Para Pecinta Modifikasi, Yuk Kenalan Sama Liberty Walk!
11
Jun
0 Comment Share Likes 494 View

Jepang memang salah satu negara yang tidak ada habisnya jika bicara soal kreativitas. Tidak hanya negara dari beberapa produsen mobil besar yang sudah terkenal di seluruh dunia, Jepang juga merupakan salah satu negara dengan beberapa brand modifikasi yang memiliki gaya yang unik dan nyentrik. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang Rocket Bunny, maka tidak sah rasanya kalau kita juga tidak membahas tentang Liberty Walk. Apa, sih, Liberty Walk itu? Yuk, kita kenalan dulu!

ASAL MULA LIBERTY WALK

Buat Mas Bro yang sudah akrab dengan dunia tuning dan modifikasi mobil pasti sudah tidak asing dengan nama Liberty Walk. Salah satu brand modifikasi mobil yang sudah terkenal di dunia modifikasi internasional ini merupakan brand modifikasi yang berasal dari negara yang sama dengan Rocket Bunny, yaitu dari Jepang. Meskipun banyak yang bilang bahwa brand ini tidak seterkenal kompetitornya, tetapi kualitas produk-produk Liberty Walk tidak bisa dianggap enteng.

Liberty Walk adalah salah satu brand modifikasi asal Jepang yang didirikan oleh Wataru Kato. Berkat kerja kerasnya, Wataru Kato berhasil menjadikan Liberty Walk sebagai sebuah brand internasional yang sudah sangat terkenal dalam hal modifikasi mobil saat ini. Liberty Walk memiliki sebuah bengkel modifikasi bodykit di Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Saat mendirikan Liberty Walk, Wataru Kato baru berumur 26 tahun. Saat pertama didirikan, bengkel bodykit ini merupakan bengkel yang sangat kecil, hanya mampu menampung maksimal hingga tiga mobil saja. Bisa terbayang betapa kecilnya bengkel tersebut.

Tetapi Wataru Kato tentu tidak pernah berpuas diri hanya dengan keadaannya yang demikian. Berkat keuletan dirinya dan timnya, Liberty Walk perlahan merangkak menjadi bengkel modifikasi yang cukup populer di Jepang. Puncak popularitasnya adalah ketika Liberty Walk berpartisipasi dalam ajang SEMA Show dan Tokyo Auto Salon. Pada SEMA Show tahun 2013, mobil Nissan GT-R dan Ferrari 458 Italy hasil modifikasi Liberty Walk berhasil menyedot perhatian publik dan mendapatkan respon yang sangat baik. Apresiasi positif dari para jurnalis otomotif terkenal pun membanjiri mereka. Hal inilah yang kemudian membuat nama Liberty Walk semakin dikenal di kancah internasional. Liberty Walk lalu berkembang menjadi perusahaan bodykit kelas dunia yang memiliki beberapa cabang dan distributor internasional.

 

USUNG BODYKIT KHAS JEPANG YANG UNIK

Meskipun sudah terkenal di dunia modifikasi mobil internasional, Liberty Walk tidak serta merta mengubah karakter bodykit mereka untuk menyesuaikan pasar internasional. Mereka tetap mempertahankan gaya produk bodykit khas Jepang yang sudah terkenal dengan keunikan dan karakternya sendiri. Kebebasan berkreasi yang selalu diterapkan Wataru Kato terlihat jelas pada produk-produk bodykit-nya yang sepintas terlihat aneh namun tetap menarik.

Di era terdahulu, tepatnya di era Showa, modifikasi bodykit mobil lazim dilakukan dengan cara mengganti atau melepas bumper mobil, kemudian dilakukan transplantasi headlamp dari mobil lain dan digunakanlah overfender. Modifikasi dengan gaya tersebut adalah gaya modifikasi klasik car culture khas Jepang. Gaya ini sangat unik dan mudah dikenali karena sekali lihat saja, kita akan dapat merasakan aura modifikasi mobil yang berani. Wataru Kato juga ingin menerapkan gaya modifikasi seperti itu pada mobil-mobil kelas atas. Hal ini juga merupakan hal yang mendorongnya untuk menciptakan Liberty Walk.

