Sambut Era Kendaraan Listrik, PLN Siap Bangun Stasiun Penyedia Listrik Umum

Sambut Era Kendaraan Listrik, PLN Siap Bangun Stasiun Penyedia Listrik Umum

07Dec
INTERSPORT.ID ON 07 December 2017
INTERSPORT.ID ON 07 Dec 2017

Bukan cuma di luar negeri, Indonesia ternyata juga ikut mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya era kendaraan listrik. Buktinya Perusahaan Listrik Negara (PLN) kabarnya lagi menyiapkan infrastruktur pendukung kendaraan listrik berupa Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

"Kami telah menyediakan infrastruktur untuk pengisian energi kendaraan listrik di tempat umum berupa SPLU. Di Jakarta sendiri, sekitar 700 yang tersebar," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya), Ikhsan Asaad seperti dilansir dari Detik.

Nantinya jumlah SPLU di Jakarta bakal ditingkatkan menjadi 1.000 titik dengan target 1.500 titik di tahun depan.

Dengan rencana penambahan jumlah SPLU ini, Ikhsan pun menghimbau masyarakat supaya enggak perlu ragu lagi untuk menggunakan motor atau mobil listrik.

Jakarta sebagai ibukota itu bisa menggunakan kendaraan listrik yang mendorong agar bebas polusi. Agar dapat kembali melihat langit biru di Jakarta, kami berupaya untuk mendorong penggunaan listrik, dari sisi listriknya,” kata Ikhsan.

Selain menambah jumlah SPLU di Jakarta, PLN juga memperkenalkan prototipe lahan parkir khusus kendaraan listrik yang dilengkapi SPLU. Jadi sembari diparkir, pemilik kendaraan bisa sambil mengecas kendaraannya di mesin yang memiliki tegangan pengenal sampai 220 V, Frekuensi Pengenal 50 Hz, serta kapasitas 5.500 VA (sampai 4 X 11.000 VA).

Mungkin masih banyak yang belum ngeh, tapi SPLU sendiri ternyata udah diluncurkan sejak Agustus 2016 lalu untuk mendukung perekonomian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mengadopsi sistem prabayar, penggunaan SPLU sebenarnya mirip dengan meteran listrik rumahan. Konsumen yang pengen menggunakan SPLU harus terlebih dahulu membeli token listrik di ATM atau minimarket dengan menyebutkan ID Pelanggan atau Nomor kWh Meter yang terdapat pada mesin SPLU, lalu mengisi jumlah stroom sesuai kebutuhan.

Gimana, sekarang lo udah yakin belum mau beralih ke kendaraan listrik dengan adanya SPLU dari PLN?

 

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN