Range Rover Evoque Generasi Baru, SUV Canggih Kayak Mesin Waktu
10
Aug
2019
0 Comment Share Likes 422 View

Range Rover varian terbaru Evoque telah resmi dirilis PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) pada pekan lalu. Range Rover generasi teranyar ini merupakan Range Rover Evoque yang mewah, keren, dan canggih. SUV premium ini sudah disematkan berbagai fitur mutakhir dan keren, sampai-sampai seperti mobil masa depan. Seperti predikatnya sebagai SUV premium dan berbekal teknologi modern, Range Rover Evoque pun dibanderol dengan harga yang tinggi.

Nah, berapa harganya? PT WAE sebagai distributor resmi membanderol mobil ini dengan harga Rp1,7 miliar (off the road) untuk tipe standar dan Rp1,9 miliar (off the road) untuk tipe tertinggi.

Sebagai generasi baru dari Range Rover tentu ada perbedaan dengan generasi sebelumnya, meskipun sekilas tidak ada yang berubah. Nah, untuk lebih detailnya, simak beberapa ulasan terkait desain eksterior, interior, fitur, hingga spesifikasi mesin Range Rover Evoque berikut ini. Check this out!

Desain Eksterior

Kita awali dari desain luaran dulu alias eksteriornya. Kalau dilihat tampangnya, Range Rover Evoque sangat mampu menghipnotis khalayak yang melihatnya melintas sekalipun cuma sekilas. Evoque secara sekejap bisa memberikan intimidasi yang cukup besar kepada mobil-mobil lain yang hendak melintas. Betapa tidak, satu kata untuk desain Range Rover Evoque: keren!

Di bagian depan, terdapat lampu utama yang sudah mengadopsi LED DRL. Bumper di bagian bawah yang jadi pembeda dengan generasi sebelumnya juga terdapat lubang baik di sebelah kanan dan kirinya. Di bagian grilnya pun menggunakan desain model heksagonal dengan adanya logo Land Rover di sebelah kanan. Tepat di bagian tengah bumper depan terdapat 3 buah sensor yang dapat memberikan informasi soal jarak. Berlanjut ke bagian kap mesin terdapat lubang pembuangan angin yang bisa membuang udara panas mesin.

Melihat mobil ini dari samping, sesuatu yang unik pun tampak di sana. Apa itu? Saat pintu tertutup dan terkunci, handle masing-masing pintu hampir tidak terlihat sama sekali karena benar-benar menyatu ke dalam panel pintu. Pada pilar C, warna yang digunakan adalah warna hitam sehingga memberikan kesan bahwa mobil ini memiliki desain floating roof.

Lanjut ke bagian ban dan pelek. Range Rover Evoque baru ini dibekali pelek berukuran 20 inci yang dibalut oleh ban berukuran 235/50. Merambah ke bagian penopangnya ada suspensi depan MacPherson Strut dengan teknologi Hydrobush dan suspensi belakang memakai Integral Link Damper Adaptive Dynamics. Berkat kolaborasi suspensi tersebut, ground clearance pun terdongkrak hingga 212 mm. Ini jelas cukup tinggi untuk sekadar melibas jalanan rusak berlubang. Kendati memiliki kaki-kaki yang cukup besar, pengeremannya pun tak perlu diragukan lagi. Range Rover Evoque punya rem cakram berventilasi dengan ukuran 349 mm di depan. Sedangkan di belakang memakai cakram berukuran 300 mm.

Bicara soal desain eksterior, Range Rover Evoque punya fitur Clear Sight Rear View Mirror. Jadi fitur ini untuk Translight Video pada spion tengah berukuran 9,5 inci dengan resolusi 1.600 x 320 pixel dengan 60 frame per second (fps). Kamera ini terpasang di bagian atap belakang yang mampu memberikan pandangan luar saat mobil hendak mundur. Fitur ini adalah yang pertama disematkan di Jaguar Land Rover, loh...

Desain Interior

Jangan kaget saat masuk kabin Range Rover Evoque ini lantaran Mas Bro seakan dibawa kabur mesin waktu ke masa depan. Ya, mobil ini punya desain interior yang sangat mewah dan canggih.

