Smart Key Bermasalah? Cara Berikut Bisa Ngatasin Kok
30
Jan
0 Comment Share Likes 70 View

Di era modern ini, mobil-mobil yang dijual di Indonesia semakin canggih. Kecanggihan teknologi tersebut dapat dilihat dari penyematan fitur-fitur yang ada pada mobil baru yang dijual oleh produsen otomotif di Indonesia. Salah satu fitur yang saat ini sedang menjadi trend di kalangan mobil baru yang dijual di Tanah Air adalah penggunaan Smart Key.

Smart Key atau kunci mobil yang tidak menggunakan model konvensional ini merupakan tombol untuk menyalakan mesin. Jadi, di dalam mobil sudah terdapat tombol yang dapat digunakan untuk menyalakan mesin. Tombol ini selain mempermudah penggunaan kendaraan, juga semakin menambah kemewahan dan kecanggihan dari fitur mobil.

Tapi, ada beberapa kasus yang ternyata Smart Key tersebut bermasalah. Permasalahan ini tentunya cukup menjadi momok menakutkan bagi pengguna mobil yang memakai kunci model tersebut. Tetapi jangan khawatir, permasalahan tersebut masih bisa diatasi dengan beberapa cara mudah berikut. Di beberapa kasus, ada smart key yang tidak bisa bekerja karena mobil parkir dekat BTS (Base Transceiver Station) milik operator jaringan telepon.

Kalau sudah begini, Anda harus mengandalkan remote. Mobil memiliki tuner yang berfungsi memancarkan gelombang dari mobil dan menangkap gelombang dari remote. Anda bisa mendekatkan remote pada posisi dipasangnya tuner dan tekan tombol untuk membuka kunci mobil. Contohnya, posisi tuner di Toyota Vios atau Toyota Altis ada di pilar C kiri.

Masalah lain yang bisa terjadi adalah baterai remote habis. Kalau ini terjadi Anda bisa menggunakan anak kunci yang terselip di remote untuk membuka kunci secara manual dari pintu depan kanan. Begitu kunci terbuka alarm pasti menyalak. Sembari menekan pedal rem, dekatkan remote ke tombol Start/Stop. Otomatis komputer mobil akan mengenali, ditandai dengan berubahnya indikator di tombol Start/Stop menjadi hijau.

Alarm mati dan Anda pun bisa menyalakan mesin. Oh ya, cara paling mudah untuk melihat kondisi baterai pada smart key adalah dengan menekan salah satu tombol remote. Kalau masih baik, lampunya akan menyala terang dengan interval cepat. Jika mulai lemah, kedipan lampu melambat. Baterai remote sama dengan baterai yang dipakai oleh jam tangan.

Mengeluarkannya pun mudah, masukkan anak kunci ke celah pada remote dan putar dan remote pun terbuka. Lihat tipe baterai yang dipakai dan Anda tinggal menggantinya dengan yang sesuai. Mudah kan?

SAMPAIKAN KOMENTAR