Oli Rembes? Jangan Anggap Sepele
17
May
0 Comment Share Likes 242 View

Bagi pemilik kendaraan, kalau lo nemuin ada oli di bagian mesin, roda atau transmisi pasti jadi hal yang paling nyebelin. Soalnya nih, adanya oli rembes itu menandakan adanya masalah di bagian yang terdapat rembesan tersebut. Tapi, sebenarnya oli rembes ini juga nggak boleh dianggap sepele. 
 
Apalagi kalau lo nemuin ada oli rembes di bagian mesin. Seperti head silinder, turbo, gardan, power steering atau bagian pengereman. Dengan membiarkan adanya oli rembes, itu tandanya lo akan menyebabkan pengurangan performa mobil kesayangan lo sendiri, bro.
 
 
Nah dari hal yang kadang orang anggap sepele ini akan menimbulkan masalah yang lumayan parah. Salah satunya bongkar mesin total dan yang paling ringan jumlah oli yang mengalami rembes ini nantinya akan berkurang secara terus menerus sehingga mobil terlihat kotor, jorok dan tidak terawat. 
 
 
Duh, jangan sampe deh ngalamin ada oli rembes di mobil kesayangan lo ya. Untuk oli mesin yang bocor / rembes secara ringan biasanya diakibatkan oleh karet seal pada bagian blok luar mesin yang mulai aus. Contohnya seal tutup klep, seal perseneling, seal paking. Kemudian penyebab lainnya dari paking / perpak yang sobek atau rusak, biasanya hal ini terjadi disekitar bagian head mesin mobil.
 
 
Sementara itu, oli mesin yang rembes dalam kategori berat disebabkan karena adanya oli mesin yang rembes dari blok mesin. Bisa  karena baut tap oli yang slek atau dol. Atau bisa juga rusaknya seal dan baut di bagian bawah mesin untuk mengeluarkan oli. Selain mesin, bisa juga gardan pada kaki-kaki mengalami rembes. 
 
Rembes pada gardan ini biasanya disebabkan adanya kerusakan seal atau hilangnya baut. Sementara jika penyebabnya berasal dari baut, pembuangan oli gardan sering kali diakibatkan karena adanya celah antara baut dengan ring atau ulir baut yang sudah mulai slek. Setiap oli mesin yang rembes / bocor penyebab dan cara penyelesaiannya pun berbeda, walapun pada intinya mengganti dengan part yang sama.
 
 
Jika oli rembes berasal dari tutup pembuangan atau penambahan oli, Anda bisa menggunakan seal tape. Seal tape ini kerap disebut sebagai solasi pipa paralon. Pakaikan saja solasi ini untuk melapisi bagian ulir pada baut. Hal ini berguna untuk menahan adanya kebocoran pada oli. Tapi jika penyebabnya karena ulir tutup oli mesin yang rusak sehingga tutup oli tidak rapat dan sejajar, solusinya dengan mengganti tutup oli tersebut atau memperbaiki ulir yang rusak pada bagian tutup oli mesin.
 
Sebenarnya memelihara mobil dari rembesan ini sangat mudah. Anda dapat melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli rutin, pengecekan kaki-kaki secara rutin hingga melakukan penggantian spare part secara berkala. Coba deh lo hindarin rembes oli macam ini. 
 
 

SAMPAIKAN KOMENTAR