NASA Ciptakan Ban dari Titanium untuk Taklukkan Medan Ekstrem di Planet Mars

NASA Ciptakan Ban dari Titanium untuk Taklukkan Medan Ekstrem di Planet Mars

07Dec
INTERSPORT.ID ON 07 December 2017
INTERSPORT.ID ON 07 Dec 2017

NASA kayaknya emang lagi serius mempersiapkan kendaraan untuk menjelajahi planet Mars. Soalnya setelah meluncurkan Mars Rover Juni lalu, kini NASA telah mengembangkan ban jenis baru yang didesain supaya tahan digunakan di permukaan Mars atau planet-planet berbatu lainnya.

Diberi nama “spring tyre”, ban ini terbuat dari ratusan kawat melingkar yang dirangkai sedemikian rupa sehingga terlihat seperti jaring fleksibel yang mirip seperti baju zirah mail yang sering dipakai di jaman viking.  

Sumber

Meski punya traksi dan daya tahan yang baik pada medan berpasir maupun berbatu, prototipe spring tyres yang terbuat dari kawat baja ternyata gampang banget bengkok waktu melewati permukaan yang kasar. Akhirnya, NASA pun mengganti materialnya dengan titanium nikel yang bisa kembali ke bentuk aslinya ketika penyok, sama kayak ban karet.

Material ini punya karakteristik unik yang memungkinkannya melakukan penataan atom ulang guna mengakomodasi deformasi,” kata ilmuwan material NASA, Santo Padula seperti dilansir dari Mirror.

NASA sendiri emang udah melakukan eksperimen teknologi ban alternatif sejak 2013 setelah mendeteksi kerusakan roda yang signifikan pada kendaraan penjelajah Mars Curiosity Rover.

Cek videonya berikut ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR
OPEN