Review Mobil Bugatti Centiodeci 2019
18
Sep
2019
0 Comment Share Likes 342 View

Dalam rangka memperingati 110 tahun perusahaan, Bugatti Centodieci akhirnya diluncurkan. Dengan nama yang berarti ‘110’ dalam bahasa Italia, Centodieci membawa model EB110 yang populer pada era 90-an awal dengan desain yang lebih modern, menggabungkannya dengan mesin W16 8.0 liter yang membuatnya menjadi Bugatti dengan percepatan 0-100 terkencang saat ini, mengalahkan Bugatti Chiron. Walaupun tak sepenuhnya memiliki tampilan yang baru, model khusus ini mendapatkan kemiripan dengan EB110 yang diproduksi 1991 hingga 1995. Kemiripan ini, menurut desainer Bugatti, bertujuan untuk membawa EB100 ke era modern. Desainnya yang menawan ditunjang dengan harga yang selangit serta ketersediaan mobil ini pasaran. Hanya mereka yang diakui oleh Bugatti bisa mendapatkan 10 unit Centodieci yang diproduksi. Penasaran bagaimana luar dalamnya mobil ini? Langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

 

EKSTERIOR BUGATTI CENTODIECI 2019

Jika dilihat pada bagian luarnya, Bugatti tampaknya ingin memberikan kesan modern untuk Centodieci sebagaimana Bugatti lainnya. Namun sangat jelas bagaimana desain EB110 sangat berpengaruh terhadap eksterior Bugatti Centodieci 2019 ini. Di bagian depannya, logo Macaron Bugatti sekarang dipindahkan ke kap mesin, sementara spoiler depan dan intake udara tiga bagian diambil langsung dari EB110 keluaran 90-an. Eksterior depan Bugatti Centodieci 2019 lebih dekat dengan tanah dibandingkan pendahulunya, penekanan dilakukan oleh lampu depan LED serta DRL yang lebih sempit.

Hal yang paling menonjol dalam hal desain tubuh, terlebih eksterior samping Bugatti Centodieci 2019 adalah C-line yang hilang pada pilar B, yang menjadi elemen desain paling ikonik dari Bugatti Veyron, Chiron, Divo, bahkan La Voiture Noire. Penggantinya, ada lima lubang udara berbentuk berlian untuk memberi makan mesin yang terletak pada bagian kursi belakang layaknya EB110. Jika dilihat secara sekilas, desain Centodieci adalah gabungan tampilan vintage dan modern milik Bugatti. Bagian belakang mengingatkan kita pada esensi menarik dari EB110. Menggabungkan tampilan retro dengan lampu LED berdesain futuristik yang menjadi bagian dari desain Centodieci sendiri. Bagian belakang mendapatkan delapan elemen lampu belakang, knalpot bertumpuk, serta diffuser kinerja.

Bagian belakang Bugatti Centodieci terlihat menawan bagi dari segi desain, maupun upaya untuk mengoptimalkan pendinginan dan aerodinamika berkendara. Bugatti menonjolkan elemen flying tail light yang menjaga tampilan visual asli, sambil menggunakan saluran keluar yang dibutuhkan mesin berukuran besar seperti W16 8.0 liter.

 

INTERIOR BUGATTI CENTODIECI 2019

Bugatti memang masih belum menunjukan bagian dalam mobil ini kepada media hingga saat ini. Kendati demikian, pengaruh EB100 diprediksi akan tetap kental terasa pada desain interior Bugatti Centodieci 2019. Tidak hanya itu, mobil ini juga dipastikan akan mendapatkan pengembangan dari Bugatti Chiron, dengan bagian dalam yang berfokus pada pengemudi, dirancang untuk meminimalisasi gangguan ketika berkendara.

