Pentingnya Spooring dan Balancing
20
Aug
2019
0 Comment Share Likes 1451 View

Ban atau roda mobil merupakan salah satu komponen mobil yang sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Kondisi jalanan di Indonesia yang cenderung kurang baik, apalagi untuk yang sering melalui jalan berlubang, akan dengan mudah merubah presisi pada roda mobil yang sering anda gunakan. Perubahan presisi pada ban ini membuat kita perlu untuk melakukan spooring dan balancing ban mobil.

Spooring sendiri dilakukan sebagai langkah untuk meluruskan posisi ban depan dan belakang ban mobil, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi bawaan dari mobil. Sedangkan balancing ban mobil bermanfaat untuk menganalisa putaran roda, atau juga getaran pada ban mobil akibat beban yang diterima pada ban mobil.

 

MENGENAL BAN YANG MEMERLUKAN SPOORING DAN BALANCING

Ada beberapa ciri khusus yang bisa kita rasakan saat berkendara untuk mengetahui apakah mobil kita sudah memerlukan spooring dan balancing. Hal yang paling umum dan mudah diketahui adalah setir yang terasa bergetar saat kita sedang mengemudi. Getaran ini terjadi akibat roda depan yang langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi, sehingga tingkat keausan roda depan dan masalah yang ada lebih cepat dirasakan dibandingkan roda belakang.

Spooring dan balancing juga akan dibutuhkan jika kita merasa bahwa mobil kita selalu bergerak ke arah tertentu. Caranya mengetesnya adalah saat di jalanan lurus dan mendatar (dan jalanan aman dengan kecepatan pelan saja) cobalah melepas setir kemudi mobil anda. Jika mobil perlahan berbelok ke arah tertentu, maka itulah salah satu tanda bahwa mobil kita membutuhkan spooring dan balancing.

Mobil yang membutuhkan spooring dan balancing juga dapat kita deteksi dari keausan ban mobil yang kurang seimbang dan kurang wajar. Hal ini dapat dilihat dari tapak atau bulu ban yang mulai menipis dan didominasi pada sebagian tempat saja.

Selain itu, salah satu ciri lainnya bahwa mobil kita membutuhkan spooring dan balancing adalah ketika kita merasakan setir kemudi terasa lebih berat dari biasanya. Atau ketika kita membelokkan kemudi, dan setir kemudi tidak mau kembali lurus ke posisi semula saat kemudi dilepaskan.

 

BIAYA SPOORING DAN BALANCING

Banyak orang yang malas melakukan spooring dan balancing ban mobil karena khawatir akan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Padahal, harga spooring dan balancing ban mobil sebenarnya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan servis bagian mobil lainnya. Biasanya, bengkel akan mematok harga spooring balancing ban mobil dengan kisaran harga 100 hingga 250 ribu rupiah untuk satu set pengerjaan.

 

FUNGSI SPOORING DAN BALANCING

Untuk menjaga kondisi kaki-kaki mobil alias ban, Spooring dan Balancing roda mobil memang sangat diperlukan. Bahkan biasanya, service ini juga dijadikan paket dengan rotasi ban mobil dan pengecekan kaki-kaki mobil. Ada pula yang disebut dengan Spooring 3D. Spooring 3D ini sendiri adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meluruskan kembali arah roda mobil.

Seperti yang kita tahu, roda mobil sendiri merupakan salah satu komponen yang bisa berubah dan memerlukan settingan khusus agar ban mobil menapak sempurna pada permukaan aspal jalan. Settingan ini dapat berubah sewaktu-waktu akibat digunakan terus menerus.

Perubahan settingan ini memang tidak bisa diperkirakan kapan dibutuhkannya. Semua hal ini tergantung pada kondisi jalan yang kita lewati dan juga cara berkendara anda. Jika kita lebih sering melewati jalanan dengan permukaan aspal jalan yang kurang bagus, settingan tadi akan lebih cepat mengalami perubahan.

Karena waktunya tidak bisa ditentukan, maka dari itu kita harus mengetahui gejala-gejala yang muncul akibat mobil jarang melakukan service spooring dan balancing. Gejala-gejala tersebut biasanya dapat dirasakan ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. Salah satu gejala yang sering muncul ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi adalah stir mobil bergetar dan atau mobil terasa seperti membuang ke salah satu arah.

Fungsi dari Spooring adalah mengembalikan settingan keempat roda kepada settingan awal, agar sesuai dengan angka yang dianjurkan oleh pabrikan pembuat mobil tersebut. Spooring sendiri dilakukan untuk meluruskan posisi keempat ban mobil, agar kembali lurus sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh pembuat mobil. Balancing ban mobil sendiri berfungsi untuk menstabilkan putaran ban mobil. Dengan menambahkan pemberat (besi tempel) pada velg mobil, ban menjadi lebih stabil dan pastinya akan menambah kenyamanan anda ketika berkendara.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah melakukan Spooring dan Balancing antara lain meningkatkan kenyamanan dalam berkendara, memaksimalkan umur ban mobil, menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan menghindari keausan ban mobil yang tidak merata, memberikan efek yang lebih stabil pada fungsi stir, posisi kemudi menjadi lebih mudah kembali setelah berbelok, menghilangkan suara “berdecit” pada ban ketika berbelok, menyelaraskan kelurusan roda kemudi, meningkatkan stabilitas kendaraan, serta menjaga keawetan kaki-kaki mobil.

 

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MELAKUKAN SPOORING DAN BALANCING

Karena service spooring dan balancing ini adalah salah satu service yang sangat penting pada kendaraan, biasanya service spooring ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, terlepas dari 6 bulan tersebut, biasanya banyak sekali faktor atau hal-hal tertentu yang dapat menuntut kita untuk melakukan service spooring dan balancing lebih awal. Salah satu faktor yang dapat mengharuskan kita untuk melakukan spooring dan balancing lebih awal yaitu kondisi jalan yang kurang bagus. Kondisi ini akan mempercepat settingan roda mobil berubah.

Selain itu juga jarak tempuh yang biasa dilalui juga perlu diperhatikan. Jika kita termasuk orang yang sering sekali melakukan perjalann jauh, kita harus berpatokan kepada maksimal jarak tempuh untuk melakukan spooring dan balancing yaitu setiap 10.000 km sekali.

 

Nah, karena sekarang sudah tahu tentang spooring dan balancing, Mas Bro jangan sampai malas lagi untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala, ya! Biar kaki-kaki mobilnya tetap terjaga dan berkendara tetap aman dan nyaman.

SAMPAIKAN KOMENTAR