STNK Gak Diperpanjang 2 Tahun Beneran Jadi Bodong
16
May
0 Comment Share Likes 115 View

Peraturan lalu lintas di Indonesia kini semakin ketat dan tegas. Ada kabar baru nih, katanya sih surat kendaraan atau STNK yang nggak diurus atau mati lebih dari 2 tahun bakal dianggap bodong beneran bro. Hal ini katanya sih bukan lagi jadi wacana, tapi udah jadi beneran oleh pihak Kepolisian.
 
Polisi terus melakukan sosialisasi sebelum menerapkan penghapusan data kendaraan bagi pemilik mobil atau sepeda motor yang tidak membayar pajak dalam dua tahun berturut-turut. Jadi nantinya bagi kalian yang tidak membayar pajak STNK selama 2 tahun berturut-turut, status kendaraan dicap bodong atau tidak terdaftar lagi.
 
 
Apabila sesuai dengan rencana, dijelaskan Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Sumardji diterapkan dalam waktu dekat. Sebab secara aturan atau undang-undang sudah jelas, hanya menunggu keputusan dari Kakorlantas Polri. "Sekarang ini masih terus melakukan sosialisasi, pelaksanaannya menunggu keputusan dari Kakorlantas Polri," ujar Sumardji dikutip dari Kompas.com.
 
 
Soal waktu pelaksanaannya ini, Sumardji mengaku masih harus menunggu keputusan resmi dari Kepala Korlantas Polri (Kakorlantas). Sejauh ini, pihak Kakorlantas sendiri sudah melakukan kajian dan secara umum setuju dengan hal tersebut. Soalnya nih, undang-undang yang mengatur hal tersebut emang udah ada dan berlaku. Aturan tersebut sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Pasal 74 dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 Pasal 110.
 
 
Kalau ngeliat kaya begini, lebih baik langsung aja deh diurus itu surat kendaraan lo bro. Daripada nanti ketahuan suratnya mati dan nggak bisa diperpanjang, eh mobil kesayangan jadi bodong. Kalau mobil suratnya udah jadi bodong begitu, udah pasti nih mobil tersebut nggak bakalan bisa dipakai secara resmi di jalan raya dan nggak bakalan dijual. 

SAMPAIKAN KOMENTAR