Roda Belakang Bisa Belok? Itu Namanya AWS
10
May
2019
0 Comment Share Likes 302 View

AWS apa sih? Pasti banyak dari lo yang belom tau apa arti dari AWS. AWS sendiri sebenarnya punya arti dari All Wheel Steering. Jadi, semua roda yang menempel pada mobil bisa dikendalikan dalam satu waktu yang sama. Sebenernya sih, teknologi ini bukan teknologi yang benar-benar baru.
 
Dari tahun 1980-an, sudah banyak produsen otomotif yang memakai teknologi ini pada mobil yang mereka buat. Tapi, emang sih, kebanyakan yang memakai teknologi ini merupakan mobil-mobil high-end atau menengah ke atas. AWS ini memungkinkan semua rodanya bisa membelok secara elektromekanikal. Tapi, sebenarnya apa sih kunci dari AWS ini?
 
 
Komponen ini bekerja berdasarkan input dari komputer dan mengubah sudut roda belakang. Umumnya ada dua buah aktuator dipasang di rangkaian suspensi belakang kiri dan kanan. Aktuator yang berisi motor penggerak dan rangkaian roda gigi ini mendorong roda belakang untuk bergerak dengan sudut maksimum 2,5 derajat.
 
Pergerakan itu dilakukan dengan memperhitungkan sejumlah data, seperti sudut belok kemudi, kecepatan dan kondisi aktual mobil. Biasanya nih, roda belakang ini bakalan belok dengan sudut yang berlawanan dengan arah roda depan. Jadi kalau roda depan belok ke kanan, roda belakang bakal belok ke arah kiri. 
 
 
Contohnya pada kecepatan rendah seperti maksimum 30 km/jam, roda belakang yang ada pada mobil ini akan membelok berlawanan arah dengan roda depan sampai 2,5 derajat. Sementara untuk pengendaraan di dalam kota atau jalan berliku di luar kota sudut belok ini akan turun menjadi 0,5 derajat sampai 1 derajat. Jadi, pergerakan ban ini tidak melulu pada kecepatan tinggi.
 
 
Di era modern seperti sekarang, fitur atau teknologi ini biasanya dibenamkan pada mobil sport. Mobil sport mengharuskan memiliki pengendalian yang super akurat dan baik. Mesin yang buas, juga harus ditunjang dengan handling yang sangat mumpuni. Makanya nih, banyak mobil sport udah pakai fitur ini demi memberikan kenyamanan dan kesenangan berkendara. Tapi, nggak semua mobil sport pakai ini.
 
Honda Prelude juga sudah dibenamkan fitur ini sebagai salah satu keunggulannya saat itu. Nah, udah sedikit lebih paham soal AWS ini kan? 
 

SAMPAIKAN KOMENTAR