Sudah Kenalan Sama Wagon Tercepat Di Dunia Dari BMW?
12
Sep
0 Comment Share Likes 215 View

Mobil-mobil terbaru BMW memang seringkali menjadi incaran bagi para rumah modifikasi. Salah satunya adalah Alpina, yang sudah langganan berkarya bersama BMW sejak tahun 1965 ini. Belum lama ini, Alpina memutuskan untuk memodifikasi salah satu varian touring dari BMW terlebih dahulu. Modifikasi ini pun menghasilkan salah satu Wagon tercepat di dunia yang diberi nama BMW Alpina B3 Touring.

Mobil ini dimodifikasi dengan filosofi keseimbangan yang optimal antara performa, efisiensi dan tingkat emisi. Alpina diketahui telah mengolah ulang teknologi twin-turbo, software ECU, sistem pendinginan serta berbagai elemen lainnya. Seluruh penyempurnaan pada bagian mesin pun berdampak pada tenaga yang diasilkan oleh mobil ini, yaitu 463 tenaga kuda pada 3.000 rpm dengan torsi puncak 700 Nm.

Untuk setiap 9 kilometer, BMW Alpina B3 Touring ini membutuhkan satu liter bensin dan mengeluarkan emisi karbon dioksida sebanyak 252 g/km berdasarkan pengukuran kadar emisi dari Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP). Sedangkan untuk jantung pacunya sendiri, mobil ini mengandalkan mesin enam silinder segaris yang dipadukan dengan girboks otomatis delapan percepatan yang tak absen dimodifikasi demi perpindahan yang lebih cepat. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan menuju keempat roda yang didukung sistem xDrive andalan BMW. Hadirnya teknologi fully variable torque distribution membuat penyaluran tenaga menuju gardan menjadi lebih fleksibel. Kemudian, adanya Limited-Slip Differential belakang juga membantu meningkatkan traksi. Sinergi yang baik antara mesin dan drivetrain pada mobil ini berhasil membuat mobil ini melesat hingga kecepatan maksimal 300 km/jam.

Meskipun mengadopsi mesin bertenaga tinggi, mobil ini tidak dirakit untuk menjadi mobil balap penakluk sirkuit. Hampir sama dengan kebanyakan model Alpina yang lain, penyempurnaan pada sektor kaki memang dikhususkan untuk kenyamanan yang lebih baik dibandingkan versi standar yang belum tersentuh modifikasi. Tetapi, para pengemudi juga dapat mengaktifkan Adaptive Dampers untuk pengendalian yang lebih tajam jika dibutuhkan.

Mobil BMW Alpina B3 Touring ini sendiri baru mulai didistribusikan kepada pembeli pada pertengahan tahun depan. Pemesanannya pun baru bida dilakukan pada kuartal pertama tahun 2020. Harganya sendiri diperkirakan akan melewati angka 60.000 poundsterling atau setara dengan sekitar 1,050 miliar rupiah.

SAMPAIKAN KOMENTAR