Siap-siap, Plat Nomor Mobil Bakal Jadi Putih di Tahun Ini
02
Jul
0 Comment Share Likes 204 View

Kalau mungkin sekarang lo taunya plat nomor kendaraan itu warna hitam, sekarang bakalan beda bro. Di tahun ini, pihak Kepolisian bakal mengubah plat nomor dari warna hitam menjadi warna putih. Dan, peresmian tersebut bakal terjadi di tahun 2019 ini.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNKB ini bakal diganti putih secara bertahap. Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Halim Pagarra meluruskan kabar tersebut. Tapi tenang dulu, perubahan warna ini nggak langsung berubah gitu aja.
 
"TNKB/pelat nomor tetap warnanya hitam kecuali Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) untuk nomor register kendaraan bermotor pilihan dilakukan dengan embossing dan hot stamping," kata Halim di Jakarta, Kamis (27/6).



Artinya tahap awal, perubahan diberlakukan pada kendaraan yang habis masa berlaku STNK (5-tahunan) atau di motor baru. Ia menilai, dengan pelat nomor kendaraan berlatar putih, nantinya akan mudah teridentifikasi melalui kamera CCTV yang terpasang di jalan.

"Dimana hasilnya jika terekam dengan CCTV maka TNKB-nya akan terlihat warna putih dan NRKB-nya warna hitam," sambung dia. Mengubah warna dasar pelat nomor kendaraan sebelumnya disebutkan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Halim Pagarra pada Juli 2018.

Berdasarkan penilitian, pelat nomor hitam bisa menyulitkan perekaman sehingga ada kemungkinan warna dasar tersebut akan diganti. Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa sudah mengatakan akan mengganti warna pelat nomor kendaraan bermotor pada 2019.



Tujuan utama, agar mudah terbaca oleh kamera pengintai alias CCTV yang tersebar di masing-masing jalan. Warna yang ada sekarang ini (dasar hitam) dinilai sulit terbaca, karena ke depan sistem tilang dan lain sebagainya akan menggunakan CCTV atau sesuai dengan penegakan electronic law enforcement.

Royke pernah mengatakan bahwa kemungkinan warna dasar diganti putih seperti di negara-negara lain. Tetapi, belum diputuskan mengingat masih butuh banyak persiapan secara teknis maupun non teknis. Lantas, bagaimana perkembangannya sejauh ini?

Menurut Brigjen Halim Pagarra Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri sudah sampai tahap revisi aturan serta diskusi bersama dengan pemangku kepentingan terkait. "Kita juga meminta masukan dari para pemangku kepentingan melalui forum diskusi dan sosialisasi," ujar Halim (24/7/2018). Sekarang ini warna pelat mobil atau motor yang ada di Indonesia terdiri dari hitam.

Hitam kalau di mobil untuk mobil pribadi, kuning angkutan umum dan merah kendaraan dinas milik pemerintah. Ada pun warna dasar putih sudah digunakan kendaraan diplomat. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa menjelaskan, belum tahun ini, tetapi dimulai pada 2019 secara bertahap.



"Tahun ini kami ubah dulu regulasi dan aturannya," ucap Royke melalui pesan singkat  (11/1/2018). Selain hitam, Royke belum mau membocorkan warna dasar apa yang akan dipakai nanti. Menurut mantan Kapolda Papua Barat itu, hal itu masih didiskusikan. Sebelumnya, Royke pernah menjelaskan bahwa perubahan ini untuk mendukung penegakan electronic law enforcement (e-lay).

Dengan diubahnya plat nomor dari hitam menjadi putih, tentunya ini menjadi info baru bagi pengguna kendaraan. Dan, selalu membiasakan diri agar lebih tertib lagi dalam berkendara. Karena, pelanggaran kecil akan terpantau melalui CCTV 24 jam yang tersebar di seluruh jalan Jakarta. Hayo, yang masih suka melanggar yuk diubah perilaku berkendaranya. 

SAMPAIKAN KOMENTAR