Pengen Selamat Nyetir di Jalan? Ketahui Dulu Jarak Aman Tiap Kendaraan Berikut Ini

Pengen Selamat Nyetir di Jalan? Ketahui Dulu Jarak Aman Tiap Kendaraan Berikut Ini

16Nov
INTERSPORT.ID ON 16 November 2017
INTERSPORT.ID ON 16 Nov 2017

Menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan adalah hal sederhana tapi sangat berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Soalnya dengan jarak yang aman, lo masih punya kesempatan untuk mengelak jika di depan lo ada mobil yang ngerem mendadak atau terjadi kecelakaan.

Untuk itu, lo wajib tau jarak aman antara mobil lo dan mobil yang ada di depan. Di cuaca normal, seenggaknya lo harus menjaga jarak dua detik dengan mobil di depan lo. Kalau kendaraan lo berukuran besar dan berat seperti truk atau bus, jaga jarak empat detik dari mobil di depan lo.

Kalau lo mengemudi di kondisi hujan, tambah dua kali lipat jarak aman lo dengan mobil di depan. Kalau lo bawa mobil berukuran standar, jaga jarak aman empat detik dan kalau lo bawa kendaraan besar atau berat, jaga jarak seenggaknya delapan detik dari mobil di depan lo.

Nih videonya biar lebih jelas.

Bingung gimana ngitung jarak aman? Begini nih caranya. Gunakan objek yang ada di jalan, misalnya pohon, tiang listrik, atau rambu lalu lintas. Kalau mobil di depan lo udah melewati objek tersebut sepenuhnya, mulai berhitung sesuai jarak aman yang udah disebutkan di atas. Kalau lo enggak sempat menghitung sampai detik yang dianggap aman, itu tandanya lo harus menambah jarak lo dengan mobil di depan.

Jaga jarak aman keliatannya mungkin sederhana. Tapi sekali lagi, cara sederhana ini bisa membantu menghindarkan lo dari risiko kecelakaan.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN