Pertanyaan Yang Harus Diajukan Saat Membeli Mobil Pertama
23
Jun
0 Comment Share Likes 168 View

Membeli mobil pertama bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan bagi sebagian orang, telebih bagi sebagian orang yang belum berpengalaman atau memiliki pengetahuan tentang mobil sebelumnya. Untuk mendapatkan informasi mengenai mobil yang akan kita beli, biasanya kita akan menanyakan beberapa hal terkait mobil tersebut. Tetapi tahu nggak, Bro? Ternyata ada beberapa pertanyaan penting yang wajib sekali kita tanyakan saat pertama kali kita membeli mobil, lho. Nah, berikut ini informasinya.

  1. MOBIL MANA YANG COCOK UNTUK SAYA?

Mobil yang dipakai setiap orang tentu memiliki tujuan pemakaian yang berbeda-beda. Ada yang membeli mobil untuk digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari, dan ada pula yang ingin membeli mobil impian untuk dikoleksi. Dengan menanyakan mobil apa yang cocok untuk kita, kita akan dapat mengetahui model mobil seperti apa yang pas untuk kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita. Bahkan, kita juga bisa tahu model mobil seperti apa yang cocok untuk cuaca di tempat kita tinggal.

 

  1. APA YANG BISA SAYA DAPAT DENGAN HARGA TERSEBUT?

Ketika kita hendak membeli mobil baik yang baru maupun yang bekas, biasanya kita akan menentukan terlebih dahulu budget yang akan kita gunakan untuk membeli mobil. Agar bisa lebih menghemat uang yang akan kita keluarkan untuk membeli mobil, ada baiknya kita lebih dulu mencari informasi mengenai spesifikasi mobil yang akan kita beli. Karena biasanya, akan tersedia beberapa jenis mobil dengan spesifikasi yang mirip, tetapi memiliki harga yang cukup jauh selisihnya.

 

  1. BERAPA HARGA ASURANSI UNTUK MOBIL TERSEBUT?

Banyak orang yang belum tahu dan belum sadar jika terkadang mereka membeli mobil tanpa memperhitungkan berapa besarnya biaya asuransi yang harus dibayarkan. Mencari informasi tentang berapa biaya asuransi yang harus kita bayarkan sebelum memilih mobil impian untuk dibeli merupakan salah satu cara untuk mengurangi biaya yang tidak perlu. Dengan mengetahui biaya asuransi mobil ini, kita juga bisa memperkirakan berapa biaya yang harus kita keluarkan beberapa waktu ke depan.

 

  1. FASILITAS APA YANG DIMILIKI MOBIL TERSEBUT?

Sebelum membeli mobil incaran kita, baik mobil baru maupun mobil bekas, penting untuk mengetahui fasilitas apa yang ditawarkan oleh merek mobil tertentu. Fasilitas dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh sebuah mobil sangat berpengaruh terhadap harga jualnya. Terkadang, merek yang sudah terkenal juga mempengaruhi harga jual mobil tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli sebuah mobil, kita harus tahu betul fasilitas dan fitur apa saja yang ditawarkan oleh sebuah merek mobil dan apakah fasilitas tersebut sepadan dengan harga yang ditawarkannya. Hal ini tentu akan menghindarkan kita dari salah memilih mobil.

 

  1. BERAPA BIAYA PERBAIKAN DAN PERAWATANNYA?

Tidak hanya harga mobil dan asuransi saja yang harus kita bayarkan. Dengan membeli mobil baru, akan muncul beberapa biaya lain yang harus kita bayarkan. Beberapa di antaranya adalah biaya perawatan dan perbaikan. Biaya perawatan akan rutin dibayarkan karena tidak dapat dipungkiri, untuk menjaga keadaan mobil agar tetap prima, perawatan yang rutin adalah hal yang wajib dilakukan. Tidak hanya itu, biaya perbaikan juga harus kita bayarkan jika terjadi kerusakan pada mobil kesayangan kita. Karena hal inilah, kita sebaiknya mencari tahu berapa biaya perawatan dan perbaikan yang akan dibutuhkan oleh mobil yang kita beli, karena harganya sangat bervariasi, bergantung pada merek dan model mobil yang kita beli.

