Review Spesifikasi Honda NSX, Mobil Sport Tembus 500 Hp
22
Aug
0 Comment Share Likes 264 View

Pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2019) kemarin, Toyota memboyong mobil sport anyarnya ke Tanah Air. Namun nyatanya, hingga akhir perhelatan bukan Toyota GR Supra yang jadi primadona di pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara tersebut. Lalu siapa?

Ya, primadonanya ada di seberang booth Toyota, Honda NSX. Mobil sport berkelir oranye semi kuning bertengger lebih berkilau dibanding Supra dan tentu saja lebih mengundang perhatian pengunjung. Maha karya pabrikan berlogo "H" ini pun disebut tidak berlebihan jika menjadi mobil terfavorit di GIIAS 2019 kemarin lantaran semua kapasitas Honda dianggap tumpah ruah di NSX.

Biar enggak penasaran, yuk kita simak seperti apa sih detail dari Honda NSX ini.

Eksterior

Honda NSX adalah Sports Car berkapasitas 2 penumpang yang diproduksi di Perfomance Manufacturing Center, Ohio, Amerika Serikat. Bodinya menggunakan bahan aluminium yang ringan dan kokoh serta ada sedikit padanan serat karbon.

Desainnya dibentuk sangat aerodinamis untuk memaksimalkan pengalaman berkendara yang sporty. Hal itu lantaran wujud dari representasi dari NSX yang punya tagline “New Sports eXperience“.

Kalau kalian pencinta berat Honda dan pernah jatuh cinta dengan NSX generasi sebelumnya yang legendaris, NSX ini lebih keren dari itu. Bahkan menurut kami juga lebih keren dari Civic Type R.

Bagian depannya serba menyiku, desain bonetnya menunduk. Lampu depan pakai LED dan ada Daytime Running Light (DRL). Lampu belakang juga pakai LED dengan kombinasi warna yang sangat futuristik.

Secara dimensi, Honda NSX memiliki ukuran 4.490 x 1.940 x 1.215 mm dan berat 1.780 kg, serta kapasitas bahan bakar sebesar 59 liter. Di bagian roda, Honda NSX dilengkapi rem berbahan keramik karbon serta suspensi aluminum untuk performa yang maksimal. Sedangkan untuk menjaga suhu mesin, Honda NSX telah dilengkapi dengan 10 pipa udara.

Interior

Masuk ke dalam kabin Honda NSX bisa dibilang sangat memiliki sensasi yang berbeda. Ya, meskipun saat GIIAS 2019 kemarin tidak diperkenankan mencobanya, tapi unitnya pernah dicoba -setidaknya duduk di dalam kokpit- saat event nasional lain sebelumnya.  Lantai kabin yang rendah, desain dasbor sporty dengan beragam tombol dan layar sentuh cukup besar membuat kita seolah-olah berada di dalam kabin pesawat jet.

Kabin NSX memiliki desain yang minimalis dengan kursi ergonomis berbahan kulit dan setir yang dilengkapi fitur Electric Power Steering (EPS) untuk mendukung kelincahan dan menambah fun to drive kita. Bicara fitur hiburannya, Honda NSX pun sudah dilengkapi perangkat audio berkualitas premium dari ELS Studio yang dilengkapi 9 speaker guna memberikan kualitas suara yang sangat baik.

Mesin

Rasa penasaran pun membawa kita untuk mencari tahu kemampuan mumpuni mesinnya. Honda NSX mengusung mesin 3.5L DOHC Twin-Turbo V6 yang menghasilkan tenaga 500 hp pada 6.500 – 7.500 rpm dan torsi maksimal 406 lb-ft pada 2.000 hingga 6.000 rpm. Saat dikombinasikan dengan tenaga ekstra dari mesin hybrid, Honda NSX mampu menghasilkan tenaga hingga 573 hp dan torsi 476 lb-ft, serta berakselerasi hingga 96,5 kilometer per jam dalam 2,7 detik dan kecepatan maksimal 307,38 kilometer per jam.

Selain perpaduan mesin berbahan bakar dan hybrid, performa Honda NSX juga didukung transmisi dual-clutch 9 percepatan dan penggerak All Wheel Drive (AWD) dengan dua motor elektrik di bagian depan dan satu motor elektrik di bagian belakang yang berfungsi mendistribusikan tenaga serta memaksimalkan traksi pada setiap roda, untuk menghasilkan pengendalian yang presisi walaupun dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Mode Berkendara

Honda NSX memiliki 4 mode berkendara, yakni Quiet Mode dengan suara mesin yang sangat halus dan cocok digunakan untuk berkendara di kawasan perumahan, ditandai dengan lampu indikator berwarna biru. Sport Mode juga hadir sebagai mode standar untuk menghasilkan mesin yang bertenaga dengan suara rendah, cocok untuk digunakan bermanuver ditengah kota dan ditandai dengan lampu indikator berwarna abu-abu.

Selanjutnya, pengendara dapat memilih Sport+ Mode untuk tenaga mesin yang lebih agresif dan akselerasi lebih cepat, serta lampu indikator akan seketika berubah warna menjadi merah.

Sedangkan apabila pengendara menginginkan performa yang paling maksimal untuk berlaga di sirkuit, Track Mode dapat dipilih untuk mengeluarkan tenaga tertinggi Honda NSX dengan sensasi raungan mesin yang sangat terasa dan lampu indikator berwarna merah menyala.

Nah, itu tadi ulasan terkait spesifikasi mumpuni dari produk mobil sport andalan pabrikan asal Jepang, Honda NSX. Tapi tentu saja, Pria Intersport masih penasaran soal harganya, bukan? Kalau dibandingkan dengan Lamborghini Aventador, tentu saja PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mematok harga yang lebih murah. Meskipun pihak HPM tak menyebutkan secara detail, harga NSX Sportcar Hybrid dibanderol sekitar Rp4 Miliar.

SAMPAIKAN KOMENTAR