Nismo, In-house Tuner Nissan

Nismo, In-house Tuner Nissan

13Apr
INTERSPORT.ID ON 13 April 2018
INTERSPORT.ID ON 13 Apr 2018

Bicara soal salah satu pabrikan mobil asal Jepang yaitu Nissan, anda mungkin selalu teringat dengan nama Nismo. Nama tersebut bukanlah tanpa sebuah arti. Nismo adalah sebuah divisi yang khusus untuk menangani motorsport dan divisi performa Nissan.

Nismo merupakan kepanjangan dari Nissan Motorsport. Nismo pertama kali diresmikan pada tahun 1984 dan merupakan gabungan dari dua buah departemen motorsport milik Nissan yaitu Oppama Works dan Omori Works. Sepak terjangnya di dunia motorsport tak bisa diragukan lagi. mobil-mobil Nismo digunakan pada ajang balap  JSPC, JTCC, 24 Hours of Le Mans dan 24 Hours of Daytona. Dan saat ini Nismo berpartisipasi pada ajang the Super GT, the Blancpain GT Series dan WeatherTech SportsCar Championship.

Mobil pertama yang dibangun oleh Nismo adalah Nissan Saurus. Nissan Saurus merupakan sebuah mobil concept yang diperkenalkan oleh Nissan pada tahun 1987 di ajang Tokyo Motor Show. Namun mobil ini tak masuk tahap produksi karena dianggap kurang pas untuk pasar saat itu. Namun ditangan Nismo, mobil concept tersebut berubah menjadi sebuah mobil balap pada tahun 1989 yang di beri nama Nissan Saurus Jr.

Kemudian, di tahun berikutnya, Nismo kembali mengembangkan sebuah mobil menggunakan Nissan Skyline GT-R. Ya, Nissan GT-R yang dibangun oleh Nismo tersebut digunakan untuk balapan. Namun, Nismo membuat versi road legal dari mobil ini yang diberi nama The 500 Evolution Edition.

Produk - produk Nissan yang dibangun ulang oleh Nismo ada beberapa merek seperti Nissan Skyline GT-R, Nissan 370Z, Nissan Sentra, dan Nissan Juke Nismo. Kabarnya, akan ada beberapa mobil lagi yang akan dikembangkan oleh Nismo. Bocorannya adalah Nissan Pulsar yang berada di segmen Hatchback dan mobil electric Nissan yaitu Mark 2 Nissan Leaf.

Mobil-mobil yang menggunakan tambahan brand Nismo pada produk Nissan bisa dibilang langka. Mengapa begitu? Pasalnya, produksi mobilnya dibuat sangat terbatas. Produksi pertama road legal Nissan Nismo adalah Nissan Skyline R31                tahun 1987 yang dibuat hanya sebanyak 823 unit saja. Kemudian di ikuti oleh Nissan GT-R Niso 1990 yang hanya diproduksi sebanyak 560 unit saja. Kedua mobil tersebut memiliki fitur bobot mobil yang lebih ringan dari versi standarnya, aerodinamika yang lebih bagus, performa dan daya tahan yang sesuai dengan regulasi kompetisi Group A.

Kemudian Nismo kembali merilis Nissan Skyline GT-R R34 Z-Tune. Mobil ini dibuat untuk memperingati 20 tahun Nismo di tahun 2005. Jumlah produksi mobil ini sangatlah terbatas yaitu 20 unit saja dengan menggunakan basis Nissan Skyline GT-R V-Spec. Ubahan yang dilakukan oleh Nismo meliputi penambahan engine stroke dan performance part dari Nismo pada mesin 2.8 L berkode RB28DETT Z2. Selain itu, bobot mobil ini hanya 1600 kilogram saja.

Tak hanya itu saja, Nismo juga terlibat dengan pengembangan mobil Nissan lainnya seperti Nissan Skyline R33 400RR dan Nissan Silvia S14 270R. Kedua mobil ini mendapatkan modifikasi yang signifikan pada drivetrain, suspension, rem, chassis, dan aerodinamika. Kedua mobil ini diproduksi sangat - sangat terbatas. Sehingga mengakibatkan harga keduanya saat ini menjadi sangat tinggi.

Nismo juga menjual tuning kit untuk beberapa brand keluarga Nissan seperti Datsun dan Infiniti. Part tuning kit yang diproduksi oleh Nismo meliputi spoiler, diffuser, velg alloy, mesin, dan suspensi. Part tersebut tersedia hingga saat ini. Di Jepang sendiri  untuk Skyline V35 dan Fairlady Z33 tersedia dalam beberapa level tuning package meliputi E-Type, S-Tune, R-Tune dan S1 Package. Di Tahun 2005, Nissan juga memperkenalkan full track spec Fairlady Z di ajang Nismo Festival of Speed.

 

Courtesy Photo : westwaynissan.co.uk

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN