Sejarah Singkat Dibalik Nama Besar HKS

Sejarah Singkat Dibalik Nama Besar HKS

10Oct
INTERSPORT.ID ON 10 October 2018
INTERSPORT.ID ON 10 Oct 2018

Siapa yang tidak kenal dengan aksesoris mobil, yang masuk dalam kategori racing performance satu ini yakni HKS. Banyak modifikator mempelesetkan, HKS kepanjangan dari Hasil karya Sendiri. Namun, itu hanyalah gurauan saja yaa bro.

Berdasarkan fakta, dikutip dari sumber resmi. HKS dibentuk pada 1973 oleh Hiroyuki Hasegawa, mantan insinyur untuk Yamaha Motor Company, dan mitranya Goichi Kitagawa. Dimana kepanjangan HKS sendiri adalah Hasegawa Kitagawa Sigma, sebagai modal awal diberikan oleh Sigma Automotive.

Perusahaan ini mulai beroperasi dengan men-tuning mesin bertenaga bensin di sebuah gudang peternakan susu, di kaki Gunung Fuji, Jepang. Tujuan mereka adalah untuk merancang dan membangun mesin dengan kinerja tinggi, dimana pabrik manufaktur komponen utama OE (Original Équipement) pada umumnya tidak memproduksinya.

Pada bulan Juli 1974, Hasegawa merekayasa dan membangun turbocharger kit yang pertama kalinya untuk mobil standar; sejak saat itu mereka mengembangkan turbocharger upgrade dan bolt-on turbo kit yang kemudian menjadi bisnis inti dari HKS. Hasegawa juga menciptakan elektronik yang tersedia secara komersial pertama turbo timer dan meningkatkan controller.



HKS adalah sebuah perusahaan publik dengan penjualan internasional dan jaringan distribusi yang mencakup Asia, Eropa, Australia dan Amerika untuk mendukung basis pelanggannya. Manufaktur utama dan fasilitas R&D nya berada di kaki Gunung Fuji. Anak perusahaan telah didirikan di California (HKS USA) dan [Cambridgeshire], Inggris (HKS Eropa), dan Bangkok, Thailand (HKS thailand).

HKS USA menawarkan mobil-mobil Jepang dan Amerika, berbagai komponen aftermarket mulai dari mesin internal seperti stang piston dan eksternal camshafts, komponen seperti blow off valve, intercooler kit, sistem knalpot, dan turbo kit. Dengan lebih dari 34 tahun pengalaman HKS telah mengembangkan lebih dari 30 varietas turbocharger yang tersedia secara komersial, termasuk salah satunya yang dapat menghasilkan 1000 tenaga kuda.

Perusahaan ini juga menghasilkan mesin pesawat HKS 700E, di bawah anak perusahaannya, HKS Aviation.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN