Sejarah World Rally Championship, Si Ajang Balapan Bergengsi
09
Jul
0 Comment Share Likes 116 View

Mas Bro suka mengikuti perkembangan dunia kejuaraan Rally? Nah, tapi apakah Mas Bro tahu asal usulnya World Rally Championship? Dan apa Mas Bro tahu juga perkembangan dan perubahan, serta peristiwa-peristiwa bersejarah yang pernah terjadi selama perjalanan World Rally Championship? Nah, kalau belum tahu, langsung aja, deh, dibaca ulasannya berikut ini.

 

WORLD RALLY CHAMPIONSHIP (WRC)

World Rally Championship atau disingkat WRC adalah seri balapan reli diorganisasikan oleh FIA, memuncaki dengan kejuaraan pembalap dan manufaktur. Kejuaraan pembalap dan kejuaraan manufaktur berdasarkan kejuaraan terpisah. WRC terbentuk Oleh FIA di tahun 1973 dan merupakan bagian dari European Rally Championship dan Kejuaraan Internasional Untuk Manufaktur Mobil yang berpartisipasi. 186 negara yang masuk dalam acara reli bergengsi ini. Ada beberapa grup untuk mobilnya. Saat itu ada grup A dan digantikan dengan mobil grup B, termasuk Lancia dengan Stratos dan Audi dengan Audi quattro '82.

 

Balapan mobil rally ini sendiri bermula sejak tahun 1895. Awalnya, rally tidak mempunyai track khusus, sehingga jalan-jalan umum sekalipun dipakai pada masa itu. Balapan rally pada masa itu merupakan hal yang dianggap sangat berbahaya karena balapannya diadakan di jalan umum. Pada tahun pertama berlangsungnya balapan ini, pembalap yang menang adalah pembalap yang menempuh jarak 24 Km dalam waktu sekitar 48 jam.

Sekitar delapan tahun setelahnya, seorang pembalap bernama Fernand Gabriel mencatatkan waktu tercepat pada balapan, yakni sekitar 5 jam dengan jarak lintasan 550 Km dengan kecepatan 105 km/jam. Namun, pada masa itu balapan masih sangat berbahaya karena masih menggunakan jalan-jalan umum. Balapan ini disebut sangat berbahaya karena banyak pembalap pada akhirnya mengalami kecelakaan atau cedera dan ada pula yang berujung  dengan kematian di lintasan balap.

Karena banyaknya korban, balapan Rally ini sempat dilarang keras oleh pemerintah Perancis. Selain banyaknya korban, tingkat kerawanan terjadinya kecelakaan yang sangat tinggi juga menjadi salah satu faktor. Tetapi, balapan ini tidak serta merta berhenti, karena kecanduan para pembalap terhadap rally sangatlah mustahil untuk dihilangkan. Para pembalap rally yang sangat menyukai tantangan ini merasa ada kenikmatan tersendiri dalam balapan apabila bisa mencapai garis finish. Untuk mencegah banyaknya korban dan meningkatkan keamanan, balapan ini pun mulai dipindahkan ke lintasan yang sepi dari warga. Hal ini juga bertujuan menjamin keselamatan para pejalan kaki.

 

RALLY TRACK PERTAMA DALAM SEJARAH

Pada tahun 1907, track khusus untuk balap rally pertama kali dibangun di Inggris. Acara balapan ini kemudian berubah menjadi acara yang eksklusif. Balapan ini dikenal sebagai salah satu olah raga paling populer pada zaman itu. Dulu, lintasan pada balapan rally ini menggunakan medan dengan permukaan tanah, kerikil, es, salju dan aspal.

Para pembalap rally pun menggunakan sejumlah jenis handbrakes untuk membantu mereka mengemudi dengan baik pada berbagai jenis lintasan. Sejak itu, mobil rally balap dapat melakukan sejumlah manuver yang berbeda, dan sejak itu pula mobil yang mereka kemudikan itu memiliki fitur-fitur khusus khas mobil rally.

 

SYARAT KHUSUS MOBIL RALLY

Tentu tidak semua jenis mobil bisa diizinkan untuk mengikuti balapan rally. Syarat mobil modifikasi yang dizinkan ikut balapan adalah yang memiliki minimal mesin V4 kapasitas 2,0 liter, dengan fitur turbochargers, anti-lag systems, four-wheel-drive, sequential gearboxes (paddle shift), aerodynamic parts dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat biaya memodifikasi mobil WRC mencapai nominal sebesar $ 1 juta.

WRC juga mendukung 3 acara tambahan, yaitu Junior World Rally Championship (JWRC), Production World Rally Championship (PWRC), Super 2000 World Rally Championship (SWRC). Ketiga acara ini memiliki dasar format acara yang sama dan tempat yang juga sama, tetapi dengan regulasi yang berbeda-beda.

Seperti yang sudah diketahui, WRC terbentuk dari acara rally yang terkenal. Salah satu diantaranya ialah IMC (International Manufacture Championship), yang pernah ditayangkan sejak tahun 1970 hingga tahun 1972. Setelah itu, barulah WRC lahir di tahun 1973. Acara pertamanya bernama 42ème Rallye Automobile de Monte-Carlo. Pada kompetisi pertama WRC, Alpine-Renault mengambil kemenangan pertama dengan Alpine 110 nya. Setelah itu, barulah Lancia mengambil gelar juara selama 3 tahun berturut-turut dengan Lancia Stratos yang dibuat khusus untuk balapan Rally dengan mesin Ferrari V6.

 

PERISTIWA-PERISTIWA BERSEJARAH SEPANJANG PERJALANAN RALLY

Pada tahun 1980-an mobil 4WD alias penggerak 4 roda diganti dengan penggerak 2 roda tetapi menurut manufaktur sponsor, hal tersebut terlalu sulit untuk dilakukan. Tetapi, setelah Audi meraih kesuksesan dengan pembalap pilihan mereka, Mikkola, yang berlaga dengan Audi Quattro, perusahaan manufaktur lain mencoba Proyek All wheel drive mereka.

Pada tahun 1982, Regulasi Grup B mulai dikenalkan dengan standar AWD. Sejak itu pula Audi meraih juara dengan pembalap mereka, yaitu Mikkola di tahun 1982 dan 1984. Saat itu, Michele Mouton, pembalap wanita dari Audi yang berkebangsaan Perancis hampir saja mencapai kemenangannya, tapi dikalahkan oleh saingannya dari Opel, Röhrl.

Sayangnya, tidak hanya hal yang menyenangkan saja yang pernah tercatat dalam sejarah Rally. Pada tahun 1985 ada 2 kecelakaan buruk yang terjadi. Yang pertama adalah Vatanen dengan Peugeot 215-nya dan Attilio Bettega dengan Lancia 037-nya dalam ajang Tour de Corse.

Kemudian pada tahun 1986, acara WRC diwarnai dengan aksi impresif dari pembalap bernama Finns Henri Toivonen dan Alen dengan Lancia Delta S4 yang berhasil berlari di atas permukaan tanah dari kecepatan 0 sampai 60 mph dalam waktu 2,3 detik saja. Sayangnya, banyak sekali kecelakaan yang terjadi. Di rally Portugal, 3 penonton meninggal dan 30 lainnya terluka karena Ford RS200 milik tim Joaquim Santos lepas kendali. Selain itu, pernah juga ada kejadian di mana Toivonen dan Sergio Cresto meninggal pada saat terlempar di puncak Tikungan Tour de Corse. Dan 1 jam setelah itu, Group B akhirnya dicoret karena tidak sesuai dengan regulasi. Barulah pada tahun 1990-an Regulasi Grup A diluncurkan dengan standar mobil penggerak 4 roda dan bermesin turbo seperti Toyota Celica, Subaru Impreza dan Mitsubishi Evolution.

Wah, siapa sangka ternyata World Rally Championship yang sudah sangat familiar di telinga kita ternyata memiliki sejarah dan perjalanan yang cukup panjang sebelum menjadi World Rally Championship yang kita kenal sekarang. Apa ada hal lain yang mungkin Mas Bro tahu soal WRC ini? Yuk, berbagi di kolom komentar!

SAMPAIKAN KOMENTAR