Rem Mobil berdecit, mungkin Ini Penyebabnya
14
Mar
0 Comment Share Likes 44 View

Bagi beberapa orang mungkin mendengarkan suara rem yang berisik, terasa biasa saja. Tapi bagi beberapa pemilik mobil yang lain, rem mobil yang berisik, baik berdecit maupun mengeluarkan suara melengking tentu hal tersebut akan sangat mengganggu kenyamanan terutama ketika sedang berkendara.

Ketika muncul suara decitan ketika rem mobil kita bekerja umumnya kita langsung mengira jika kanvas rem mobil kita mulai habis. Dan tentu kita akan langsung melakukan penggantian pada kanvas rem mobil kita agar suara tersebut hilang.

Nah jika muncul suara decitan terutama ketika kita menginjak rem mobil kita adalah cari penyebab suara tersebut. Umumnya, suara tersebut bukan dari kanvas rem yang mulai habis. Kalau rem mobil mulai habis umumnya akan muncul suara gesekan besi.

Nah suara decitan tersebut umumnya muncul karena rem mobil kesayangan kalian mulai kotor. Ya, piranti pengereman pada mobil tak menutup kemungkinan tertempel kotoran. Kotoran tersebut bisa saja muncul dari debu gesekan antara kanvas rem dengan piringan rem.

Tapi rem mobil yang kotor bisa juga disebabkan karena jalanan yang Anda lalui basah dan juga berlumpur lantaran terguyur hujan. Hal itu akan membuat kotoran yang menempel pada rem menjadi keras, dan hal itu akan menimbulkan bunyi berdecit ketika Anda menekan kampas rem mobil ditambah jika terdapat kotoran menumuk dari gram kanvas rem yang bergesekan dengan piringan atau tromol.

Untuk mengatasi system pengereman yang kotor kita bisa dengan membawa mobil kesayangan kita ke tempat pencucian mobil dan tunggu hingga kering. Cara lainnya Anda dapat membersihkan sendiri kampas rem tersebut di rumah. Caranya cukup mudah yaitu gunakan cairan khusus yang untuk membersihkan bagian kampas rem mobil. Namun akan lebih baik dan maksimal jika anda membawanya ke bengkel, karena di bengkel sistem pengereman mobil Anda akan dibongkar kemudian dibersihkan seluruh bagiannya.

Penyebab lain dari munculnya suara decitan dari rem kita adalah karena system rem yang macet. Karena, piston rem yang sudah tidak bisa bergerak dengan baik dan juga mengalami kerusakan. Hasilnya, ketika rem diinjak kanvas rem tidak bisa menginjak dengan sempurna. Atau ketika pedal rem dilepas, mobil masih terasa sedikit berat dan mengeluarkan suara yang berasa dari rem, karena piston rem tersebut tidak berbalik ke posisi sebelumnya.

Jika sudah bunyi rem mobil disebabkan oleh sistem rem yang macet, tips atasi bunyi tersebut adalah dengan mengganti karet piston rem atau bisa dengan membersihkan bagian permukaan piston rem pada mobil anda.

Nah jika decitan mobil pada mobil anda muncul karena kanvas rem mulai habis, kita bisa melakukan penggantian. Balik lagi, bunyi decitan ketika kita mengerem bukan hanya terjadi lantaran kanvas rem sudah habis tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain.

Untuk itu, ada baiknya kita terus melakukan pengecekan terhadap system pengereman kita. Pengecekan tersebut tidak serta merta hanya untuk menghindari munculnya suara decitan saja, tapi juga agar mobil kita dapat berhenti dengan maksimal.

Ya, system pengereman adalah sebuah system pada sebuah mobil yang sangat vital. Bagaimana tidak, system inilah yang membuat laju mobil kita dari cepat berubah menjadi lambat. Bayangkan jika system pengereman kita tidak bekerja secara maksimal. Banyak hal yang akan terjadi termasuk hal terburuk adalah terjadinya kecelakaan. Untuk itu pengecekan system pengereman mulai dari kondisi kanvas, piston rem hingga minyak rem pun harus terus diperhatikan.

SAMPAIKAN KOMENTAR