Perbedaan Mitsubishi Lancer Dengan Lancer Evolution
07
Apr
0 Comment Share Likes 433 View

Terjadi perbincangan sengit antara pemilik Mitsubishi Lancer dengan Lancer Evolution. Pasalnya banyak pemilik dari Mitsubishi Lancer yang menyebut tunggangan mereka itu adalah sebuah Lancer Evolution. Ada banyak sekali perbedaan diantara keduanya. Mari kita bedah satu per satu untuk dapat menentukan mana yang Mitsubishi Lancer biasa dengan mana yang Mitsubishi Lancer Evolution.

Mula mula kita lihat dulu awal produksi dan banyaknya generasi yang dilahirkan. Mitsubishi Lancer pertama kali lahir ke dunia di tahun 1973. Dari tahun tersebut hingga tahun 2009 lahir sebanyak sembilan generasi. Sedangkan Mitsubishi Lancer Evolution lahir pada tahun 1992 hingga 2016. Dalam kurun tahun tersebut Lancer Evolution hadir dalam 10 generasi.

Tak hanya dari tahun dan lahirnya generasi yang bisa membedakan. Namun dari segi driving  experience pun jauh berbeda. Pasalnya Mitsubishi Lancer hadir untuk memberikan  driving experience yang santai dan cenderung mengacu kepada fuel efficiency. Sedangkan Lancer Evolution lahir memang untuk menjawab kehausan para car enthusiast terhadap mobil berperforma tinggi namun masih road legal. 

Sisi mesin dan penggerak yang digunakan pada Mitsubishi Lancer dan Lancer Evolution pun sangat berbeda. Mitsubishi Lancer dibekali dengan mesin naturally aspirated berpenggerak roda depan. Mesin yang digunakan pun berkapasitas antara 1.6 liter hingga 2.0 liter.  Sedangkan Mitsubishi Lancer Evolution terlahir dengan menggunakan mesin 3.0 liter turbocharger. Tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke keempat rodanya. Ya, Lancer Evo memang terlahir menggunakan penggerak All Wheel Drive.

Hal yang paling mudah untuk mengidentifikasi antara keduanya adalah tampilan eksteriornya. Tapi ada satu catatan untuk mengidentifikasinya yaitu, kedua mobil harus dalam kondisi standar. Jika dilihat dari sisi eksterior, Mitsubishi Lancer, memiliki tampilan yang standar, belum ada body kita aerodinamik. Nah untuk Lancer Evolution sudah menggunakan bemper depan yang sangat sporty dan memiliki airdam yang besar. Selain itu, untuk Lancer Evolution III, di bagasinya terdapat lampu rem yang mengapit plat nomor. Diatas bagasi pun terdapat spoiler yang besar. Di bagian samping, untuk Lancer Evolution sudah dilengkapi dengan side skirt. 

Mengapa saya mengatakan harus dalam kondisi standar pabrikan untuk dapat membedakan eksterior? Karena para pemilik dari Mitsubishi Lancer, banyak yang tergolong ke dalam modifikator “gila” sehingga, tak menutup kemungkinan mereka melakukan convert dari Mitsubishi Lancer menjadi Lancer Evolution pada bagian eksterior.

Tak hanya itu saja Dari sisi elektronik Lancer evolution memiliki disematkan teknologi yang lebih mutakhir dibandingkan dengan Lancer. Karena Lancer Evo pada dasarnya merupakan mobil Sport Sedan yang diperuntukan untuk kecepatan tinggi dan memiliki tenaga yang besar, serta dibutuhkan sistem elektronik (ECU) yang lebih mutakhir dalam menjajal jalanan aspal.

Lancer Evo juga dibekali dengan Velg Alloy yang sporty dari produsen velg terkenal seperti Enkei dan BBS. Remnya pun di sematkan oleh merek ternama dalam sistem pengereman yaitu Brembo. Suspensi dan kaki-kaki yang digunakan, menggunakan merek Bilstein.

Dalam hal interior pun memili perbedaan pada kualitas dan bahan yang digunakan. Seperti menggunakan material Alcantara yang merupakan bahan yang sangat kuat namun lentur dan memiliki tekstur seperti fabrik. Kemudian memiliki momo stearing wheel, dan jok racing yang menggunakan Bride atau Recaro.

Nah satu hal lagi yang membedakan diantara keduanya adalah harga dari mobil - mobil tersebut. Untuk harga memiliki perbedaan yang cukup jauh. Sebut saja dulu harga Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT senilai Rp 400 jutaan. Nah Untuk Lancer Evolution tak menutup kemungkinan memiliki harga menyentuh miliaran rupiah.

SAMPAIKAN KOMENTAR