Mobil ini sendiri diketahui memiliki dasbor dengan desain driver oriented. Dasbor Bugatti Centodieci 2019 lebih menonjolkan kesenangan berkendara tanpa harus membebani konsumen dengan sistem hiburan yang mungkin mengganggu selama berkendara. Maka itu, tidak ada lagi layar infotainment layaknya TV 10 inci maupun 12 inci.

Bugatti sendiri masih belum mengubah sebagian besar kemudi yang digunakan pada model terbarunya dalam beberapa waktu belakangan. Menilik pada setir Bugatti Chiron yang menawan, bukan tak mungkin kemudi Bugatti Centodieci 2019 akan mendapatkan setir multi-fungsi berlapiskan kulit dengan desain flat-bottom akan memberikan kemudahan dalam menggunakan beberapa pengaturan yang bisa Anda gunakan.

Kenyamanan dalam berkendara dipastikan akan hadir pada mobil ini, tak terkecuali kursi bernuansa sporty yang selalu diberikan pada semua mobil Bugatti. Tentu saja, dengan harga yang selangit, kursi Bugatti Centodieci 2019 mendapatkan lapisan kulit Alcantara dengan jahitan tangan.

 

FITUR BUGATTI CENTODIECI 2019

Meskipun sudah diperkenalkan, tapi Bugatti masih belum mengungkapkan apa saja yang dibawa oleh Centodieci untuk penggunanya. Diperkirakan bahwa tidak akan banyak fitur hiburan dalam mobil ini. Semua fitur Bugatti Centodieci 2019 yang sudah diperlihatkan berhubungan dengan kemampuannya memberikan pengendaraan kelas atas bagi pengemudinya.

Spion samping serta pembersih kaca depan terbuat dari serat karbon. Membantu Centodieci untuk memiliki rasio power-to-weight 1,13 kilogram per tenaga kuda yang luar biasa. Dengan tubuh ramping dan pengurangan berat, mobil ini menghasilkan lebih dari 90 kg downforce, menghasilkan tingkat percepatan lateral yang sama dengan hypercar Bugatti Divo. Diffuser belakang serta sayap permanen di belakang dapat disesuaikan untuk menghasilkan sudut kemiringan yang sempurna untuk setiap kecepatan.

 

SISTEM OPERASI BUGATTI CENTODIECI 2019

Centodieci sukses menjadi Bugatti dengan percepatan terkencang dari semua model Bugatti saat ini. Mesin W-16 quad-turbo 8.0 liter memberikan keluaran tenaga 1.577 tenaga kuda. Tenaga tersebut tentu lebih besar dibandingkan Chiron yang menawarkan 1.478 daya kuda. Tenaga yang besar dipadukan dengan bobot yang lebih ringan 20 kg dibandingkan Chiron membuat Centodieci mampu mengklaim percepatan 0-100 hanya dalam waktu 2.4 detik saja.  Bugatti Centodieci 2019 mampu berakselerasi dari 0 hingga 300 km/jam dalam waktu 13,1 detik, lebih cepat 0.5 detik dibandingkan Chiron.

Kecepatan Bugatti Centiodeci ini dibatasi secara elektronik. Hal ini menandakan bahwa sebenarnya mobil ini masih bisa melaju lebih kencang lagi. Meskipun begitu, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan 380 km/jam, atau 40 km/jam lebih pelan dibandingkan kecepatan tertinggi milik Bugatti Chiron. Meskipun begitu, Bugatti Centodieci lebih cepat dan memiliki 100 tenaga kuda lebih banyak dibandingkan La Voiture Noire yang bernilai USD 18,7 juta (Rp265 miliar).

Bugatti mengumumkan bahwa model khusus ini hanya dibuat 10 unit di seluruh dunia. Dan untuk mendapatkannya, konsumen sepertinya harus merogoh kocek sangat dalam. Bugatti Centodieci 2019 dibanderol‎ dengan harga 9 juta poundsterling atau setara dengan sekitar Rp155 miliar.

SAMPAIKAN KOMENTAR