Rotasi Ban Mobil Tak Boleh Sembarangan
28
Mar
1 Comment Share Likes 1895 View

Pernah membaca buku manual mobil kalian? Salah satu yang disarankan dalam buku manual untuk menjaga kondisi mobil adalah melakukan rotasi ban mobil. Rotasi ban mobil merupakan cara melakukan perpindahan posisi ban mobil dengan aturan yang ditentukan. Tujuannya agar tiap ban memiliki tingkat kehalusan yang sama sehingga mobil makin nyaman dikendarai. Lalu, bagaimana cara merotasi ban yang baik dan benar?

Merotasi ban pun tak boleh sembarangan karena karakteristik ban yang berbeda-beda. Ban yang bisa dilakukan rotasi hanya untuk ban yang memiliki ukuran ban depan dan belakang sama sehingga bisa dipastikan mobil sport yang memiliki ukuran ban depan dan ban belakang berbeda pasti tak bisa melakukan rotasi ban mobil.

Menukar posisi ban harus mengikuti aturan khususnya. Ban depan dirotasi dengan ban belakang, begitu pula sebaliknya. Rotasi tidak bisa dilakukan antara ban kanan dengan ban kiri. Hal ini dikarenakan salah satu tujuan melakukan rotasi mobil adalah agar tiap ban memiliki tingkat kealusan yang sama, namun pada prakteknya, ban depan lebih cepat halus dibandingkan ban belakang. Maka dari itulah melakukan rotasi antara ban kanan dengan ban kiri tidak dianjurkan karena antara ban kanan dan ban kiri memiliki tingkat kehalusan yang sama.

Selain itu, untuk ban directional, perlu juga diperhatikan posisi ketika akan melakukan rotasi. Biasanya antara ban kanan dan kiri memiliki alurnya sendiri. Efeknya jika terjadi kesalahan pada arah alur ketika melakukan rotasi adalah terdapat resiko bahaya ketika melakukan pengereman di jalan yang basah karena cengkraman atau grip ban yang tidak sesuai. Salah melakukan rotasi pada ban directional juga bisa menyebabkan suara gemuruh pada kendaraan karena ban tersebut.

Ada beberapa tipe rotasi untuk empat ban mobil. Yang pertama adalah untuk ban yang memiliki ukuran yang sama namun directional. Ban dirotasi secara vertikal yaitu ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kanan sedangkan ban depan kiri ditukar dengan ban belakang kiri.

Cara kedua adalah dengan melakukan secara diagonal sehingga ban depan kiri ditukar dengan ban belakang kanan dan ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kiri. Model ini bisa diterapkan untuk semua jenis kendaraan dengan kondisi ban yang tidak directional.

Sedangkan untuk kendaraan dengan penggerak roda depan atau front wheel drive vehicle, maka rotasi ban dilakukan dengan menempatkan ban depan kanan mobil ke posisi ban belakang kanan mobil sedangkan ban belakang kanan mobil dipindahkan ke ban depan kiri mobil, lalu ban belakang kiri diposisikan di ban depan kanan mobil dan terakhir ban depan kiri mobil dilokasikan di ban belakang kiri mobil.

Untuk kendaraan yang berpenggerak roda belakang (rear wheel drive vehicle) atau berpenggerak 4 roda (4-wheel drive vehicle), maka rotasi bisa dilakukan dengan memindahkan ban belakang kanan ke posisi ban depan kanan, ban depan kanan diposisikan ke ban belakang kiri, ban belakang kiri dipindahkan ke ban depan kiri, dan ban depan kiri dipasangkan ke bagian ban belakang kanan.

Jika rotasi dilakukan dengan lima ban yang salah satunya adalah ban cadangan, rotasi dilakukan dengan cara yang lain. Untuk kendaraan dengan penggerak roda depan atau front wheel drive vehicle maka ban depan kanan dijadikan ban cadangan, ban depan kiri dipindahkan ke bagian belakang kiri, ban belakang kanan dipasangkan ke bagian depan kiri, ban belakang kiri diposisikan ke bagian depan kanan, sedangkan ban cadangan menjadi ban belakang kiri.

Untuk kendaraan yang berpenggerak roda belakang (rear wheel drive vehicle), rotasi ban dilakukan dengan memindahkan ban depan kanan ke bagian belakang kiri, ban depan kiri yang dijadikan ban cadangan, ban belakang kanan dipasang ke bagian depan kanan, ban belakang kiri dipasang ke bagian depan kiri, sedangkan ban cadangan dijadikan ban belakang kanan.

Rotasi ban mobil ini biasanya dilakukan setelah mobil digunakan hingga 10.000 km. Apapun pilihan cara rotasi ban mobil, yang jelas cara ini bisa memperpanjang usia ban mobil kesayanganmu.

Image source: https://nmtoakville.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR