Pentingnya Wheelbase Pada Mobil
11
Oct
2019
0 Comment Share Likes 374 View

Para Pria Intersport pasti sudah tidak asing dengan istilah Wheelbase. Wheelbase atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan jarak sumbu roda merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara, karena hal ini mempengaruhi stabilitas pengendaraan mobil. Jarak sumbu roda yang tepat memang dibutuhkan untuk pengendaraan yang nyaman. Supaya tidak hanya tahu permukaannya saja, kali ini Intersport akan hadirkan informasi mengenai jarak sumbu roda pada mobil yang akan menambah pengetahuan Mas Bro. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak informasinya berikut ini.

 

APA ITU WHEELBASE PADA MOBIL?

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kenyamanan saat berkendara, dan stabilitas merupakan salah satunya. Untuk mendapatkan stabulitas yang baik, kita harus memastikan bahwa kendaraan kita memiliki panjang wheelbase atau jarak sumbu roda yang tepat. Pada umumnya, semakin panjang wheelbase atau jarak sumbu roda, maka pengalaman berkendara akan semakin terasanya nyaman.

Wheelbase atau dalam artian bahasa indonesia adalah "jarak sumbu roda" yang mempunyai arti lebih detail yaitu jarak tengah antara sumbu roda depan dengan sumbu roda belakang. Ini adalah salah satu dimensi penting yang terdapat pada setiap kendaraan yang memang sudah ditentukan oleh para pabrikan. Istilah wheelbase bukan hanya digunakan untuk mobil saja, melainkan juga pada kendaraan lainnya.

Wheelbase merupakan jarak antara pusat roda depan dengan pusat roda belakang. Untuk kendaraan bermotor roda 4 alias mobil yang dimaksud jarak sumbu roda adalah jarak horisontal dari sentral rotasi roda belakang dan roda depan. Jika kendaraan sedang dalam keadaan seimbang maka keseluruhan torsi yang bekerja adalah nol. Jarak sumbu roda akan mempengaruhi besaran gaya yang bekerja di setiap pasang roda kendaraan. Jarak sumbu roda semakin panjang akan menghasilkan gaya pada roda lebih stabil. Kestabilan roda ini tentu akan membuat pengendaraan terasa lebih nyaman.

Secara umum, wheelbase memang tidak bisa menjadi patokan akan panjang keseluruhan kendaraan, namun memiliki pengaruh. Semakin panjang wheelbase pada sebuah kendaraan, maka akan semakin panjang pula kendaraan tersebut. Biasanya para produsen mobil akan memberikan data dimensi ini dalam satuan cm yang ada pada brosur-brosur spesifikasi kendaraan yang akan dijualnya.

 

MANFAAT WHEELBASE PADA MOBIL

Jarak sumbu roda depan dengan roda belakang memang tidak bisa dipungkiri akan memberikan karakteristik dinamis pada kendaraan tersebut, yaitu cara pengendaraan dan handling yang jauh lebih mudah. Selain wheelbase atau jarak sumbu roda, ground clearance atau jarak tanah ke mobil juga berpengaruh pada kenyamanan dan kemudahan handling mobil saat berkendara.

Jarak sumbu roda depan dengan sumbu roda belakang yang panjang diklaim akan membuat pengalaman berkendara lebih terasa nyaman jika dibandingkan dengan jarak sumbu roda yang pendek. Hal ini dikarenakan kendaraan seperti itu mempunyai tingkat kestabilan yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis kendaraan lain.

Selain menambah kestabilan mobil, jarak wheelbase yang lebih panjang memungkinkan para produsen mobil untuk dapat membuat ruang kabin kendaraan yang lebih luas dan memberikan sentuhan ragam teknologi untuk kenyamanan setiap penumpang, misalnya saja seperti jarak kursi, lipatan kursi, bagasi belakang, dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan sangat mendukung kenyamanan saat digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang menempuh perjalanan jauh. Oleh karena itu, para produsen di industri otomotif lebih suka merancang kendaraan dengan basis roda yang lebih panjang demi kenyamanan setiap penumpang, karena jarak wheelbase yang lebih panjang akan memiliki manuver yang lebih baik pada kecepatan tinggi.

Tingkat kenyamanan seperti ini bisa kita lihat pada mobil-mobil mewah yang sering digunakan oleh para pejabat, misalnya seperti pada mobil limosin yang termasuk dalam kategori mobil mewah dengan tingkat kenyamana yang tinggi. Tingkat kenyamanan seperti ini juga diterapkan oleh para produsen mobil lain yang memang mengincar segmen kelas atas untuk mendapatkan tingkat kenyaman yang lebih tinggi.

 

PENTINGNYA MENGETAHUI WHEELBASE SAAT MEMBELI TRUK

Bukan hanya saat membeli mobil, bagi Mas Bro yang mungkin mempunyai usaha yang butuh mengangkut banyak barang, pasti akan mempertimbangkan untuk membeli truk. Saat kita membeli truk, kita pasti akan memilih truk yang andal, bandel dan bisa dioperasikan untuk jangka panjang.

Saat akan membeli truk, konsumen seharusnya juga mempertimbangkan aspek teknis pada truk yang akan dibeli, seperti aspek distribusi beban yang berkaitan langsung dengan kapasitas berat maksimum kendaraan. Jika kita berniat untuk membeli truk baik untuk angkutan jarak jauh maupun angkutan jarak dekat, konsumen sebaiknya mempertimbangkan seberapa besar muatan yang bisa diangkut oleh truk yang akan dibeli, dengan tetap mempertimbangkan aspek kesehatan truk dan regulasi yang berlaku tentang muatan.

Konsumen juga harus mempertimbangkan seberapa efisien truk tersebut mampu menunjang bisnis yang dijalankan yang artinya seberapa banyak muatan kargo yang bisa dibawa truk pada setiap trip perjalanan. Itu sebabnya, mempertimbangkan distribusi beban pada truk menjadi penting. Biasanya setiap pabrikan atau produsen truk mencantumkan keterangan tentang berapa kemampuan maksimum setiap axle pada truk untuk menerima beban muatan, baik pada axle depan maupun belakang.

Sama saat seperti kita membeli mobil, pada saat kita membeli truk, kita juga perlu mempertimbangkan aspek wheelbase kendaraan. Wheelbase biasanya dihitung dari titik tengah axle di roda depan ke axle di roda belakang. Panjang wheelbase akan berdampak langsung pada distribusi beban muatan. Semakin panjang wheelbase, distribusi beban muatan kendaraan akan semakin menyebar.

SAMPAIKAN KOMENTAR