 

MODIFIKASI MURCIELAGO DENGAN GAYA EKSTRIM

Sekitar tahun 2008, salah seorang kawan dari Wataru Kato yang juga merupakan pelanggan setianya, mengutarakan keinginannya untuk mengganti Lamborghini Diablo miliknya dengan mobil yang lebih garang. Atas saran Kato, mereka akhirnya mengganti mobil tersebut dengan Lamborghini Murcielago. Tetapi, kawan dari Wataru Kato itu ternyata masih merasa ada yang kurang. Ia merasa bahwa Lamborghini Murcielago miliknya masih kurang menarik dan kurang sesuai dengan keinginannya. Untuk mengatasi hal ini, Liberty Walk akhirnya memutuskan untuk mengembangkan bodykit khusus untuk model Murcielago. Hal ini juga awal dari diciptakannya merek “LB Performance”.

Tahun berikutnya, yaitu tahun 2009, merupakan tahun dimana LB Performance melakukan debut internasionalnya pertama kali. Liberty Walk mengikutsertakan Lamborghini Murcielago yang sudah dilengkapi dengan bodykit LB Performance dalam acara SEMA Show. Meskipun mendapat respon positif seperti biasanya, kali ini Liberty Walk sama sekali tidak mendapat koneksi bisnis, dan Wataru Kato menganggap hal ini terjadi karena masih ada kekurangan dalam bodykit-nya ini. Ia kemudian mendesain dan mengembangkan bodykit merek baru bernama LB Works. LB Works melakukan debut dengan ikut serta dalam SEMA Show di tahun 2012 dengan memamerkan Lamborghini Murcielago yang dilengkapi dengan fender dari LB Works.

Liberty Walk dengan berani memotong bagian bodi Lamborghini Murcielago yang berharga miliaran itu dan memodifikasi fendernya dengan bodykit LB Works. Dampak yang dihasilkan dari modifikasi ini memang sangat luar biasa dan modifikasi ini sendiri dapat dibilang cukup ekstrim. Kendati demikian, ternyata kerja keras Wataru Kato dan timnya membuahkan hasil. Para pengunjung SEMA Show 2012 tidak bisa mengalihkan pandangan mereka dari mobil hasil modifikasi Liberty Walk tersebut dan terus membicarakannya.

Karena sudah mencuri perhatian di SEMA Show tahun 2012, kehadiran mobil hasil modifikasi Liberty Walk ternyata menjadi sangat ditunggu di SEMA Show tahun 2013. Mereka comeback dengan membawa dua model mobil high-end yang sudah dilengkapi dengn bodykit LB Works, yaitu mobil Nissan GT-R dan Ferrari 458 Italy. Kedua mobil ini sukses memukau para pengunjung dan akhirnya membawa nama Liberty Walk semakin terkenal di dunia modifikasi internasional.

 

DIBALIK FILOSOFI LIBERTY WALK

Wataru Kato dan timnya seringkali menempelkan stiker dengan tulisan quote dari John Lennon yang berbunyi, “Imagine all the people living life in peace” di pintu-pintu mobil hasil karya Liberty Walk. Bagi Wataru Kato sendiri, quote ini bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi telah ia jadikan sebagai sebuah filosofi yang merupakan landasan dari Liberty Walk.

Selain menjadi brand yang unik dan memiliki perbedaan dengan produk bodykit lainnya, Wataru Kato ingin agar Liberty Walk menjadi brand yang hasil modifikasinya dapat membuat semua orang senang. Ia memiliki prinsip bahwa jika dirinya tidak bahagia, maka ia tidak akan bisa membuat orang lain bahagia. Maka itulah, bahkan foto-foto staff pada situs resmi Liberty Walk semuanya ditampilkan dengan foto mereka yang sedang tersenyum atau tertawa.

 

Salut, deh, sama Wataru Kato dan timnya. Bukan hanya menghadirkan mobil-mobil hasil modifikasi Liberty Walk yang unik dan memukau, mereka juga berpegang pada sebuah filosofi yang keren. Filosofi ini tentu dapat tercermin dalam seberapa bahagia mereka melakukan pekerjaan yang menjadi passion mereka ini. Tidak heran mobil-mobil hasil modifikasi mereka hasilnya selalu memuaskan, ya.

SAMPAIKAN KOMENTAR