Parah, Fiat Punto Mendapatkan Rating Keamanan Nol dari Euro NCAP! Kenapa Bisa Begitu Ya?

Parah, Fiat Punto Mendapatkan Rating Keamanan Nol dari Euro NCAP! Kenapa Bisa Begitu Ya?

30Dec
INTERSPORT.ID ON 30 December 2017
INTERSPORT.ID ON 30 Dec 2017

Menyadari bahwa beberapa produsen otomotif yang memperpanjang usia sebuah model mobil dengan hanya melakukan facelift tanpa meningkatkan kualitas komponen-komponen di dalamnya, European New Car Assessment Programme atau Euro NCAP pun memutuskan untuk menguji ulang model yang termasuk dalam kategori tersebut, contohnya Fiat Punto.

Pemilihan Fiat Punto didasari karena model mobil ini memiliki komponen yang sama selama hampir tujuh tahun sebelum akhirnya diganti sepenuhnya. Fiat Punto terbaru bahkan hanya mendapat sedikit facelift yang membuatnya hanya terlihat sedikit berbeda dari versi tahun 2005.

Bagaimana hasilnya? Secara mengejutkan, Fiat Punto mendapatkan rating keamanan nol dari Euro NCAP. Padahal saat pertama kali muncul, mobil ini mendapat rating bintang lima. Ternyata, hal tersebut disebabkan karena Fiat Punto tidak memiliki fitur peringatan sabuk pengaman selain di kursi pengemudi, serta tidak adanya teknologi pengereman anti kecelakaan.

Berikut videonya.

“Fakta bahwa mobil yang lebih tua tidak dapat bersaing dalam melakukan inovasi keamanan, dan keinginan serta kemampuan produsen kompetitif untuk memenuhi standar tertinggi. Mereka yang tidak menjaga mobil mereka mengikuti standar terbaru akhirnya jadi tertinggal, seperti hasil yang terlihat jelas ini,” kata Secretary General Euro NCAP, Michiel van Ratingen seperti dilansir dari Top Gear.

 

Baca juga:

Enggak Cuma Keren, Mobil-Mobil Keluaran 2017 Ini Juga Dapat Rating Keamanan Tertinggi Dari Iihs

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN