Porsche Cayenne Vs Range Rover Sport
13
Sep
2019
0 Comment Share Likes 233 View

Jika kita bicara soal pasar mobil SUV, rasanya ada banyak sekali pilihan mobil yang tersedia di pasar SUV saat ini. Model, desain, harga, dan mereknya pun beragam. Lalu jika melihat segmen SUV mewah, tentu ada beberapa merek yang langsung muncul di benak kita. Dua merek yang persaingannya paling sengit di pasar SUV belakangan ini tak lain adalah Porsche Cayenne dan Land Rover Range Rover Sport. Kedua SUV ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi, kira-kira mana yang lebih unggul? Penasaran, kan? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, Bro!

 

HARGA TERBAIK : PORSCHE CAYENNE

Harga memang menjadi salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan semua orang saat akan memilih mobil untuk dibeli. Bicara soal harga, ternyata harga terbaik di antara dua mobil SUV ini dimiliki oleh mobil Porsche Cayenne. Dengan banderol kisaran harga USD 65.700 atau setara dengan sekitar 916 jutaan rupiah, Porsche Cayenne memang lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya, Land Rover Range Rover Sport yang dibanderol dengan kisaran harga USD 68.000 atau setara dengan sekitar 948 jutaan rupiah.

 

TENAGA : PORSCHE CAYENNE

Memang, mobil SUV lebih identik dengan mobil keluarga yang tidak akan dibawa berkendara dengan kecepatan tinggi. Tapi kebanyakan pengendara mobil, terlebih Pria, tetap menginginkan mobilnya untuk memiliki tenaga yang besar. Jika ditinjau dari besarnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin-mesin kedua mobil SUV ini, ternyata lagi-lagi mobil Porsche Cayenne menang telak atas pesaingnya, Land Rover Range Rover Sport. Mesin mobil Porsche Cayenne diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 335 tenaga kuda, sementara mesin mobil Land Rover Range Rover Sport hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 254 tenaga kuda saja.

 

PERFORMA : PORSCHE CAYENNE

Menurut hasil review dari test drive yang dilakukan oleh salah satu media di Amerika, dalam hal performa sekalipun, ternyata Porsche Cayenne berhasil mengungguli Land Rover Range Rover Sport. Dengan mesin enam silinder berkapasitas 3 liter saja, Porsche Cayenne sudah berhasil mendapat nilai 9,3 dari 10. Tidak heran, karena sebagai SUV yang akan sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari, Porsche memang memiliki keunggulannya tersendiri dibandingkan pesaingnya.

 

KEMAMPUAN OFF-ROAD : LAND ROVER RANGE ROVER SPORT

Ketika mendengar kata "off-road" rasanya persaingan ini menjadi tidak adil. Karena sudah pasti Land Rover Range Rover Sport akan langsung berhasil mengungguli Porsche Cayenne dalam hal ini. Kemampuan off-road alias menerjang segala medan jalanan yang dimiliki oleh Land Rover Range Rover Sport ini memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Meskipun handling Porsche Cayenne bisa dideskripsikan dengan kata "atletik", tetapi tidak bisa dipungkiri kalau Land Rover Range Rover Sport memang tangguh, baik on maupun off-road. Dengan four wheel drive system, mobil ini dapat dengan mudah berjalan di segala medan. Selain itu, mobil SUV ini juga memiliki fitur yang bisa mengukur kedalaman air yang akan dilalui. Wow!

DESAIN : LAND ROVER RANGE ROVER SPORT

Meskipun penilaian yang dilakukan harus objektif, tetapi rasanya jika kita bicara soal desain mobil, penilaian akan kembali kepada selera masing-masing. Nilai estetis memang menjadi salah satu aspek yang penting dari sebuah mobil. Setiap mobil memiliki keunikan dan sesuatu yang menarik dari desainnya masing-masing. Namun jika kita bicara soal estetika desainnya, Land Rover Range Rover Sport memang bisa dibilang layak untuk mengungguli Porsche Cayenne. Wajah depannya diberi kesan gagah dengan hadirnya honeycomb grille yang halus. Sementara itu, banyak yang sepakat kalau desain Porsche Cayenne mirip seperti Panamera yang dibuat menjadi sebuah SUV. Karena itu, masih banyak konsumen yang memperdebatkan soal hal ini.

 

AKSELERASI : PORSCHE CAYENNE

Rasanya belum lengkap jika membandingkan dua mobil yang berbeda tanpa membandingkan kemampuan akselerasinya. Kedua SUV ini juga bukan pengecualian. Meskipun kedua mobil SUV ini bukanlah kura-kura yang lambat di jalanan, dan para pengguna SUV mungkin tidak akan membutuhkan kecepatan tinggi saat berkendara di jalanan, tapi jika bicara soal akselerasinya, ternyata Porsche Cayenne berhasil mengungguli Land Rover Range Rover Sport. Porsche Cayenne memiliki catatan akselerasi mengagumkan karena mobil SUV ini bisa melesat dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,6 detik saja. Kecepatan ini tentu saja berhasil mengungguli Land Rover Range Rover Sport yang membutuhkan waktu 5,1 detik untu berakselerasi pada kecepatan yang sama.

 

KAPASITAS TOWING : LAND ROVER RANGE ROVER SPORT

Di luar drag racing, mobil-mobil SUV seperti Porsche Cayenne dan Land Rover Range Rover sport ini memang seringkali digunakan untuk towing. Towing sendiri dapat diartikan sebagai aktivitas menarik barang. Biasanya mobil-mobil SUV seringkali digunakan untuk menarik trailer atau mobil caravan yang besar. Mobil memang harus kuat untuk memiliki kapasitas towing yang besar. Dalam hal kapasitas towing ini, Land Rover Range Rover Sport menang telak atas Porsche Cayenne. Kapasitas towing dari Land Rover Range Rover Sport mencapai 7.700 lbs atau setara dengan sekitar 3.490 kg, sementara Porsche Cayenne hanya mencapai angka 1.600 lbs atau setara dengan sekitar 725 kg saja.

 

HEMAT BAHAN BAKAR : LAND ROVER RANGE ROVER SPORT

Soal bahan bakar memang menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih mobil. Ternyata lagi-lagi, dalam hal kehematan bahan bakar pun Land Rover Range Rover Sport unggul di atas Porsche Cayenne. Land Rover Range Rover Sport bisa menghabiskan 1 galon bensin untuk jarak tempuh sejauh 22 mil, sementara Porsche Cayenne hanya bisa menempuh jarak 19 mil dengan jumlah bensin yang sama.

 

KEANDALAN : PORSCHE CAYENNE

Keandalan mobil memang tidak terlalu banyak diperhatikan dan menjadi pertimbangan bagi sebagian orang saat memilih mobil, tetapi ternyata hal ini cukup berpengaruh terhadap daya tahan mobil kita. Berdasarkan hasil test drive yang dilakukan oleh salah satu media di Amerika Serikat, keandalan dari mobil Range Rover Sport hanya berhasil mencapai skor 2,5 dari 5, sementara Porsche Cayenne berhasil mengunggulinya dengan skor 3,5 dari 5.

Bagaimana, Bro? Ternyata sulit juga membandingkan kedua SUV keren ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jadi, SUV mana yang terbaik menurut Mas Bro? Baik Porsche Cayenne ataupun Land Rover Range Rover Sport, semuanya memang kembali lagi ke selera kita masing-masing.

SAMPAIKAN KOMENTAR