Review Mobil Lamborghini Urus 2019
12
Aug
0 Comment Share Likes 183 View

Lamborghini Urus adalah SUV yang diproduksi oleh produsen mobil mewah Italia, Lamborghini. Mobil ini diresmikan pada tanggal 4 Desember 2017 dan model tahun 2019 merupakan versi facelift dari monster SUV untuk penggila kecepatan khas Lamborghini.

Urus memang bukan SUV pertama Lamborghini. Sebagai SUV pertama dari Lamborghini, Lamborghini meluncurkan LM002 pada tahun 1986. Lamborghini membuat LM002 selama 7 tahun dan menghasilkan 328 model. LM002 merupakan kendaraan four-wheel drive pertama yang pernah diproduksi oleh Lamborghini. Mendapatkan desain sudut yang sedikit mengingatkan pada Hummer, prototipe yang akhirnya berevolusi menjadi LM002 dibangun dan diuji untuk militer AS. Versi awal juga memiliki mesin yang dipasang di belakang.

Konsep Lamborghini Urus diperkenalkan pada Beijing Auto Show 2012, tanggal 23 April. Pada tahun yang sama, SUV ini juga ditampilkan di Pebble Beach. Konsep SUV ini memiliki output daya maksimum 592 dk (441 kW) dengan didukung mesin V10 5.2L dari Gallardo dan disertai sistem penggerak empat roda. Lamborghini Urus memiliki emisi karbon yang lebih rendah daripada pesaingnya, seperti Porsche Cayenne, Bentley Bentayga dan Audi Q7.

 

EKSTERIOR LAMBORGHINI URUS 2019

Untuk Urus, Lamborghini memberikan desain yang besar, menggunakan platform SUV besar yang sama dengan yang digunakan untuk Audi Q7 dan Q8 yang akan datang. Bodinya dibangun di pabrik yang sama dengan Brastilava, Slovakia, tempat Q7 dan Cayenne dirakit, kemudian dikirim ke jalur perakitan Urus baru milik Lamborghini di Sant'Agata, Italia. Sebagian besar eksterior Lamborghini Urus 2019 yang terbuat dari alumunium sudah dicat. Lamborghini sendiri meyakinkan para konsumennya bahwa semuanya dirakit dengan tangan manusia.

Eksterior depan Lamborghini Urus 2019 menampilkan bumper geometrik dan elemen fasia yang menawarkan asupan heksagonal dan Naca besar untuk menjaga rem sedingin mungkin. Di bagian bawah, terdapat elemen splitter depan yang membentuk offset ke berbagai sudut berwarna tubuh. Lampu depan bersanding tinggi di garis fender sementara garis hood yang menonjol kabarnya terinspirasi dari Miura dan Aventador. Garis tudung diagonalnya mengambil inspirasi dari Countach.

Di bagian samping, Lamborghini Urus 2019 memiliki desain SUV mulus tanpa banyak aksen yang terlalu ramai. Wheelbase tinggi digunakan untuk Urus yang bisa digunakan untuk perjalanan off-road. Jika dibandingkan dengan SUV lain, jarak sumbu Urus mencapai 3.002 mm, atau 76 mm lebih panjang dibandingkan Q7 dengan panjang keseluruhan 5113 mm, lebih panjang 43 inci dibandingkan Audi. Versi standarnya menggunakan ban 21 inci, tetapi tersedia pula opsi 23 inci.

Untuk eksterior belakang, Lamborghini Urus 2019 memiliki rumah lampu belakang berbentuk Y, ditambah diffuser belakang yang mirip dengan yang temukan di mobil balap pabrikan Lamborghini lainnya. Pertimbangan aerodinamis dibuat untuk mengurangi koefisien drag, efisiensi mesin yang lebih baik dan lebih banyak downforce. Terdapat pula satu set pisau aero di jendela belakang luar, dan spoiler belakang.

 

INTERIOR LAMBORGHINI URUS 2019

Interior Lamborghini Urus 2019 memang memiliki desain dalam yang khas. Untuk interior Lamborghini Urus 2019, ada nuansa Raging Bull klasik dengan tata letak yang berfokus pada pengemudi dan posisi tempat duduk yang lebih rendah. Lamborghini juga menambahkan skema kontrol yang membuat pengemudi merasa seperti seorang pilot.

Ada banyak elemen desain geometris dan sudut keras. Hexagon digunakan untuk beberapa elemen, seperti gagang pintu, ventilasi udara, modul kantong udara dan pemegang cangkir. Pihak Lamborghini sendiri juga mengatakan LM0002 menjadi inspirasi untuk tata letak, tetapi tidak ada kesamaan di bagian konsol tengah yang ekstra lebar.