 

Halaman selanjutnya

  1. DARI MANA KENDARAAN INI BERASAL?

Mobil-mobil yang beredar di pasaran adalah mobil yang berasal dari produsen yang berbeda-beda. Selain mencari tahu produsen mobil yang ingin kita beli, kita juga sebaiknya mencari tahu darimana distribusi mobil yang akan kita beli tersebut. Dengan mengetahui asal distribusi mobil yang akan kita beli, kita akan tahu sudah berapa lama mobil tersebut disimpan di dalam dealer tersebut, berapa jarak tempuhnya, dan khusus untuk mobil bekas, kita akan dapat mengetahui riwayat perbaikan dan perawatan mobil tersebut. Tentu kita sebagai pembeli ingin mendapatkan mobil yang terbaik, kan?

 

  1. BAGAIMANA SOAL GARANSINYA?

Semua mobil dapat dipastikan untuk memiliki garansi, tetapi tidak semuanya sama rata. Beberapa mobil akan memiliki masa garansi sepuluh tahun, atau ada juga yang membatasi garansinya dengan jarak tempuh 100.000 mil. Tetapi ada juga beberapa mobil yang dijual tanpa garansi. Biasanya mobil-mobil seperti ini adalah mobil bekas atau mobil yang sudah tidak diproduksi lagi, karena akan sulit untuk mencari suku cadangnya. Sebelum membeli mobil di pasaran, ada baiknya kita juga mencari informasi tentang garansinya sebagai bahan pertimbangan.

 

  1. SEBERAPA JAUH JARAK TEMPUHNYA?

Jarak tempuh dari sebuah mobil akan bervariasi, bergantung pada jenis mobil yang kita cari. Jarak tempuh dari sebuah mobil juga bergantung dari jenis mesinnya, karena semakin besar mesinnya, maka jarak tempuhnya akan semakin pendek karena akn menghabiskan bensin lebih cepat dibandingkan dengan mobil-mobil dengan mesin yang lebih kecil. Walaupun teknologi sudah berkembang dan banyak bermunculan mesin-mesin besar yang tetap irit bensin, hal ini tetap harus menjadi salah satu pertimbangan ketika kita akan membeli mobil.

 

  1. APAKAH ADA BIAYA TAMBAHAN YANG HARUS DIBAYAR?

Terkadang, harga mobil yang kita beli bukanlah harga yang sebenarnya. Selain biaya pajak, biaya perawatan, biaya perbaikan, serta biaya asuransi yang sudah pasti harus dibayarkan, seringkali kita menemukan ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan. Biaya-biaya seperti ini biasanya baru akan muncul saat kita memulai proses pengurusan surat-surat kendaraan dan tidak kita ketahui maupun kita prediksi sebelumnya. Untuk menghindari biaya-biaya yang tidak perlu, ada baiknya kita menanyakan soal biaya tambahan ini pada orang yang sudah lebih berpengalaman.

 

  1. APA BEDANYA MOBIL TERSEBUT DENGAN MODEL SEBELUMNYA?

Walalupun kesannya sepele, tapi dengan mencari tahu perbedaan mobil incaran kita dengan model yang sebelumnya, kita akan dapat membeli mobil dengan kualitas dan performa yang tidak jauh berbeda, tetapi dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya, saat ada mobil dengan seri yang sama tetapi model yang baru diluncurkan, model lamanya akan mengalami penurunan harga yang signifikan agar tetap laku di pasaran. Jika mobil yang kita incar tidak jauh berbeda dengan model yang sebelumnya, kita bisa menghemat pengeluaran dengan memilih model sebelumnya.

Wah, ternyata lumayan banyak juga ya pertanyaan-pertanyaan penting yang harus kita ajukan sebelum membeli mobil pertama kita. Biar tidak menyesal dengan mobil yang kita beli, kita memang harus jadi konsumen yang teliti sebelum membeli mobil apapun.

1 2
SAMPAIKAN KOMENTAR