Restorasi Tunggu 80 Tahun, Ini Jadinya Beetle Milik Porsche Sekarang
10
Apr
0 Comment Share Likes 201 View

Ferdinand Porsche bisa dibilang sebagai nama yang paling dikenal di dunia otomotif. Bukan hanya lantaran sebagai produsen mobil populer, Porsche juga sangat berhubungan erat dengan salah satu mobil terpopuler lainnya, VW Beetle. Ya, Porsche sejatinya adalah sang pembuat Beetle.

Belakangan ini, bersumber dari Carbuzz, muncul salah satu prototipe Beetle paling awal yang saat itu hanya dibuat sebanyak 14 unit. Beetle ini agak berbeda dengan yang dijual di pasaran. Di sektor dapur pacu menggunakan mesin khusus dan sering dikendarai oleh Porsche bersama anaknya. Bersama-sama, mobil ini selalu digunakan untuk keperluan mobilitas antara markas besar mereka di Zuffenhausen (pabrik yang dibangun di Wolfsburg) ke ibu kota Berlin.

Singkat cerita, selang 80 tahun kemudian VW Beetle ini direstorasi total.

Dikenal sebagai VW 39, Beetle ini dibenamkan mesin yang mampu hasilkan tenaga lebih tinggi. Kabar lain menyebutkan bahwa Beetle ini sengaja dibuat untuk ajang balap Berlin - Roma. Mesin di kap belakang dikatakan mampu mencapai daya sebesar 32 HP. Daya tersebut mampu mendorong ke top speed hingga 144 km/jam menyusuri jalan raya Autobahn yang saat itu sedang dibangun. Performa ini pun jelas bukan hasil buruk pada zamannya.

Misi lain dari dibuatnya VW 39 ini juga sebagai model eksperimen dengan metode konstruksi mesin stamping body dan menampilkan jendela belakang split yang kemudian disebut Pretzel Beetle. Selama perang terjadi, VW 39 ini sempat menghilang dan diselamatkan dalam keadaan rusak pada tahun 1948 oleh seorang kolektor di Hamburg.

Hingga akhirnya pada 5 tahun lalu tepatnya pada tahun 2014, museum prototipe di Hamburg mengakuisisi dan merestorasi total. Restorasi tersebut disebut sangat detail mulai dari membuat suku cadang asli dari awal, hingga mengganti warnanya dari abu-abu menjadi Nitro Black seperti warna awalnya dari pabrik.

SAMPAIKAN KOMENTAR