Sudah Tahu Mercedes Langka Milik BJ Habibie Ini?
13
Sep
2019
0 Comment Share Likes 2327 View

Indonesia belum lama ini baru saja berduka atas kabar berpulangnya Presiden Ke-3 Indonesia, BJ Habibie, yang berpulang pada hari Rabu, 11 September 2019 lalu. Semasa hidupnya, BJ Habibie dikenal sebagai sosok yang jenius, dan merupakan tokoh yang berkontribusi besar pada dunia penerbangan. Tidak hanya pesawat, ternyata BJ Habibie juga memiliki kecintaan pada kendaraan-kendaraan antik. Di rumahnya sendiri terdapat sebuah garasi yang menyimpan puluhan mobil dan motor klasik koleksinya. Untuk mobilnya sendiri, ternyata BJ Habibie mempunyai banyak mobil klasik pabrikan Mercedes-Benz, salah satu produsen mobil kenamaan asal Jerman.

Di antara sekian banyak koleksi yang dimiliki oleh BJ Habibie, salah satu mobil yang paling menyedot perhatian publik adalah mobil Mercedes-Benz 300 SL Gullwing. Mobil ini sendiri merupakan mobil yang diproduksi oleh Mercedes-Benz antara tahun 1954 hingga tahun 1957. Mobil ini juga mobil tipe sport pertama dari Mercedes yang memiliki desain pintu gullwing, alias pintu yang dapat dibuka secara vertikal. Mobil antik ini pertama kali diperkenalkan pada ajang International Motor Sport Show di New York, pada Februaru 1954. Bahkan, mobil ini sempat menyabet gelar Sports Car of The Century pada tahun 1999.

Meskipun kuno, mobil ini memiliki performa yang luar biasa. Mobil ini dibekali denga mesin enam silinder berkapasitas 3,0 liter dan dilengkapi dengan transmisi empat percepatan. Konfigurasi mesin mobil tersebut  dapat menghasilkan tenaga hingga 215 Tk dan mencapai kecepatan maksimal hingga 260 km/jam. Kemampuan akselerasinya juga tidak boleh diremehkan. Mobil ini mampu melesat dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,4 detik. Pada masanya, mobil ini hanya diproduksi sebanyak 1.400 unit saja. Sekitar 1.100 unit terjual di Amerika Serikat, sedangkan sisanya dijual di seluruh dunia, dan salah satunya kini dimiliki oleh BJ Habibie. Hingga saat ini, mobil Mercedes-Benz 300 SL Gullwing ini memang masih menjadi salah satu mobil klasik yang sangat dicari oleh para kolektor karena kelangkaannya.

SAMPAIKAN KOMENTAR