Pertama, kesan futuristik didapat dari layar instrumen di bagian tengah. Kenapa? karena layar instrumen ini bisa naik-turun saat diaktifkan. Panel instrumen juga menampilkan informasi digital yang sangat sarat kemewahan. Balik lagi ke bagian tengah, di bawah layar konsol tengah tersemat layar sentuh pengaturan. Ukurannya besar, mewah dan canggih. Benar-benar serasa di rocket launcher; push then fly to the moon!

Belum sampai di situ 'keanehan' interior Range Rover ini. Di bagian setir juga terdapat tombol pengaturan yang dapat disentuh. Jika di bagian setir biasanya terbuat dari bahan karet, bedanya ini terbuat dari bahan piano black.

Gila! Mungkin kata canggih belum cukup untuk menggambarkan interior mobil ini.

Fitur

Layaknya mobil mahal, fiturnya pun pasti berlimpah ruah. Range Rover Evoque memiliki fitur utama yang merupakan andalan pabrikan asal Inggris ini, Matrix LED Headlight. Fitur ini bisa memberikan penyinaran dari lampu utama secara maksimal di saat malam hari. Selain itu, penyinaran yang dihasilkan bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan tanpa harus membuat pengendara lain menjadi silau. Mobil akan menyesuaikan jarak pandang dengan mobil di depannya tanpa menyilaukan pengendara di depan.

Berpindah ke bagian Head Unit, mobil ini punya Head Unit yang sangat keren dan canggih. Jika dinyalakan, Head Unit akan keluar naik ke atas. Lalu saat dimatikan Head Unit-nya akan masuk ke dalam rata dengan bagian dasbor. Head Unit layar sentuh ini dibekali dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari Bluetooth, WiFi, peta, hingga berbagai pengaturan. Sistem ini menggabungkan dua layar sentuh beresolusi tinggi (High Definition/HD) berukuran 10 inci.

Posisinya berada di konsol tengah. Layar panel instrumen 12,3 inci di belakang lingkar kemudi. Jok yang ada di dalam Range Rover Evoque ini juga tergolong punya desain yang oke. Desain jok dibuat lebih nyaman dengan potongan yang modern. Tuas dan tombol di kabin didesain ergonomis dan mudah dioperasikan. Hal itu memungkinkan pengemudi mengendalikan berbagai teknologi melalui Touch Pro Duo. Dudukan tablet Click & Go dengan kemampuan pengisian daya, hotspot WiFi 4G, dan enam slot USB yang terdapat di seluruh kabin. Ada juga koneksi gawai hingga Head Up Display yang menjadi fitur standar mobil ini.

Ambient Light di bagian kabin juga bisa dipilih warnanya. Jadi ketika bosan, tinggal ganti aja deh warna-warna di dalam mobil.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan Range Rover Evoque juga tidak kalah banyak. Nih, kita sebutin ya: Low Traction Control, Hill Descent Control, Gradient Release Control, Advanced Tow Assist, Wade Sensing, Emergency Braking, Lane Keeping Assist, Parking Sensor, dan Rear Camera. Selain itu ada juga Park Assist, 360 Parking Aid, Rear Traffic Monitor dan Clear Exit Monitor. Masih belum tuntas sampai disitu, SUV ini juga punya Panoramic Roof ekstra besar dan Powered Gesture Tailgate.

Mesin

Range Rover dibekali dengan mesin berkapasitas 1.999 cc, 4 silinder, turbo. Mesin ini mampu semburkan daya hingga 245 hp dan torsi maksimal hingga 365 Nm. Transmisi otomatis 9 percepatan pun disandingkan dengan model torque converter. Kendati didesain untuk mampu menjelajah ke area yang sangat jauh nan ekstrem, mobil ini punya tangki bahan bakar yang besar, yakni hingga 67 liter.

Layaknya mobil off-road, kemampuan traksi Range Rover Evoque ini juga sangat tinggi. Kemampuan tersebut tak lain berkat konfigurasi roda penggerak All Wheel Drive (AWD).

Nah, itu tadi ulasan dari beberapa segmen Range Rover Evoque keluaran generasi terbaru. Masih ragu sama kemampuannya? Coba saja langsung. Atau, kalau mampu, ya langsung beli.

SAMPAIKAN KOMENTAR