Perbedaan 2WD, AWD dan 4WD
13
May
0 Comment Share Likes 327 View

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, setiap komponen atau piranti  yang ada di dalam mobil yang kita kendarai setiap harinya tentunya merupakan hal yang sangat penting dan vital peranannya dalam kendaraan kita.

Tentunya setiap komponen atau piranti tersebut memiliki peranna dan fungsi yag berbeda beda satu dengan yang lainnya meski memang memiliki tujuan yang sama, yakni untuk menciptakan dan atau mendukung performa kendaraan anda agar bisa berfungsi secara maksimal.  

Dan salah satu komponen atau piranti yang ada dalam kendarana kita adalah  “ sistem penggerak “  atau yang sering  juga disebut juga dengan wheel drive. Apa itu wheel drive tersebut?

Apa Itu Wheel Drive Tersebut?

Wheel Drive mobil atau yang sering kita kenal dengan sistej penggerak dalam mobil merupakan suatu piranti dalam mobil anda yang bertugas sebagai sistem penggerak roda yang menyalurkan tenaga dari ban ke jalan, yang kemudian akan membuat ban mobil menjadi bergerak. 

Dalam hal ini, komponen mesin mobil sendiri dalam mobil anda akan menyalurkan torsi yang cukup untuk membuat ban ban mobil anda bergerak balik ke arah depan maupun belakang. 

Dan pada umumnya, Wheel Drive mobil tersebut bisa dikategorikan menjadi 3 jenis yakni 2 D, AWD dan juga 4 WD. Dan untuk ulasan selengkapnya mengenai ketiga jenis sistem penggerak tersebut, berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak.

Sistem Penggerak 2 WD

Adapun 2 WD ini merupakan jenis sistem penggerak  yang hanya mengunakan dua roda saja. Dan oleh karena dua roda saja, mode ini terbagi atas dua jenis, yakni dua roda depan dan dua roda belakang. Berikut penjelasannya.

Front Wheel Drive ( FWD )

Saat ini, banyak kendaraan yang menggunakan jenis sistem penggerak ini yakni mode penggerak dua roda depan atau yang disebut dengan Front Wheel Drive (FWD), kelebihan dari FWD ini sendiri memiliki kelebihan yakni dari segi penggunaan komponennya sehingga bisa menekan biaya produksinya. 

 Rear Wheel Drive ( RWD )

Disisi lain, sistem penggerak dua roda belakang atau Read Wheel driver ( RWD ) memiliki kelebihan tersendiri. Model yang satu ini umumnya digunakan oleh truk hingga moil sedan mewah. Pada truk RWD ini mampu memberi traksi lebih cepat dan lebih baik  apalagi ketika mengangkut muatan yang berat. 

Bobot berat dari muatan akan meningkatakn traksi pada roda belakangnya. Sementara itu, pada mobil sedan atau mobil sport, RWD ini akan meningkatkan performa handling dengan cara menyeimbangkan bobot  mobil dari depan hingga ke arah belakang.

4 WD

Sesuai dengan namanya, Wheel Drive ( 4WD ) merupakan metode penggerak yang menyalurkan 4 roda sekaligus. Tentu saja, pada sistem penggerak roda yang satu ini akan diberikan asupan tenaga sehingga akan memberikan traksi yang mumpuni, bahkan meski sednag melakukan akselerasi. 

Dengan kapasitas tersebut, mobil dengan jenis sistem penggerak 4WD ini akan mampu melewati  lumpur, pasir, air dan berbagai medan berat yang lainnya yang pada umumnya tidak bisa dilewati oleh mobil yang menggunakan jenis sistem penggerak yang lainnya. 

Hal ini dikarenakan mobil 4WD ini mampu mengubah mode secara manual  baik itu 4×2 atau 4×4. Atau dengan kata lain, pengendara dapat memilih apakah hendak menggunankan roda penggerak saja atau bisa juga mengubahnya ke empat penggerak roda. 

Dan lewat kapasitas tersebut,  sistem penggerak 4WD ini banyak digunakan pada mobil mobil off road tentunya yang seyogianya akan digunakan untuk berpertualang melewati meda medan yang berat. 

Hal ini juga dikarenakan perbedaan medan yang hendak dilalui hendakanya akan berbeda beda. Dan jika lahan yang dilewati adalah lahan yang minim atraksi, maka 4×4 ini bisa diaktifkan ataupun sebaliknya.

AWD

Sistem penggerak yang terakhir adalah AWD.  Banyak orang mengira bahwa AWD dan 4 WD adalah jenis penggerak yang sama, padahal tentunya kedua jenis penggerak ini adalah dua hal yang berbeda. 

Pada sistem penggerak AWD, perangkat ini menggunakan komponen Limited Slip Differential dan Clutch Elektronik yang tidak dimiliki oleh siiste penggerak AWD. Hal ini sengaja dirancang supaya kontrol diserahkan 100% ke masing masing ban.

Tentu hal ini adalah suatu yang berbeda dengan sistem 4WD yang mana pembagiannya 50% untuk roda depan dan 50%  lagi untuk roda belakang.  Adapun kelebihan dari sistem penggerak AWD ini adalah tingkat traksi yang lebih baik.

Dimana anda tak perlu lagi khawatir pada saat melaju di area yang licin atau bersalju, karena dengan sistem AWD ini sudah didesign semaksimal mungkin untuk bisa melewati  jalanan tersebut.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR