikuti kemudi. Jadi, saat mobil berbelok, Anda yang duduk di bagian belakang akan terkena efek haluan mobil yang menyebabkan tubuh terasa ikut terpental mengikuti pergerakan mobil.

Yang kedua adalah karena ketidakseimbangan otak. Saat duduk di belakang, Anda cenderung tidak bisa melihat ke luar sehingga otak mengalami kebingungan mengoordinasikan panca indera. Pandangan juga terhalang deretan kursi di depannya sementara otak dan telinga mengirimkan informasi yang berbeda. Ketidakseimbangan ini menyebabkan otak merasa pusing.

Namun, ada bantahan untuk teori kedua karena ternyata penyandang tunanetra juga bisa mengalami mabuk saat duduk di kursi belakang. Jadi, ketika merasa pusing dan mual sebaiknya berhenti sejenak untuk mencari udara segar.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN