Segini Nih Uang yang Harus Lo Keluarin Buat Bikin Mobil F1. Mahal Banget, Bro!
19
Aug
1 Comment Share Likes 1501 View

Melihat dari jumlah uang yang harus Rio Haryanto bayarkan waktu pengen terjun ke Formula 1 bareng tim Manor Racing, lo mungkin baru sadar kalau ajang balap jet darat ini emang punya biaya yang sangat mahal.

Tim-tim besar macam Ferrari, McLaren, dan Red Bull diperkirakan bisa mengeluarkan uang sampai  dengan US$320 juta atau setara Rp4,2 triliun per tahun. Sementara tim-tim kecil senggaknya harus mengeluarkan US$60 juta atau setara Rp800 miliar tiap tahunnya.

Dari angka fantastis di atas, biaya pembuatan mobil disebut-sebut yang paling menyedot biaya. Dilansir dari situs tsmplug.com, senggaknya butuh US$9,4 juta atau sekitar Rp125 miliar untuk membangun sebuah mobil F1. Unit mesin pastinya jadi komponen paling mahal karena harganya ditaksir bisa mencapai US$7,7 juta atau setara Rp102,8 miliar.

Tapi ingat, angka di atas adalah biaya untuk membangun mobil F1 paling standar. Jumlahnya masih bisa bertambah lagi karena setiap tim tentunya harus melakukan research and development secara terus-menerus supaya performa mobilnya bisa lebih maksimal.

SAMPAIKAN KOMENTAR