Rekor Dunia Untuk Drift Tercepat, Siapakah Pemegang Rekornya?
07
Nov
2019
0 Comment Share Likes 200 View

Mungkin belum semua mengetahui bahwa ada catatan rekor dunia untuk perihal drifting. Siapa yang menyangka upaya bahwa rekor dunia untuk drifting tercepat sudah dilakukan beberapa kali. Dan untuk pemegang Guinnest World Record untuk Fastest Drift terakhir dan masih bertahan untuk saat ini diraih oleh Nissan dengan Nissan GT-R Nismo.

Momen bersejarah tersebut berlangsung di 2016, berlokasi di Fujairah International Airport, Uni Emirat Arab. Ditangani oleh pihak Nissan Middle East, kendaraan yang digunakan untuk memecahkan rekor dunia adalah sebuah Nissan GT-R khusus yang sudah di tune dan di modifikasi oleh para spesialis dari Nismo dan GReddy untuk memperoleh kelincahan dan stabilitas yang diperlukan. Hasilnya tenaga sebesar 1.380HP berhasil disalurkan ke roda belakang untuk menciptakan putaran secepat mungkin di kedua roda.

Mobil yang ganas membutuhkan pengemudi yang berani, disitulah peran Masato Kawabata, seorang juara D1 Japan. Melakukan drift di kecepatan yang sangat tinggi tentu sangat berbahaya. Karena itu drifter berpengalaman seperti Masato dibutuhkan untuk memenuhi kriteria sudut drift 30 derajat. Sebagai catatan, rekor kecepatan yang harus dipecahkan adalah 217,973 Km/h yang dibuat oleh Jakub Przygonski dari Polandia.

Secara mengejutkan, Nissan dan Masato malah berhasilkan memecahkan rekor dunianya sebanyak tiga kali. Pada saat beberapa kesempatan run, Masato justru mampu mencapai angka 273,39Km/h dan 296,79Km/h sebelum akhirnya mencapai angka final 304,96Km/h. Nissan GT-R Nismo mampu melibas landasan pesawat sepanjang 3Km dalam kondisi drifting dengan sudut kemiringan sekitar 33 derajat.

Samir Cherfan, selaku Managing Director Nissan Middle East mengatakan “Sekali lagi Nissan mampu memecahkan rekor dunia Guinness dan momen bersejarah itu dibuat di Uni Emirat Arab. GT-R Nismo adalah salah satu supercar paling ikonik di dunia, dan ia selalu mampu membuktikan kemampuan dan kapabilitasnya yang luar biasa, salah satunya dapat dlihat dari demonstrasi kali ini yang mampu membuatnya mengalahkan mobil-mobil drift hebat lainnya di luar sana.”

SAMPAIKAN KOMENTAR