Respect, McLaren Modifikasi P1 GTR Untuk Ayrton Senna
12
Jan
0 Comment Share Likes 206 View

Tidak ada habisnya pihak McLaren memberikan penghargaan kepada pebalap legendaris mereka, Ayrton Senna. Kini sudah 30 tahun lewat semenjak gelar pertama Senna. Demi mengingat momen tersebut McLaren mencoba memodifikasi mobil sport P1 GTR menjadi semirip mungkin dengan unit balap F1 Senna.

Modifikasi dilaksanakan oleh McLaren Special Operation s (MSO). Hanya saja, unit modifikasi ini bukan untuk dijual melainkan memang inisiasi salah seorang kolektor P1 GTR. Sang pemilik disebut perlu waktu 3 tahun untuk menuntaskan hasratnya memberi penghormatan kepada sang mendiang Senna.

Detail luar ini bisa dilihat dari corak McLaren MP4/4 yang diaplikasikan ke P1 GTR. Bagian sisi hanya dibubuhi tag "Senna Driven to Perfection" dan bendera Brasil. Tidak ketinggalan juga angka keramat, Senna ykni 12 tertera di moncongnya.

Masuk ke dalam kabin, tampak jelas emblem yang sama ”Driven to Perfection”. Tag ini bertujuan sebagai pembeda dengan P1 GTR biasa. Nama Senna juga diletakan secara jelas di head rest jok model balapnya. MonoCage berbahan serat karbon dituliskan quote Senna paling terkenal, ‘I’m not designed to finished 2nd or 3rd… I am designed to win.’

Sayangnya tidak disebutkan detail mesinnya, entah mengalami modifikasi atau tidak. Pastinya, disebutkan bahwa tenaga P1 GTR ini mampu menyemburkan tenaga hingga 986 hp dari mesin V8 3,8-liter twin-turbo dan motor listrik (hybrid). Angka tersebut artinya lebih besar 83 hp dibandingkan McLaren P1 biasa.

Tidak hanya berubah warna, sektor body juga dipenuhi paket aerodinamika yang didesain ulang. Misalnya splitter depan yang diperlebar dan mendapat tambahan sayap kecil baru. Air flow juga diklaim lebih lancar dengan kelopak dan sirip di samping. Di bagian belakang juga mendapat ubahan pada bidang datar spoilernya. Alhasil, downforce meningkat dari 600 kg menjadi 800 kg.

Keunikan lainnya adalah P1 GTR ini menjadi unit ke-12 juga, dari 58 unit yang cuma dibuat MSO. Sebagai informasi, P1 GTR bukan seperti McLaren P1 biasanya. Mobil ini adalah varian khusus untuk sirkuit balapan. P1 GTR dibuat sangat terbatas untuk merayakan 20 tahun McLaren F1 yang menjuarai Le Mans 24 Hours pada tahun 1995 silam. Dengan paket aerodinamika ekstrem dan sayap superlebar harganya bisa mencapai $2,4 juta (Rp 34,8 miliar).

SAMPAIKAN KOMENTAR