Pasang Short Shifter di Mobil, Apa Untungnya?
05
Jan
0 Comment Share Likes 522 View

Setiap mobil dengan transmisi manual, pasti dilengkapi dengan tongkat persneling atau shifter. Fungsi utama dari tongkat persneling adalah untuk memindahkan gigi atau mengatur posisi gigi transmisi saat mobil sedang berjalan.

Posisi dan ukuran dari tongkat persneling sudah didesain sedemikian rupa oleh tiap pabrikan otomotif yang memproduksinya agar mudah dijangkau dan mudah dioperasikan oleh pengemudinya. Maka itu, tongkat persneling di tiap-tiap merek atau tipe mobil akan berbeda-beda tingginya, bro.

Perbedaan dari tongkat persneling yang tinggi dan pendek adalah waktu pengoperasianya. Tongkat persneling yang pendek akan lebih cepat dalam perpindahan giginya. Tongkat persneling pendek atau short shifter lebih banyak digunakan dalam mobil-mobil balap.

Short shifter lebih terasa manfaatnya pada mobil balap, karena perpindahan giginya cepat, saat perpindahan gigi pun putaran mesin atau rpm-nya tidak menurun lebih banyak. Dengan putaran mesin yang tetap terjaga, maka performa mesin pun akan tetap optimal.

Jika tongkat persneling panjang, jarak antara gigi 1 ke gigi 2 dan seterusnya lebih panjang. Saat perpindahan gigi pun, putaran mesin sudah terlanjur turun. Hasilnya, top speed pun juga ikut menurun.

Dengan short shifter, pengoperan gigi harus presisi, karena jarak antara satu gigi dan gigi lainnya berdekatan. Resiko salah masuk gigi pun juga tinggi. Satu hal yang tidak boleh dilupakan jika menggunakan short shifter adalah pengoperan giginya cenderung lebih keras dibandingkan dengan mobil yang memiliki tongkat perseneling lebih tinggi.

Beberapa mobil dengan konsep sport sudah dilengkapi dengan short shifter dari pabrikan, seperti contohnya Honda Civic Type R. Namun, banyak juga toko-toko aksesori mobil yang menjual short shifter ini, bro. Tongkat persneling juga bisa di-custom sesuai selera masing-masing lho. Satu hal yang jelas, tongkat persneling jangan sampai terganggu oleh tuas rem tangan.

SAMPAIKAN KOMENTAR