Restorasi BMW Tua di Diler Resmi, Bisa Kok
28
Oct
2019
0 Comment Share Likes 1343 View

Tidak hanya menjual mobil saja, diler BMW Astra Cilandak juga melayani konsumen yang ingin merestorasi mobil BMW lama supaya tampil baru dan terlihat lebih segar. Tidak sedikit konsumen yang mempercayakan BMW Astra Cilandak sebagai tempat untuk merestorasi mobil pribadinya. Umumnya konsumen yang datang untuk melakukan restorasi berasal dari kalangan kolektor hingga penghobi mobil BMW.

BMW Astra Cilandak menerima semua tipe mobil BMW lama yang hendak direstorasi. Pihaknya juga tidak menentukan batasan umur kendaraan. Lantas berapa kira-kira biaya termurah dan termahal untuk restorasi satu unit mobil BMW? Aftersales Manager BMW Astra Budi Kurniawan menjawab murah atau mahalnya biaya restorasi kembali lagi kepada spare part yang akan digunakan. Ada konsumen yang ingin menggunakan spare part orisinal, tapi tidak sedikit pula yang ingin customize.



“Tergantung dari bahan (material) maunya sampai mana. Misalkan custom body paling tidak biaya yang dibutuhkan sekira Rp20 juta sampai Rp30 juta. Kalau paling mahal itu yang menggunakan spare part orisinal, benar-benar membangun detail secara orisinal. Nah, itu harganya agak tinggi. Terakhir kami pernah ada konsumen yang begitu, biaya yang dihabiskan sekira Rp350 jutaan,” ungkap Budi di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Begitu juga dengan waktu pengerjaan, menurut Budi pihaknya tidak bisa menentukan kapan selesai atau berapa lama pengerjaan, sebab semua itu balik lagi ke ketersediaan material sesuai permintaan konsumen. “Tergantung bahan (material), waktu itu kami mendapat konsumen yang ingin merestorasi mobilnya tidak terlalu banyak yang dikerjakan. Saat itu selesai tiga bulan itu yang cepat, ada juga pengerjaannya sampai enam bulan, bahkan bahkan ada yang sampai 2 tahun baru selesai mobilnya,” terang Budi.

 



Meski merestorasi mobil BMW lama di bengkel resmi, bukan berarti tanpa kendala. Menurut Budi dalam merestorasi mobil BMW lama ada saja kendala yang ditemukan, paling sering itu soal spare part. “Biasannya memang ke spare part. Misalnya plafon mobil, seandainya spare part itu sudah tidak bisa dibuat atau diperbaiki maka mau tidak mau harus diganti. Pernah juga kami mendapatkan mobil yang kaliper remnya harus diganti, tapi berhubung barangnya sudah tidak ada jadi kami coba untuk membuatnya sampai benar-benar sesuai dengan kondisi aslinya,” tutur Budi.

Restorasi mobil BMW lama di BMW Astra Cilandak tidak perlu khawatir terutama soal spare part. Sebab diler mobil Jerman itu akan menyediakan spare part yang diperlukan untuk mobil yang tengah menjalani pemugaran. “Spare part semua ready selama ada nomor serinya dan untuk ketersedian kami punya sistem yang terkoneksi ke BMW Classic Center kalau ada sedikit kebingungan soal spare part kami akan menanyakan ke sana. Mereka akan memberitahu di mana mendapatkan spare part yang kami inginkan, misalkan ada di Thailand, kami juga pernah menanyakan plafon mobil ternyata ada di Thailand,” kata Budi.

 



Ditambahkan Budi, BMW memiliki dua stok area untuk spare part yaitu Jerman dan Malaysia. Bisa dibayangkan jika spare part ada di Malaysia kemungkinan untuk sampai di Indonesia bisa lebih cepat ketimbang dari Jerman. “Kalau posisi spare part-nya di Malaysia paling tidak dua minggu sudah bisa kami dapat. Tapi kalau dari Jerman tentu bisa lebih lama, karena mereka membuat terlebih dahulu,” pungkas Budi.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR