Musim Hujan Segera Datang, Ini Tips Merawat Mobil dan Persiapannya
20
Sep
2019
0 Comment Share Likes 259 View

Musim hujan mulai datang meskipun belum membasahi mayoritas daerah di Indonesia. Oleh karena itu, mungkin bisa dibilang ini waktu yang pas untuk mewaspadai musim penghujan terhadap mobil kesayangan Pria Intersport. Ya, musim hujan dengan curah hujan yang tinggi setiap harinya dan berlangsung selama beberapa bulan sudah jadi rahasia umum akan mempengaruhi kondisi mobil kesayangan.

Kondisi mobil akan terpengaruhi karena air hujan memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan air biasa. Dari situ saja sudah bisa kebanyang kan bagaimana air hujan akan mempengaruhi cat mobil, komponen besi, hingga bercak tanah atau lumpur yang banyak menempel di daerah kaki-kaki.

Tapi tidak usah khawatir, musim hujan tetap harus dihadapi. Tentunya dengan mempersiapkan perawatan ekstra ya, Mas Bro. Nah, perawatan seperti apa yang perlu dilakukan, berikut daftar tips merawat mobil kesayangan saat musim hujan datang.

Bersihkan Air Hujan pad Bodi Mobil

Bagi Mas Broo yang punya banyak aktivitas rutin di luar, siraman air hujan di bodi mobil tentu saja tidak bisa dihindari. Nah, ini tentu butuh penanganan segera. Setelah usai menggunakan kendaraan, segera bersihkan bagian eksterior bodi mobil. Ingat! Jangan tunggu sampai air hujan mengering di atas bodi mobil, ya.

Sesampainya di rumah atau tempat tujuan, silahkan bilas bodi mobil dengan air bersih. Pastikan juga alat cuci mobil yang Mas Bro pakai punya material dan bahan berkualitas baik. Jika Mas Bro sekalian malah ragu, jangan paksa untuk melakukannya sendiri, bisa gunakan jasa cuci mobil langganan atau yang terdekat.

Selesai membilas, Mas Bro harus mengelap seluruh bodi mobil hingga kering. Nah, agar hasilnya maksimal, gunakan kain kanebo atau yang lebih disarankan lagi sih ya kain microfiber sih. Pastikan kain tersebut mampu menyerap air hingga noda basah hilang.

Rajin Cek Mesin Mobil

Bagian mesin mobil juga merupakan hal yang penting untuk diperiksa ketika musim hujan, Mas Bro. Sebab air hujan bisa saja masuk ke celah-celah mobil yang sempit sekalipun seperti pada mesin mobil. Oleh karena itu, jangan mengabaikan mesin mobil yang terkena air hujan. Bisa-bisa mobil bisa mogok atau mati mendadak. Tapi mungkin itu dampak jangka panjangnya. Jangka pendeknya, bisa saja komponen metal mesin akan berkarat.

Semprotkan Silicon Spray Secara Rutin

Selain bodi, komponen kendaraan yang berbahan karet dan kaca juga harus dirawat. Pasalnya, bagian tersebut paling sering tersiram air hujan maupun terkena sinar matahari secara langsung. Karena itu, keduanya akan sangat mudah rusak.

Tenang, pasti ada solusinya. Pria Intersport hanya harus menyemprotkan cairan silikon ke bagian yang berbahan kaca dan karet. Cairan silicon ini ada salah satu cairan yang direkomendasika. Produk Silicon Spray merupakan pelumas untuk karet, bushing, ataupun kaca. Cairan ini mampu menghilangkan efek bunyi derit saat membuka kaca serta menjadikan karet lebih awet dan lentur.

Memakai Karpet Pencegah Jamur

Perawatan mobil saat musim hujan juga tentu akan sampai ke wilayah kabinnya. Air hujan tidak bisa mengenai bagian dalam mobil? Siapa yang bilang? Saat Mas Bro keluar masuk kendaraan, tentu kaki akan menginjak lantainya. Sementara itu, kondisi alas kaki yang Mas Bro pakai masih basah. Akibatnya, lantai mobil menjadi ikut basah, lembap, atau kotor, bukan?

Nah, kalau hal ini kerap dibiarkan, lantai mobil tidak menutup kemungkinan bisa berjamur. Solusinya, lapisi lantai mobil Mas Bro menggunakan karpet pencegah jamur. Di samping itu, bersihkan karpet secara berkala agar kotoran tidak mengendap di dalam kabin kendaraan.

Gunakan Rain Repellent

Musim hujan juga bisa mengakibatkan visibilitas atau kemampuan pandang saat mengemudi bisa terganggu. Ini jelas harus diwaspadai. Nah, ganggugan visibilitas bisa disebabkan oleh bekas air hujan yang menempel di kaca. Ini terjadi karena ada pembiaran, kaca tidak segera dibilas dengan air bersih. Karena itu, Mas Bro harus memoleskan rain repellent ke permukaan kaca.

Rain repellent merupakan cairan yang mampu memberikan lapisan pelindung pada kaca mobil. Setelah Mas Bro mengaplikasikan produk ini ke kaca kendaraan, efeknya seperti daun talas. Ketika ada air jatuh ke permukaan kaca, akan langsung meluncur ke bawah. Artinya, air hujan atau air apapun tidak akan menempel di kaca.

Parkir Mobil di Tempat Tertutup

Memiliki mobil, berarti harus menyiapkan tempatnya. Garasi mobil penting untuk melindungi dari terpaan panas dan hujan. Terutama pada musim hujan, kendaraan tidak boleh terkena guyuran air, ya meskipun hanya sedikit.

Karena itu, jangan lupa memasukkan mobil ke dalam garasi usai digunakan. Jika kondisi mobil sudah kering, Pria Intersport bisa menambahkan sarung kendaraan. Pastikan, sarung tersebut mampu menutup seluruh bagian bodi mobil.

Siapkan Barang-Barang Ini di Dalam Mobil

Terakhir, mungkin bukan soal perawatan mobil di musim hujan, melainkan persiapan menghadapinya. Beberapa barang akan sangat penting ada di dalam mobil. Seperti dilansir Astraworld, ini barang-barang yang wajib disiapkan di dalam mobil selama musim hujan.

  1. Payung atau Jas Hujan

Payung atau jas hujan bisa membantu tubuh dan kepala Mas Bro terhindar dari air hujan saat hendak keluar mobil maupun menuju tempat parkir. Bisa juga digunakan kalau mengharuskan Mas Bro sekalian keluar mobil untuk memeriksa bagian kendaraan yang mengalami masalah waktu berada di tengah jalan.

  1. Sendal

Sendal bisa melindungi telapak kaki dari benda tumpul dan tajam ketika harus keluar kendaraan di saat hujan. Di samping itu sendal lebih praktis ketimbang menggunakan sepatu saat keadaan hujan.

  1. Handuk

Jangan lupa simpan handuk kecil di dalam mobil. Tujuannya untuk untuk menyeka bagian tubuh yang terkena air hujan.

SAMPAIKAN KOMENTAR