Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin
09
Jul
1 Comment Share Likes 514 View

Mengendarai sebuah mobil di tengah teriknya matahari memang paling enak menggunakan AC untuk meredam panasnya matahari didalam mobil. Namun hal tersebut akan berubah jadi sangat menyebalkan ketika ketika kita sedang mengendarai mobil dibawah terik sinar matahari tiba tiba saja AC mobil mendadak tidak dingin. Ada beberapa penyebab dari tiba tiba tidak dingin AC mobil. Mungkin hal berikut adalah penyebabnya.

Filter Kabin Kotor

Filter kabin yang kotor menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Selalu ganti filter kabin setiap jarak 16.000 km untuk mengantisipasi AC mobil kurang dingin.

Puli Kompresor Tidak Berputar Karena Belt Putus

Belt pada kompresor berfungsi menggerakkan puli pada kompresor dan menghubungkan nya dengan power steering ,pompa air , alternator dan kipas pendingin. Belt yang putus dapat disebabkan karena kondisi karet belt yang sudah retak dan tidak pernah di cek. Belt yang putus mengakibatkan overheating. Hal ini dikarenakan kipas pada pendingin radiator dan pompa air pada mesin mobil tidak berfungsi yang mengakibatkan overheating dan pada akhirnya mobil menjadi mogok.

Selain itu, hal ini juga akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin hanya keluar angin karena tidak ada proses pendinginan freon AC di evaporator yang juga dilakukan oleh kipas pendingin radiator. Selain itu indikator gambar baterai pada dashboard juga akan menyala karena alternator (dynamo ampere) tidak bekerja, hal ini menyebabkan aki mobil tidak tersuplai listrik.

Kehabisan Freon Karena Kebocoran Selang

Kebocoran pada selang diakibatkan Oli Kompresor yang tidak pernah di ganti atau bisa jadi karena gesekan dengan komponen lainnya. Freon pada sistem AC mobil bersifat sirkulasi,tidak ada alasan Freon habis tanpa adanya kebocoran. Freon yang habis akan menyebabkan gas yang dikeluarkan katup ekspansi menjadi minim. Hal inilah yang menyebabkan udara yang dihembuskan hanya sekedar angin biasa.

Magnetic Clutch Pada Kompresor AC Rusak

Faktor lain yang bisa membuat AC mobil tidak dingin adalah kerusakan pada Magnetic Clutch. Kerusakan pada Magnetic Clutch ini bisa berupa putus, mati, atau terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli Kompresor. Alhasil Kompresor pun tidak berputar mengikuti putaran mesin. Bisa dillihat saat AC mobil dinyalakan dan fanbelt ikut berputar tapi Kompresor AC tidak ikut bekerja.

Rusaknya Thermistor AC/ Peraba Suhu Evaporator

Thermistor ini adalah kependekan dari terminal resistor. Fungsi utama dari thermistor ini adalah mengukur suhu yang diberikan oleh kompresor. Bayangkan jika sebuah sistem AC tanpa adanya thermistor,hal ini akan menyebabkan Evaporator beku. Hal tersebut disebabkan karena suhu yang dikeluarkan oleh kompresor tidak diatur dengan baik.

Putusnya Sekring AC Karena Arus Pendek

Arus pendek mengindikasikan adanya konsleting pada bagian kelistrikan AC mobil. Hal yang harus segera anda lakukan adalah membawanya ke bengkel spesialist AC mobil. Kelistrikan harus benar benar dikerjakan oleh ahli dibidang kelistrikan,jika kita coba coba mengecek sendiri yang akan terjadi bisa lebih fatal.

Kerusakan Pada Resistor Variabel

Lagi lagi masih seputar urusan kelistrikan. Resistor variable ini berada di bagian saklar switch on/off AC mobil.

Kompresor Aus

Kompresor AC mobil yang aus indikasinya dapat kita rasakan ketika terdapat tekanan tidak normal,timbul bunyi gesekan. Hal yang ini dapat mengakibatkan sight glass terlihat hitam, receiver drier serta katup ekspansi tersumbat.

Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Suhu mesin mobil yang tinggi dapat disebabkan mesin terlalu lama menyala,atau pada kondisi perjalanan jauh tanpa istirahat. Hal ini tentusaja sangat membahayakan baik bagi pengguna kendaraan maupun pada kompresor AC mobil yang menyuplai tenaga udara dingin. Selalu jaga kondisi mesin dari overheat. Apabila kita perjalanan jauh,usahakan untuk selalu beristirahat,tidak hanya untuk kemanan kita berkendara tetapi kemanan pada kondisi mobil juga.

Evaporator Kotor

Evaporator adalah alat yang berfungsi untuk mendistribusikan dingin ke kabin mobil kita. Evaporator bekerja apabila telah menerima proses pengembunan gas pendingin oleh freon. Jika evaporator ini kotor maka udara yang didistribusikan akan terhalang oleh kotoran tersebut dan menyebabkan udara yang keluar juga tidak bersih.Solusinya tentu saja dengan cara pengurasan evaporator,konsultasikan dengan bengkel spesialist AC mobil kita mengenai kondisi

SAMPAIKAN KOMENTAR