Sederet Mobil Drift Di Fast And Furious: Tokyo Drift
03
Dec
2019
0 Comment Share Likes 126 View

Sebagai film Fast and Furious terakhir yang hanya berfokus pada car culture dan street racing, Tokyo Drift dianggap sebagai salah satu film terbaik dari franchise film tersebut, terlebih oleh para pecinta mobil dari seluruh dunia. Film ini memang memberikan gambaran yang baru dari street racing dan drift culture yang ada di Jepang dan film ini bisa dibilang sebagai film tentang drifting terbaik yang pernah ada.

Ketika melakukan proses syuting Tokyo Drift, ada lebih dari 200 unit mobil berbeda yang digunakan dari seluruh dunia. Yang paling bagusnya lagi, sebagian besar dari mobil-mobil yang digunakan dalam film tersebut merupakan mobil JDM ikonik dan mobil hasil tuning yang bisa berlaga dengan kemampuan luar biasa di dunia drift yang sebenarnya. Nah, kali ini, Intersport akan hadirkan daftar mobil keren yang muncul di dalam film tersebut untuk Mas Bro.

  1. NISSAN 350Z

Sebelum film Tokyo Drift dirilis, mobil Nissan 350Z memang sudah terkenal, tetapi belum menjadi sebuah ikon seperti sekarang. Tetapi, ternyata mobil yang kita lihat muncul di filmnya dan dikendarai oleh Takashi (Brian Lee) tidak ada dalam lini produksi. Mobil tersebut telah mengalami body-rework yang dilakukan oleh salah satu tuner shop asal Jepang yang terkenal, yaitu VeilSide. Body-rework yang dilakukan pada mobil ini sendiri meliputi custom side skirt, fender, kedua bumper, dan tentu saja rear wing berukuran masif.

Mobil ini tentu sama kompetennya dengan yang digambarkan dalam filmnya, mengingat betapa bagus dan seimbangnya mobil Nissan 350Z, terlebih jika digunakan untuk drifting. Mobil ini menggendong mesin enam silinder berkapasitas 3,5 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 460 tenaga kuda, dan tenaga yang dihasilkannya ini 200 hp lebih banyak dibandingkan dengan versi standar pabrik Nissan. Mesin ini bisa membawa mobil Nissan 350Z melesat dari kecepatan 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari 5 detik dengan kecepatan maksimal 155 mph.

 

  1. MAZDA RX-7 VEILSIDE FD

Dalam filmnya, mobil Mazda RX-7 ini dikendarai oleh Han (Sung Kang). Tak perlu diragukan lagi, mobil ini memang mobil yang paling mencolok dan menarik perhatian di dalam filmnya. Muncul di dalam beberapa adegan drift di kota Tokyo, mobil yang satu ini menarik perhatian karena tampilannya telah diubah menggunakan custom body kit dari tuner shop asal Jepang, VeilSide. Telah ada sejak zaman keemasan dari mobil-mobil JDM, Mazda RX-7 keluaran tahun 1997 ini memiliki mesin Wankel Rotary paling ikonik yang pernah dibuat. Dilengkapi dengan turbocharger, mesin ini bisa menghasilkan 280 tenaga kuda dan bisa melesat hingga kecepatan 60 mph dalam waktu kurang dari enam detik.

 

  1. VOLKSWAGEN GOLF R32 TOKYO DRIFT

Mobil Volkswagen R32 muncul sebagai cameo dalam Tokyo Drift untuk waktu yang singkat. Dalam filmnya, mobil ini digunakan oleh Reiko (Keiko Kitagawa), seorang tokoh wanita yang membantu Sean untuk merakit ulang mobilnya. Volkswagen ternyata menawarkan empat mobil dari model ini untuk digunakan dalam filmnya, dengan dua dari empat modelnya diubah menjadi rear-drive untuk keperluan adegan drifting. Kita memang tidak melihat mobil ini terlalu sering dalam filmnya, tetapi kita tahu bahwa mobil ini dibekali mesin VR6 berkapasitas 3,2 liter yang memproduksi 250 tenag kuda, jumlah tenaga yang lebih dari cukup bagi mobil ini untuk dibawa drifting.

 

  1. MITSUBISHI LANCER EVO IX

Dalam filmnya, Mobil Mitsubishi Lancer Evo ini digunakan oleh Sean ketika dia berlatih untuk menguasai teknik drifting yang dipandu oleh Han. Tetapi, mobil yang kita lihat di dalam filmnya merupakan Mitsubishi Lancer Evo yang telah dimodifikasi secara khusus untuk film tersebut, dan diubah dari AWD menjadi rear wheel drive untuk mengoptimalkan drifting-nya. Tidak hanya itu, Evo juga diketahui menerima tenaga tambahan dari mesin MIVEC berkapasitas 2 liter, sehingga kini bisa menghasilkan tenaga hingga 286 tenaga kuda. Kecepatan maksimalnya masih sama dengan versi pabrik, yaitu 155 mph. Tetapi jangan salah, mobil ini cukup cepat dan lincah, karena mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 60 mph dalam waktu kurang dari lima detik.

 

  1. MAZDA RX-8

Model mobil Mazda RX-8 ini memiliki mesin berkapasitas 1,3 liter dan hanya menghasilkan tenaga sebesar 228 tenaga kuda. Mesinnya bisa membawa mobil ini hingga kecepatan 60 mph hanya dalam waktu kurang dari enam detik. Kemampuannya ini berasal dari mesin Wenkel roatry yang juga digunakan pada model saudaranya, yakni Mazda RX-7, hanya saja mesin yang digunakan sedikit lebih kecil. Dengan beberapa peningkatan dan modifikasi, mobil ini memang bisa menjadi mobil yang sangat diandalkan dalam balap drifting. Dalam filmnya, kita bisa melihat versi mobil ini yang sudah di-tune berwarna biru cerah dikendarai oleh Neela (Nathalie Kelley), lengkap dengan body kit dan spoiler carbon fibre besar dari VeilSide.

 

  1. NISSAN SKYLINE GT-R R33

Kita bisa melihat mobil Nissan Skyline muncul sebentar dalam film Fast and Furious: Tokyo Drift, dikemudikan oleh dua orang perempuan yang akhirnya memberikan nomor mereka kepada Han. Mobil ini juga yang dikendarai oleh Han untuk menggoda para gadis. Untuk mobilnya sendiri, mobil ini merupakan mobil drift kompeten yang menggendong mesin enam silinder segaris berkapasitas 2,6 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga 280 tenaga kuda. Mesin ini merupakan mesin yang sama dengan yang digunakan pada Nissan Silvia S15 Spec-R. Versi pabrikannya memiliki kecepatan maksimal yang dibatasi hanya sampai 155 mph, tetapi jika limiter tersebut dihilangkan, maka mobil ini bisa jauh lebih cepat daripada itu.

SAMPAIKAN KOMENTAR