Rekor Bugatti Chiron Ditolak!
11
Sep
2019
0 Comment Share Likes 274 View

Masih ingat kan sama pemecahan rekor mobil tercepatnya Bugatti Chiron beberapa waktu lalu? Nah, ternyata hasil tersebut tidak diakui oleh Guinness Book of Record.

Jadi begini kabarnya. Sebelumnya, Chiron berhasil mencatatkan rekor kecepatan tertinggi di angka 304,77 mil/jam atau 490,48 km/jam di sirkuit milik VW di Jerman. Dengan hasil tersebut, mobil asal Prancis tersebut seharusnya mampu melampaui rekor top speed yang sebelumnya dipegang Koenigsegg Agera S. Supercar buatan Swedia itu menembus rekor kecepatan hingga 447,19 km/jam.

Lalu mengapa Guinness World Record Book menolak memasukkan rekor kecepatan Bugatti Chiron?

Seperti yang dilansir Motor1, penolakan itu ada kaitannya dengan spesifikasi Bugatti. Guinness Book of Record mengatakan bahwa, rekor kecepatan akan diterima kalau mobil melaju dua kali di trek yang sama tapi dari arah berlawanan. Pengulangan trek berlawanan itu pun harus dilaksanakan kurang dari satu jam dari percobaan pertama.

Mendengar kabar tersebut, Bugatti pun angkat bicara. Pihak produsen mengatakan, bahwa mereka tidak mengendarai Chiron dua kali ke arah berlawanan lantaran alasan keselamatan. Jika itu dipaksakan, ban Chiron bisa overheating lantaran permukaan jalan yang tidak cukup mulus.

Ya, berdasarkan pernyataan tersebut, tentu saja semakin menguatkan predikat Koenigsegg Agera RS sebagai pemegang rekor mobil tercepat di dunia.

Lebih dari itu, kabarnya metode pencatatan kecepatan pun jadi persoalan menarik. Menurut para ahli, lokasi tes bisa sangat mempengaruhi kecepatan kendaraan.

Contohnya, Koenigsegg Agera RS mencapai 447 km/jam di Nevada. Tempat tersebut memiliki posisi yang lebih tinggi, di mana udara lebih tipis. Sehingga menghasilkan lebih sedikit resistansi.

Sedangkan trek Volkswagen sepanjang 20,9 km memiliki ketinggian 50 mdpl. Secara teori, Bugatti Chiron disebut bisa melaju lebih cepat 24,9 km/jam jika diuji di Nevada. Sehingga kecepatannya akan setara 514 km/jam.

SAMPAIKAN KOMENTAR