Simak Tiga Bagian Penting di Mesin Diesel Commonrail
14
Aug
0 Comment Share Likes 143 View

Mesin Diesel saat ini sudah jauh lebih populer dibandingkan dengan era 20 tahun silam. Banyak orang di Indonesia saat ini sudah mempercayai mesin Diesel sebagai salah satu mesin yang terkenal bandel dan irit. Namun, mesin Diesel modern yang ada saat ini sebenarnya juga membutuhkan perawatan lebih. Karena mesin Diesel modern saat ini menggunakan teknologi bernama commonrail.

Teknologi commonrail inin membuat mesin mampu mengeluarkan tenaga yang jauh lebih optimal. Selain itu, efisiensi bahan bakar, emisi serta perawatan yang juga lebih mudah. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum memperhatikan mesin ini secara detail dan seksama. Padahal mesin commonrail juga butuh perhatian khusus. Setidaknya ada tiga bagian yang wajib mendapatkan perhatian untuk mesin Diesel commonrail.



Yang pertama adalah turbo. Mesin diesel common rail sudah menggunakan komponen turbo sebagai induksi udara tambahan pada ruang mesin dan pembakaran. Dengan adanya turbo, udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin bisa lebih dimampatkan agar kompresi tinggi dan pembakaran di ruang bakar mesin lebih optimal. Efeknya, tenaga yang dihasilkan pun juga meningkat dibandingkan dengan mesin diesel konvensional yang dianggap lemot.

Kedua adalah direct injection, atau sistem suplai bahan bakar. Udara yang masuk ke ruang bakar dengan kompresi tinggi tidak memerlukan debit bahan bakar yang banyak. Injektor memberikan efek kabut saat bahan bakar masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga meminimalisir bahan bakar yang terbuang percuma. Tenaga dari hasil pembakaran juga bisa lebih sesuai dengan debit bahan bakar yang dikabutkan dalam ruang pembakaran



Yang terakhir adalah penggunaan bahan bakar berkualitas bagus. Poin ketiga ini kerap dilupakan oleh para pengguna mesin Diesel modern. Dengan teknologi turbo, direct injection, dan kompresi tinggi tentu mesin diesel common rail anti dengan bahan bakar diesel kualitas rendah. Penggunaan bahan bakar diesel kualitas bagus mencegah residu dan kandungan air yang bikin mampet injektor dan mengganggu proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar mesin.

Ketiga hal ini sebenarnya menjadi tiga poin utama dalam menjaga dan merawat mesin Diesel modern. Jika salah melakukan perawatan, mesin commonrail akan cepat rusak. Namun jika penanganannya tepat, mesin Diesel akan mengeluarkan performa terbaik dan tidak cepat rewel. 

 
 

SAMPAIKAN KOMENTAR