Untuk dasbornya, Lamborghini Urus 2019 mendapatkan desain yang menawan dengan konsol pusat dual digital screen yang apik dan kualitas dasbor yang sangat baik. Terdapat kontrol tamburi baru yang memungkinkan pengemudi masuk ke mode sporty, trek, hingga off-road. Bahan yang digunakan Lamborghini adalah campuran kulit seperti mitt bisbol, Alcantara dan serat karbon.

Sementara itu, kemudi Lamborghini Urus 2019 mendapatkan tombol multi-fungsi tiga palang dengan peredam getaran yang juga mendapatkan tombol multi-fungsi sepanjang jempol kiri dan kanan untuk sistem infotainment, navigasi dan fungsi telepon, memudahkan pengemudi mengakses fitur tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi.

Desain kursi Lamborghini Urus 2019 mendapatkan tempat duduk lima penumpang yang praktis. Pengemudi depan mendapatkan unit memori DNA sporty menawarkan fungsi pemanasan dan penyesuaian 12 arah yang dibuat khusus untuk model Urus. Lamborghini juga menyediakan peralatan opsional termasuk kursi mewah listrik 18 arah dengan ventilasi dan fungsi pijat.

Bangku belakang mobil ini bisa dikonfigurasi ulang dengan fungsi bergerak dan lipat, meningkatkan ruang kargo belakang. Dengan bangku belakang, ruang bagasi Lamborghini Urus 2019 mencapai 616 liter. Sementara ketika kursi belakang diturunkan, ruang kargo meluas menjadi 1.596 liter.

 

FITUR LAMBORGHINI URUS 2019

Untuk fitur layar infotainment, Lamborghini Urus 2019 menggunakan layar digital TFT dengan visualisasi 3D dan beberapa pengaturan yang dapat disesuaikan. Platform ini adalah perangkat lunak Lamborghini Infotainment System III yang baru dengan dua layar sentuh untuk input dan pembacaan pengendaraan. Layar atas menunjukan status hiburan, navigasi, telepon, sedangkan layar bawah untuk input keyboard, pengenalan tulisan tangan dan kontrol untuk pemanasan iklim dan kursi.

Demi melengkapi nuansa SUV modern, terlebih dengan harga yang ditawarkan, yakni sekitar USD 200.000 atau setara dengan sekitar Rp 3 miliar, Lamborghini Urus menggunakan fitur start tanpa kunci serta tujuh profil yang diprogram untuk posisi duduk, mode mengemudi, dan pengaturan infotainment.

Selain itu, terdapat pula dudukan smartphone dengan pengisian nirkabel, beberapa konektor USB, dukungan untuk Bluetooth, pemutar DVD, TV Turner, CAB and CI car reader, layar head-up, serta hiburan kursi belakang, tak lupa sistem Apple CarPlay dan Android Auto.

Mobil ini juga menawarkan beberapa fitur keselamatan. Mulai dari peningkatan teknologi yang diberikan Lamborghini, seperti high beam assist, sensor parkir depan dan belakang, mitigasi tabrakan sebagai standar, hingga beberapa opsi tambahan seperti kamera top-view, traffic management, hingga mode trailer-coupling.

Para pengemudi juga bisa memilih beberapa mode mengemudi melalui “Tamburo”. Pada dasarnya, Tamburo adalah pengendali dinamika mengemudi Urus, yang terletak di konsol tengah dan menawarkan pilihan perubahan suara dan berkendara. Dari mode Strada yang tenang, hingga mode Corsa yang lebih keras. Suara juga disesuaikan berdasarkan kecepatan mesin, dengan lebih banyak suara jika pengemudi berkendara pada rpm tinggi.

 

SISTEM OPERASI LAMBORGHINI URUS 2019

Sistem operasi Lambroghini Urus 2019 mengandalkan mesin twin-turbo 4.0 liter V8 yang digunakan Audi kelas atas dan diketahui menghasilkan tenaga 641 hp. Lamborghini mengklaim bahwa tweak monster telah diterapkan, sehingga V8 yang dirakit di pabrik Volkswagen di Hungaria ini dikirim ke Lamborghini sebagai unit lengkap.

Kendati tidak memiliki kesan karismatik seperti V10 milik Huracán atau mengintimidasi layaknya V12 Aventador, tetapi V8 Urus mendefinisikan karakter kendaraan dengan tenaga yang bisa menarik beban lebih besar. Twin turbo memberikan torsi 850 Nm antara 2.250 – 4.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.

Jika dibandingkan dengan SUV lain, Lamborghini Urus bisa diibaratkan sebagai binatang buas yang sangat cepat. Lamborghini mengklaim bahwa kecepatan dari nol hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 3.6 detik. Urus akan mencapai kecepatan tertinggi 305 km/jam, yang menjadikannya sebagai SUV produksi tercepat di pasar saat ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR