Porsche Beri Penjelasan Makna di Balik Nama Taycan
09
Oct
2019
0 Comment Share Likes 213 View

Dunia otomotif sempat dihebohkan oleh Porsche Taycan, mobil sport pertama dari Porsche yang menggunakan  motor listrik sepenuhnya. Taycan pertama diperkenalkan oleh Porsche pada tahun 2015, namun baru pada 2019 lah mobil ini mulai memasuki tahap produksi. Beberapa review yang telah dilakukan menyebutkan bahwa Taycan merupakan salah satu mobil listrik terbaik yang pernah ada, baik dari segi kenyamanan dan segi performa.

Kehebohan lain yang timbul terutama bagi para penggemar otomotif indonesia adalah permasalahan nama yang ternyata memiliki kemiripan dengan salah satu nama kuliner yang sempat hype beberapa waktu lalu yaitu sate taichan. Tenyata secara tak terduga Porsche pernah merilis bagaimana cara melafalkan nama Taycan, ternyata cara pelafalannya bukan “Taichan” melainkan “Tay-Kaan”.

Melanjutkan pembahasan mengenai nama Taycan, dilansir dari TheDrive.com, pihak Porsche sempat meberikan penjelasan mengenai makna dari nama Taycan.  Taycan adalah kata majemuk yang terdiri dari 2 kata yaitu “Tay” dan “Can”. “Tay” dalam bahasa Turki berarti “kuda muda yang penuh semangat”, penggambaran kuda ini bisa dikorelasikan dengan simbol kuda yang ada di logo Porsche. Simbol kuda dapat memberikan makna kekuatan, gerakan, dinamis, stamina, dan kelincahan.

Kata “Can” yang juga digunakan dalam nama Porsche Macan ternyata dalam bahasa Turki memiliki arti “jiwa”. Menurut pihak Porsche dalam dasar sebuah “jiwa” terdapat sebuah “kebebasan”, dimana makna ini sejalan dengan semangat dari brand Porsche itu sendiri. Dari arti 2 kata tersebut nama Taycan dapat diartikan dengan “jiwa seekor kuda muda yang penuh semangat”. Jika dipikirkan secara mendalam arti ini cukup dapat menggambarkan Porsche sebagai kuda muda yang dengan semangatnya itu terus berinovasi hingga kini mampu melahirkan mobil sport elektrik pertama mereka (Taycan).

Porsche menambahkan bahwa Taykan dalam bahasa jepang (Taikan) dapat diartikan “pengalaman fisik”. Ini juga sejalan dengan visi dari Porsche Taycan yang juga ingin memberi pengalaman berkendara baru kepada para pemiliknya.

Perihal kenapa pabrikan mobil asal jerman ini justru memilih bahasa turki untuk dijadikan dasar penamaan dari produknya sendiri masih belum ada jawaban yang jelas. Hanya pihak Porsche dan Tuhan yang mengatahui alasan tersebut, namun yang terpenting setidaknya nama Taycan memiliki makna bagus yang sejalan dengan visi Porsche itu sendiri.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR