Nissan Indonesia Bakal Jual Mobil Listrik, Dilernya Bagaimana?
18
Sep
2019
0 Comment Share Likes 195 View

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mencanangkan keseriusannya untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari seringnya Nissan Indonesia memperkenalkan jajaran mobil listriknya. Salah satu mobil listrik yang nantinya akan dijual secara resmi di Indonesia adalah Nissan Leaf.

Selain Nissan Leaf, Nissan Note e-Power juga menjadi varian lain yang tak kalah sering dipublikasikan oleh Nissan. Keseriusan Nissan ini tentu menghadirkan tanda tanya. Apakah infrastruktur yang dimiliki oleh Nissan di Indonesia benar-benar siap? Lantas, apakah setiap diler Nissan di Indonesia sudah siap menangani mobil listrik ini?



Isao Sekiguchi, President Director PT NMI mengatakan jika mereka akan segera menyiapkan hal tersebut. “Kami tengah melakukan persiapan dari sisi diler dan partner bagaimana bisa memulai (penjualan Nissan Leaf). Saat kita punya strategi yang jelas tentang penjualannya, kami akan umumkan. Tapi hari ini kami katakan akan meluncurkan produk jika kami siap,” buka Isao beberapa waktu lalu di Karawang, Jawa Barat.

Lebih lanjut Isao Sekiguchi mengatakan jika kesiapan tersebut bukanlah pada tahun ini, melainkan pada 2020 nanti. “Tidak di tahun ini, tapi di tahun 2020 secara pastinya,” sambungnya.



Selain mempersiapkan infrastruktur, Sekiguchi sedikit menjelaskan rencana Nissan yang lainnya. Salah satu rencana yang akan dikejar oleh Nissan adalah melakukan kerjasama dengan perusahaan keuangan digital atau financial technology (Fintech).

“Di Jepang ada kartu keanggotaan, sehingga para pemilik mobil listrik bisa mengecas di manapun mereka suka. Tapi bayangkan jika si pemilik bisa memakai OVO atau Go-Pay, itu merupakan satu peluang bukan? Tidak hanya kolaborasi dengan perusahaan listrik seperti PLN, tetapi perusahaan pembiayaan elektronik mobile juga memungkinkan,” bebernya.



Nissan Leaf yang juga menyandang predikat mobil listrik terlaris di dunia ini akan secara resmi meluncur di Indonesia tahun depan. Nantinya, mobil berkapasitas 5 orang tersebut akan diperkenalkan yang generasi keduanya.

Generasi kedua tentunya akan menghadirkan beberapa ubahan yang lebih baik. Salah satunya adalah kemampuan jarak tempuh yang semakin bertambah. Mobil listrik berbentuk hatchback ini diklaim akan sanggup menempuh jarak hingga 400 km dalam satu kali pengisian daya. Sedangkan Leaf generasi pertama, hanya sanggup menempuh jarak hingga 228 km hingga 280 km.

 
 

SAMPAIKAN KOMENTAR