Pakai Oli Diesel di Mesin Bensin, Dampaknya Nggak Langsung
02
Nov
0 Comment Share Likes 10 View

Sesuai jenis mesinnya, mobil dapat dikategorikan menjadi dua, yakni mesin bensin dan mesin diesel. Keduanya menggunakan bahan bakar yang berbeda, bro. Maka itu, pelumas mesinnya pun juga diciptakan berbeda sesuai dengan peruntukkannya. Namun, apa yang terjadi jika pelumas atau oli mesin diesel dipakai di mesin bensin?

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa mesin diesel memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding pelumas mesin bensin. Menurut mereka, pelumas mesin diesel memiliki jarak tempuh yang lebih jauh jika dibandingkan pelumas mesin bensin. Padahal, jika menggunakan pelumas mesin diesel pada mesin bensin, performa mesin akan menurun, bro.

“Spesifikasi pelumasnya berbeda, karena jika menggunakan oli untuk diesel dipakai di mesin bensin nantinya akan berakibat pada borosnya bahan bakar. Selain itu, kerak yang akan timbul akan lebih tinggi sehingga lambat laun akan membahayakan mesin itu sendiri,” terang Rachman Hidayat, selaku Senior Lubricant Technical Advisor Shell.

Selain berpengaruh pada kinerja mesin, efek dari menggunakan pelumas mesin diesel pada mesin bensin juga akan berpengaruh pada komponen mesin lainnya. Dalam beberapa kasus, efek samping yang dirasakan memang tidak langsung. Pria Intersport baru akan merasakan efek sesungguhnya dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Pria Intersport tidak tahu jenis oli apa yang tepat untuk mobil kesayangan loe, tanyalah pada montir atau mekanik di bengkel tempat Pria Intersport melakukan servis mobil. Paling tepat adalah membaca buku panduan pemilik kendaraan. Pasalnya, tiap pabrikan sudah menjelaskan semua tentang kebutuhan mobil di buku tersebut, termasuk juga dengan spesifikasi pelumas yang dianjurkan untuk mobil kesayangan Pria Intersport.

SAMPAIKAN KOMENTAR