Profil Rumah Modifikasi Spoon Sport, Hondaisme Masuk!
21
Nov
2019
0 Comment Share Likes 263 View

Penggemar Honda, berkumpullah!

Kalau bicara rumah modifikator di Jepang seperti tidak ada habisnya. Kultur otomotif yang kuat dan menjadi salah satu kiblat perkembangan otomotif di dunia, Jepang mampu menghadirkan kehidupan ideal para car enthusiast. Apalagi untuk para penggila modifikasi.

Setelah banyak membahas tentang rumah modifikasi di Jepang mulai dari master of rotary RE-Amemiya, Top Secret, Rocky Auto, Tec-Art's,  RWB (RAUH-Welt BEGRIFF), TRA Kyoto Rocket Bunny, hingga Liberty Walk dan masih banyak lagi. Kini bahasan mulai menarik lantaran rumah modifikasi satu ini bisa dibilang khusus untuk para loyalis merek Honda. Ya, tidak mengherankan ya, lantaran memiliki jejeran produk terbaik dan menjadi salah satu pionir perkembangan industri otomotif, raksasa Jepang ini punya loyalis yang cukup kuat. Malah kabarnya tidak hanya di Negeri Sakura melainkan di seluruh dunia pasti ada. Termasuk Indonesia juga, Bro!

Tanpa panjang lebar cerita tentang kultur otomotif di Jepang, lebih baik yuk kita fokus ke ulasan berikut ini, yaitu Spoon Sport.

Check this out, Bro

Spoon Sport, Memanggil para Hondaisme!

Nama Spoon Sport sebenarnya sudah tidak asing lagi. Beberapa di antaranya kadang menjadi tidak asing lantaran sering kita lihat dalam bentuk stiker yang menghiasi Honda Jazz atau Civic. Cara yang unik dalam mengenal Spoon Sport

Perusahaan modifikasi mobil ini sendiri didirikan oleh Ichishima Tatsuru. Pendirian bengkel dilakukan ketika ia berusia 33 tahun. Wujud kecintaannya pada Honda dimulai saat dirinya bekerja menjadi supir penguji untuk mobil-mobil Honda. Sejarahnya, mobil pertama yang ditangani dan menjadi karya Spoon adalah Civic gen-3 dengan mesin ZC. Spoon memodifikasi suspensi, bobot tubuh, transmisi dan mesin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 230 hp lighweight civic dengan transmisi close ratio. Hatchback tersebut menjadi salah satu yang tergesit dan menyenangkan untuk dikendarai. Dari situ, nama Spoon Sport mulai menanjak, Bro.

Pada tahun 1988, Spoon berpartisipasi dalam Kejuaraan Grand Touring Car seluruh Jepang. Di ajang tersebut Spoon Sport rupanya mendapat tanggapan positif dari berbagai tim. Bayangkan saja, Honda sendiri ketika itu tidak ikut dalam ajang kejuaraan bergengsi, tapi Spoon melakukannya. Minder kali, ya?

Melihat kegigihan dan kenekatan Spoon, Honda pun kepincut dan kemudian menawarkan kolaborasi dalam bentuk menyediakan suku cadang (sponsorship) dengan imbalan berupa data mobil terkait balapan guna dijadikan penelitian. Kolaborasi ini berlanjut hingga akhirnya Honda dan Spoon menjadi sebuah kemitraan resmi.

Karya-karya Spoon, baik modifikasi mobil dan bagian aftermarket, telah diuji dalam berbagai kejuaraan balap profesional. Mereka juga sering menguji mobil mereka yang memiliki warna khas biru dan kuning di trek terkenal seperti Makau, Tsukuba, dan bahkan Nurburgring.

Modifikator Mobil Honda menjadi Unit Balap yang Galak

Saat Honda membuat mobil legendaris JDM, Civic EK9 Type R dan memenangkan berbagai penghargaan dari dunia otomotif, Spoon merasa 'panas'. Mereka yang telah lama dikenal sebagai modifikator mobil balap Honda merasa tertantang untuk membuatnya lebih mencengangkan. Civic EK9 Type R kemudian diubah dan dimodifikasi seluruhnya. Hasilnya, Honda Civic EK9 Type R ala Spoon Sport mampu menyemburkan tenaga hingga 260 hp pada 11.000 RPM dengan berat 900 kg!

Hingga pada tahun 2001, Spoon mendirikan toko atau bengkel tuning bernama Type-One. Bengkel atau workshop ini sendiri memang cukup emosional lantaran merupakan visi Ichishima tentang bagaimana modifikasi mobil seharusnya dilakukan.

Type-One menyediakan servis modifikasi mobil profesional Honda dengan perhitungan teknik yang tepat dan matang. Jadi itu bukan cuma sekadar tempel-tempel sparepart performa saja, tapi semuanya dihitung dan dimodifikasi dengan sangat hati-hati. Hal ini, sekali lagi, sesuai dengan visi terbaik Ichishima untuk mencapai spesifikasi mobil balap Honda yang sangat optimal.

Ichishima pun berpendapat kalau Spoon bukan hanya sparepart performa asal pasang saja, melainkan sudah melewati pertimbangan apakah part ini bisa berjalan dengan baik hingga menigkatkan performa standar mobil. Selain itu Spoon memiliki slogan “nyaman dan menyenangkan, saat melaju sangat cepat”.

Produk-produk Spoon sendiri meliputi berbagai macam parts mulai dari eksterior, interior, mesin, dan sebagainya. Misalnya saja, pelek, muffler, big brake kit, VTEC Controller, shift knob, steering wheel, bahkan wiper dan masih banyak lagi. Kesemua parts tersebut tentunya hanya untuk mobil-mobil besutan Honda saja, ya. Seperti Honda Civic Type R, Civic Turbo, CRZ, Fit/Jazz, NSX, Integra, S2000, hingga S660.

Beberapa prestasi yang diraih oleh Spoon antara lain menjadi juara 3 pada Macau GP pada tahun 1990, dengan mobil Honda NSX. Lalu memenangkan balap 24 jam British Snetthertondengan mobil Honda Civic EF3, dan ada Honda S2000 yang memenangi balap 24 jam di Nurburgring, Jerman tahun 2000, serta masih banyak lagi.

 

Punya Honda dan mau dimodifikasi serta punya kualitas terjamin? Bawa ke Tipe-One. Tapi jauh, sih... di Jepang, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR