Pasang Intercooler Dan Piggy Back, Dongkrak Performa Mesin Diesel?
10
Oct
0 Comment Share Likes 181 View

Pria Intersport! Guna mendongkrak tenaga pada mesin diesel, pemilik kendaraan kerap melakukan modifikasi pada bagian mesin mobil miliknya. Baik sifatnya penambahan maupun pergantian.nApa yang dilakukan?

Alih-alih kurang puas dengan tenaga mesin bawaan pabrik, biasanya ada dua hal yang dilakukan, yaitu menambah intercooler dan memasang Piggy Back. Dimana, keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menambah horse power atau performa mesin mobil.

Intercooler

Pada mesin diesel, intercooler memegang perananan yang cukup penting. Dimana berfungsi untuk mendinginkan udara dan memadatkan udara (kompresi) pada mesin.

Cara kerjanya, pada saat udara didorong masuk oleh turbo, maka tekanan udara tersebut juga akan meningkat. Sehingga mesin akan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Selain itu, fungsi intercooler mirip dengan sistem radiator yakni sebagai komponen pendinginan, bedanya jika pada radiator yang didinginkan adalah air sedangkan pada intercooler ini yang di dinginkan adalah udara panas yang berasal dari sisa pembakaran yang oleh turbo dikembalikan lagi kedalam ruang bakar.

Piggyback

Piggyback ialah sebuah chip microcomputer, dimana piranti ini fungsinya adalah untuk memanipulasi data yang ada dalam ECU, sehingga data yang masuk ke dalam ECU sesuai dengan keinginan pemilik mobil.

Cara kerja piggyback, mendeteksi sinyal yang ditransfer dari ECU. Kemudian dia akan memanipulasi sinyal tersebut dan akan mentransfernya kembali ke mesin. Teknologi ini dapat digunakan untuk mengiritkan penggunaan bahan bakar maupun untuk setting menambah tenaga mobil (horse power).

Mau mencobanya Pria Intersport?

SAMPAIKAN KOMENTAR