Posisi Monitor Mobil Yang Wajib Diketahui

Posisi Monitor Mobil Yang Wajib Diketahui

30Mar
INTERSPORT.ID ON 30 March 2018
INTERSPORT.ID ON 30 Mar 2018

Jalanan yang sering macet membuat penumpang mobil memerlukan perangkat hiburan di dalam mobil yang bisa menemani sepanjang perjalanan. Jika dulunya perangkat hiburan di mobil biasanya hanya berwujud radio, sekarang teknologi tersebut sudah makin maju mengikuti perkembangan zaman. Awalnya radio tersebut bisa memutar lagu dari kaset, lalu merambah ke ranah VCD dan DVD, hingga saat ini kebanyakan memiliki konetivitas dengan perangkat penyimpanan data lain seperti SD card, flashdisk, iPod, dan ponsel.

Namun ternyata hal tersebut tak lantas membuat puas. Kebutuhan akan hiburan yang sifatnya visual juga semakin berkembang. Tak hanya perangkat kecil berupa radio yang biasa dipasangkan pada single din head unit, kini, perangkat berupa monitor juga bisa ditanamkan ke dalam mobil dan yang jelas mampu memberi kepuasan hiburan yang lebih pada penghuni mobil.

Dengan perangkat berupa monitor, hiburan seperti menonton TV, menonton film, melihat video klip lagu, dan sebagainya menjadi mungkin dilakukan sepanjang perjalanan. Hal ini tentu lebih bermanfaat lagi bagi pemilik mobil yang mengajak anak selama perjalanan. Agar anak tidak rewel, video-video film atau lagu kesukaan anak bisa ditonton sepanjang terjebak macet atau sepanjang perjalanan jauh.

Namun fungsi monitor tak hanya bisa menjadi sumber hiburan saja. Monitor yang dipasang di layar mobil bisa memiliki kegunaan yang lebih fungsional untuk kendaraan tersebut. Jika mobil dilengkapi dengan kamera belakang untuk membantu pengemudi yang akan parkir mundur, layar monitor ini yang akan menunjukkan gambar bagian belakang mobil sehingga menghindari resiko menabrak.

Selain itu, GPS juga bisa ditanamkan dalam monitor ini agar membantu pengemudi menemukan jalan menuju lokasi yang diharapkan. Dengan adanya GPS, resiko mengalami salah jalan pun bisa diminimalisir. Jalan yang ditampilkan pada layar bisa menjadi panduan bagi pengemudi mobil tersebut.

Tapi, memasang monitor mobil tak boleh sembarangan. Ada faktor keselamatan dan kenyamanan yang harus dipertimbangkan mengingat ukurannya yang tak bisa dibilang kecil ini bisa mengganggu pandangan pengemudi maupun merusak konsentrasi pengemudi mobil sepanjang perjalanan. Lalu, dimana saja kah monitor pada mobil dapat dipasang?

Monitor mobil bisa dipasang di head unit mobil. Yang perlu diingat ketika akan memasang monitor di head unit adalah head unit harus memiliki tipe double din agar ukuran monitor bisa pas. Monitor seperti ini bisa digunakan untuk display TV, video, dan juga display untuk kamera parkir mundur serta GPS.

Selain itu, monitor juga bisa dipasang di spion TV, yaitu dipasang di dekat spion depan tengah pengemudi. Namun pemasangan monitor disini bisa mengganggu pengemudi ketika akan melihat spion dan merusak konsentrasi ketika mengemudi karena video yang ditayangkan.

Monitor juga bisa dipasang hanya untuk penumpang saja. Posisinya biasanya berada di langit-langit mobil bagian tengah. Bentuknya lipatan sehingga jika tidak sedang digunakan bisa dilipat masuk dan jika akan ditonton bisa dikeluarkan kembali. Monitor tipe ini tujuan dan fungsinya memang hanya untuk hiburan semata. Tapi, karena tidak mengganggu pengemudi, monitor yang seperti ini lebih aman sepanjang perjalanan.

Model lain juga bisa dipasang di headrest jok mobil. Hal ini memungkinan penumpang juga bisa melihat hiburan dengan lebih leluasa. Pengemudi juga tidak terganggu oleh keberadaan monitor seperti ini. Sayangnya, dengan keberadaan monitor seperti ini, monitor ini tidak bisa disambungkan dengan kamera belakang mobil dan GPS.

Dimanapun monitor dipasang, pasti memiliki dampak baik dan buruk. Yang pasti, faktor keselamatan juga harus menjadi pertimbangan utama menentukan posisi monitor dalam mobil.

Image source: https://www.cars.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN