National Grid: Kebanyakan Rumah Nggak Punya Cukup Daya Buat Ngecas Mobil Listrik

National Grid: Kebanyakan Rumah Nggak Punya Cukup Daya Buat Ngecas Mobil Listrik

07Sep
INTERSPORT.ID ON 07 September 2017
INTERSPORT.ID ON 07 Sep 2017

Perkembangan mobil listrik emang semakin pesat setiap harinya. Bahkan hampir semua produsen otomotif berlomba-lomba untuk meluncurkan mobil bertenaga listrik dengan fitur-fiturnya yang canggih. Sayangnya, perkembangan mobil listrik ini nggak diikuti dengan infrastruktur pendukungnya.  

Banyak pemilik mobil listrik yang bergantung pada listrik di rumah untuk mengisi baterai kendaraannya di malam hari. Dengan begitu, mobil pun siap dipakai keesokan harinya tanpa harus berhenti di stasiun pengisian baterai umum.

Tapi, penyedia tenaga listrik di Inggris Raya dan sebagian wilayah AS, National Grid, mengatakan kalau kebanyakan rumah di area operasi mereka nggak punya cukup daya untuk ngecas mobil listrik dan menggunakan perangkat elektronik lain secara bersamaan. Soalnya seperti dilansir dari Thedrive.com, pengecasan mobil listrik senggaknya membutuhkan daya 48 ampere, sedangkan rata-rata listrik di kawasan perumahan Inggris Raya cuma punya 60-80 ampere aja.

Untuk masalah ini, National Grid menganggap kalau pembangunan jaringan stasiun pengisian baterai umum adalah solusi yang tepat. Soalnya kalau masih bergantung sama listrik di rumah, hal tersebut membutuhkan pembangunan infrastruktur ulang berskala besar yang pastinya butuh biaya yang nggak sedikit.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN