Stir Bergetar di Kecepatan Tinggi, Mungkin Ini Penyebabnya
08
Apr
0 Comment Share Likes 97 View

Mengendarai sebuah mobil tentunya kita mengharapkan tidak ada masalah sama sekali. Termasuk ketika kita sedang berkendara di kecepatan yang rendah atau pun  tinggi. Tapi mungkin kalian pernah mengalami stir bergetar ketika sedang berkendara di kecepatan tertentu. Umumnya ketika berkendara di kecepatan tinggi.

Getaran tersebut akan sangat terasa dan tentunya membuat anda tidak nyaman dalam berkendara. Kondisi tersebut jangan terus anda biarkan begitu saja, karena bisa saja berresiko ke hal lainnya seperti kecelakaan dan lain lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab setir mobil bergetar sebelum anda memperbaikinya. Berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab setir mobil bergetar.

Anda tidak pernah melakukan spooring balancing

Spooring balancing merupakan salah satu perawatan mobil yang sangat penting karena erat kaitannya dengan masalah setir kendaraan. Jika anda tidak pernah rutin melakukan perawatan servis ini, maka dapat dipastikan kondisi setir bergetar dapat terjadi pada mobil anda. Sebaiknya lakukan servis spooring balancing setiap mobil telah menempuh jarah 10.000 kilometer untuk menghindari kondisi tersebut.

Kondisi ban mobil tidak balance

Penyebab setir mobil bergetar lainnya dapat terjadi karena kondisi ban anda yang tidak stabil. Hal ini berkaitan dengan proses balancing yang telah dijelaskan di atas. Ban yang jarang di balance akan menyebabkan perputaran roda menjadi tidak stabil. Sebaiknya lakukan pengecekan tersebut di bengkel-bengkel resmi terdekat.

Kondisi kaki yang aus atau rusak

Penyebab lainnya dapat terjadi karena rusaknya bagian kaki mobil atau understeel seperti racksteer, tie rod, ball joint, dan long tie rod. Akibatnya akan berkaitan dengan kondisi setir mobil anda yang bergetar bila digunakan dalam kecepatan tinggi.  Untuk mengatasi, anda dapat mengganti komponen pada kaki mobil dengan spare part orisinil yang baru.

Komponen sistem pengeremannya bermasalah

Penyebab Setir Mobil Bergetar lainnya yang menyebabkan setir mobil bergetar adalah kondisi rem mobil yang bermasalah seperti cakram, sepatu rem, dan komponen lainnya. cakram rem mobil yang tidak rata akan biasanya terjadi karena faktor usia penggunaannya yang lama ataupun dikarenakan pemasangan rem nya yang tidak benar. Hal ini akan menggakibatkan kondisi sisi terjepit dengan kuat ketika proses pengereman terjadi. Akibat nya yang dapat anda rasakan adalah terjadi nya getaran yang kemudian disalurkan pada setir kemudi mobil.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti komponen komponen pengereman kondisinya telah aus. Segera ganti kampas rem dengan komponen pengganti yang orisinal agar kualitas spare part yang anda gunakan dapat terjamin.

Kondisi velg mobil

Penyebab selanjutnya dapat dikarenakan kondisi velg mobil yang penyok dan mengayun turun. Bentuk velg yang penyokakan menyebabkan putaran menjadi oleng dan mengakibatkan getaran pada setir kemudi mobil anda. Sehingga tentunya akan sangat membahayakan bagi anda bila kondisi ini terus menerus dibiarkan. Sebaik nya ganti velg mobil anda dengan yang baru bila kondisinya sudah tidak meyakinkan untuk digunakan.

Kondisi bearing atau lakher yang telah aus

Kondisi bearing atau lakher roda bagian depan yang telah aus juga dapat menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. Sehingga dengan kondisinya tersebut membuat kinerja komponen menjadi tidak maksimal untuk menyangga beban mobil yang anda. Oleh sebab itulah ketika mobil sedang dikendarai akan menyebabkan lakher bergerak dan bergetar. Getaran ini tadi akan diteruskan ke setir kemudi mobil yang akan menyebabkan setir mobil bergetar ketika sedang dikendarai.

Lakher yang sudah mengalami aus akan menyebabkan getaran terus menerus pada kemudi bila tidak segera diganti. Selain itu, lakher yang telah aus juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen lainnya seperti tierod, bushing arm, joint, dan beberapa bagian lainnya. Sehingga akan membuat biaya perbaikan semakin bertambah mahal. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti lakher mobil dengan segera bila sudah terjadi gejala kerusakan atau aus.

Namun bila kondisi lakher mobil masih bagus, maka lakukan perawatan rutin yang akan menjaga kondisi lakher agar tetap prima. Perawatan yang dapat anda lakukan adalah dengan melumasi komponen tersebut dengan menggunakan grease. Hal ini agar kondisi lakher tidak kering sehingga dapat menghindari resiko terjadinya gesekan antar komponen berbahan logam yang dapat membuat lakher menjadi cepat aus.

Kondisi roda mobil yang tidak seimbang

Penyebab lain dari setir mobil yang bergetar adalah ketidak seimbangan pada keempat roda mobil yang dapat menyebabkan kondisi setir mobil bergetar bila dikendarai. Hal ini dapat terjadi lantaran mobil telah digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan melintasi jalanan yang bergelombang dan berlubang.

Dengan terus menerus melewati kondisi jalanan tersebut akan membuat porsi beban mobil yang ditampung setiap roda akan berbeda satu sama lainnya. Akibatnya roda mobil yang menampung beban paling banyak akan cepat oblak atau tidak seimbang. Dengan kondisi yang tidak balance inilah yang menyebabkan setir mobil menjadi bergetar ketika sedang dikendarai.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, anda dapat rutin melakukan spooring balancing. Proses ini bisa dikatakan sebagai pelurusan. Yang dimaksudkan dengan pelurusan artinya adalah meluruskan kembali posisi keempat roda mobil sesuai dengan kedudukan semula. Anda dapat melakukan ini di bengkel-bengkel resmi terdekat. Anda dapat melakukan spooring ketika anda ingin mengganti spare part mobil anda seperti ball joint dan lainnya yang berhubungan dengan kemudi mobil. Selain itu, terdapat beberapa tanda lainnya yang membuat anda harus melakukan spooring balancing.

Terjadi keausan yang tidak wajar pada ban mobil anda. Kondisi yang dimaksudkan disini adalah seperti terdapat benjolan pada ban mobil anda. Hal ini dapat menandakan bahwa sistem ban mobil anda mengalami masalah sehingga membuat ban mobil anda menggelembung.

Pengikisan alur ban tidak sama seperti bagian kanan ban lebih tipis bila dibandingkan dengan bagian kiri ban. Hal ini dapat terjadi dikarenakan satu roda atau lebih berjalan miring sehingga tidak semua permukaan ban dapat bergesekan dengan aspal.

Posisi ban mobil bagian depan dan belakang tidak lurus. Anda dapat memperhatikan ini dengan jarak kurang dari 3 meter. Biar lebih akurat, anda dapat menggunakan pengukur atau tali untuk melihat posisi ban mobil anda.

Posisi roda belakang tidak berada pada tempatnya pada saat mobil miring ke kanan atau ke kiri. Pada saat digunakan di jalanan yang lurus, anda dapat merasakan bila mobil anda sedikit berbelok dengan sendirinya.

Kondisi setir mobil anda tidak seperti biasanya. Hal ini ditandai dengan ketika anda berbelok dan setir kembali ke posisi normal, kemudi mobil anda tidak dapat kembali ke posisi semula pada saat setir sudah dilepaskan.

Pada saat anda membelokkan mobil anda, akan terasa guncangan pada mobil meskipun jalanan yang anda lewati tidak bermasalah. Anda merasakan mobil miring dan tidak bisa berjalan lurus. Bila kondisi ini sudah terjadi maka mobil anda harus secepatnya dilakukan spooring. Kemudi setir anda bergetar dan membuat anda tidak nyaman dalam berkendara.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR